Fredy Jayadi. Pria berusia 45 tahun ini, meninggal dunia setelah mengikuti lomba cepat makan ayam yang diselenggarakan oleh restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC).

Fredy diketahui tewas setelah memakan tiga potong sayap dan tiba-tiba tersedak.

Saat tersedak, Fredy sempat diberi pertolongan dengan diberi air putih lalu dibawa ke klinik terdekat, Yada Husada. Namun sayang, nyawanya tak tertolong.

……………………………………………………………………………..

Ternyata tersedak bisa juga mengakibatkan korban jiwa. Lalu bagaimana jika Anda berada di samping Fredy Jayadi? Bagaimana cara Anda menolong teman Anda yang tersedak??? Baiklah, saya akan beritahu caranya.

  • Mengapa bisa tersedak?
  • Apakah sebenarnya penyebabnya?
  • Bagaimana mekanismenya?
  • Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tersedak adalah respon tubuh untuk mengeluarkan makanan yang tersesat dari saluran pernapasan secara refleks (seharusnya makanan masuk ke saluran pencernaan).

Tersedak dapat merupakan keadaan darurat medis, apabila benda asing atau makanan yang tersesat itu (dalam kasus Fredi, benda asing atau makanan yang dimaksud adalah ayam KFC), menimbulkan sumbatan saluran pernafasan.

sedak 1Laring dan Trakea merupakan bagian dari saluran pernafasan.

SALURAN PERNAFASAN:

Mulut dan Hidung  Faring  Laring ⇒ Trakea ⇒ Bronkus ⇒ Bronkiulus ⇒ Alveolus ⇒ Alveoli  Paru-paru.

sedak 2

Dalam anatomi, tenggorokan adalah bagian dari leher yang terdiri dari faring dan laring. Tenggorokan memiliki sebuah selaput otot yang dinamakan epiglottis yang berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernafasan. Tenggorokan itu terdiri dari 2 bagian:

  1. Jalan makan (kerongkongan): Orofaring, hipofaring dan esofagus
  2. Jalan napas (tenggorok): Faring, Laring dan trakea

selain itu, jika makanan masuk ke Tenggorokan ( saluran pernafasan), kita akan tersedak.

Ketika kita sedang menelan makanan, tenggorokan tertutup oleh klep khusus bernama epiglotis yang berfungsi untuk mencegah makanan “salah jalur”. Peristiwa salah jalur inilah yang disebut dengan “tersedak

sedak 6

Mengapa kita tersedak ?

Normalnya, pada saat menelan makanan, katup tenggorokan (epiglotis) akan menutup bagian atas tenggorokan, akibatnya makanan meluncur ke kerongkongan / saluran pencernaan.

Namun Jika pada saat menelan makanan, misalnya kita menarik napas atau berbicara, maka ⇒ katup epiglotis dapat terbuka, ⇒ makanan menuju jalan yang salah, yaitu jalan napas  dan tenggorokan/ trakea berusaha mengeluarkannya. Akibatnya kita merasa tercekik dan pada akhirnya akan tersedak.

Dan mengapa kalau kita tersedak, makanan didorong keluar kemudian hidung kita terasa panas?

♥ Karena pada saat tersedak, makanan sebagian akan dikeluarkan melalui hidung sehingga akan menyebabkan rasa panas pada hidung.

Apa yang menyebabkan orang tersedak?

Banyak faktor yang dapat mempermudah orang tersedak, misalnya:

  • Pertama adalah umur. Anak-anak lebih sering tersedak daripada orang dewasa. Karena Anak-anak belum dapat mengatur banyak makanan yang masuk, cara mengunyah, waktu mengunyah, dan saat menelan. Anak kecil cenderung makan dengan cepat-cepat karena ingin cepat bermain. Namun orang dewasa pun, seperti kasus Fredy Jayadi mengalami kematian akibat tersedak saat terburu-buru dalam mengunyah makanan karena ingin memenangkan lomba cepat makan ayam KFC
  • Kedua karena belum tumbuhnya gigi geraham, ini juga terjadi pada anak-anak. Gigi geraham berfungsi untuk menyobek makanan. Karena makanan belum terkunyah secara sempurna maka masih dalam bentuk besar masuk kedalam  tenggorokan dan akhirnya menyebabkan tersedak. Namun, seperti kasus Fredy Jayadi yang mengalami kematian akibat tersedak, sepertinya dia juga belum mengunyah sempurna ayam KFC yang dimakannya karena ingin cepat-cepat memenangkan lomba.
  • Kedua yaitu karena posisi saat makan, misalnya tidur sambil makan.
  • Keempat, faktor kejiwaan, orang sakit jiwa saat makan umumnya tidak berpikir. Mereka hanya memasukkan makanan, bahkan kadang banyak yang harus dipaksa saat makan.
  • Kelima, keadaan yang menyebabkan epiglotis tidak menutup sempurna saat kita menelan makanan, misalnya kita berbicara atau menarik napas saat menelan makanan. Bisa juga karena kerusakan saraf di bagian epiglotis.

Apa gejala orang tersedak?

Gejala yang paling sering muncul saat tersedak adalah batuk-batuk. Hal ini termasuk normal karena batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari tenggorokan atau saluran nafas.

Namun, semakin besar benda asing atau makanan yang salah masuk ke saluran nafas, maka gejala yang muncul lebih mirip dengan orang yang tercekik, seperti sesak napas, tidak ada suara atau suara serak, dan ini perlu tindakan medis.  Jangan-Jangan Benda Asing atau Makanan Itu sudah menyumbat saluran nafas. GAWAT!!

Apa yang harus dilakukan bila tersedak atau teman di samping Anda tersedak?

Jika ringan. Cara Pertama adalah Membatukkan benda asing tersebut. Batuk adalah mekanisme untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernafasan.

Namun jika berat. yaitu bila benda asing menyumbat saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak napas, maka perlu tindakan medis segera!! Lakukan langkah awal seperti gambaran kejadian di bawah ini..

Apabila Waktu itu Anda berada di tempat perlombaan cepat makan ayam yang diikuti oleh Fredy Jayadi. Maka waktu kejadian tersedak, dapat ditangani dahulu dengan cara melingkarkan tangan Anda ke dada pasien, sedangkan kepalan tangan berada di perut bagian atas, kemudian hentakkan tangan Anda kebelakang dengan pasien memegangi  lehernya sendiri, seperti pada gambar dibawah.

tersedak ayam kfcGambar penanganan saat tersedak

Bagaimana mencegah tersedak?

  • Jangan makan sambil berbicara ataupun tidur.
  • Makan dengan posisi duduk.
  • Mengunyah makanan pun harus sampai halus,
  • Jangan tergesa-gesa saat makan.
  • Nikmatilah dan rasakanlah saat makan ^-^
  • Jika ada kerusakan saraf, atau misalnya stroke yang mengakibatkan kelumpuhan otot untuk menelan makanan, baiknya konsultasikan ke dokter.
  • Hati-hati saat mengikuti Perlombaan makan dengan cepat.

Setelah kasus kematian Fredy Jayadi akibat tersedak saat mengikuti perlombaan cepat makan ayam KFC, akhirnya pihak penyelenggara membatalkan acara tersebut, dan mengembalikan semua uang pendaftaran peserta.

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin