Kebotakan adalah masalah besar bagi kita, terutama wanita. Karena rambut dipercaya sebagai mahkota wanita. Melalui artikel ini, Anda dapat menyadari dan menghentikan kebiasaan buruk yang dapat memicu kerontokan rambut. Beserta petunjuk medis bagaimana mengatasi kerontokan rambut dan kebotakan. Glad to share.

Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan. Dalam batas normal, rambut manusia akan mengalami kerontokan sebanyak 50 – 100 helai setiap harinya. Tapi tenang saja,rambut yang rontok itu, akan digantikan oleh rambut baru yang tumbuh pada tempat yang sama. Mati 1 tumbuh seribu

emo7

Tetapi, Apabila kerontokan terjadi secara berlebihan ( lebih dari 100 helai perhari)maka lambat laun rambut akan menipis dan  menyebabkan KEBOTAKAN. Istilah medisnya Alopecia.

botak 1

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kerontokan rambut :

1. Keturunan (genetik)

Apabila orangtua memiliki kondisi rambut yang rapuh, tipis, dan mudah rontok, maka kemungkinan besar keturunannya juga akan mengalami hal yang serupa. Hal ini dikarenakan adanya gen-gen tertentu yang diwariskan kepada anaknya. Nasib.. Biasanya prevalensinya meningkat 2,5 kali lipat. Karena itu harus benar-benar memperhatikan kesehatan rambut kepalanya.

2. Gangguan hormon

Kondisi hormon yang tidak seimbang bisa memicu terjadinya kerontokan rambut. Biasanya perubahan hormonal yang cukup drastis dialami oleh wanita saat sedang hamil atau pasca melahirkan. Akan tetapi, dengan perawatan yang baik dan asupan nutrisi yang cukup, rambut rontok akan kembali normal dengan sendirinya.

Berikut penjelasan medis yang lebih detail..

Kerontokan Rambut Akibat Perubahan/ Gangguan Hormon

Pola kerontokan rambut pria dikenal dengan istilah medis ‘alopesia androgenetik’. Kerontokan ini terjadi karena akar rambut yang terlalu peka terhadap salah satu jenis hormon testosteron yaitu dihidrotestosteron (DHT). Tingginya DHT membuat helai rambut menjadi lebih tipis dan lebih cepat rontok dari akarnya. Kerontokan pada pria biasanya berpola seperti berikut:

  • Membentuk huruf M.
  • Penipisan rambut di bagian ubun-ubun dan samping kepala.

botak 2

Sedangkan pola kerontokan rambut wanita biasanya hanya menipis pada bagian atas kepala. Kerontokan pada wanita umumnya terkait dengan perubahan hormon seperti pada masa menopause, masa kehamilan dan penggunaan kontrasepsi hormonal.

Kerontokan Rambut Karena Alasan Lain

3. Kerontokan rambut karena Pengaruh gizi.

Asupan gizi yang buruk juga berpengaruh karena dapat menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh.

Coba Anda cabut rambut kepala Anda, atau teman Anda.. Jika mudah tercabut, maka kemungkinan menderita malnutrisi atau kurang gizi.

Biasanya kalau pasien saya curiga kurang gizi, kadang saya test cabut rambut. Jika gampang tercabut kemungkinan memang kurang gizi.

Penurunan berat badan yang drastis, misalnya turun 5 kg dalam sebulan atau Diet yang terlalu ketat Dapat memicu korontokan rambut.

4. Kerontokan rambut karena gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Alopesia areata. Jenis kerontokan ini menyebabkan pitak dan umumnya terjadi pada remaja dan kalangan dewasa muda. Tetapi sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah satu tahun. Alopesia areata merupakan kebotakan setempat dan berbatas tegas.

botak 5

5. Efek samping obat-obatan.

Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani artritis (peradangan sendi), depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.

6. Tekanan psikologis, misalnya stres.

Pada jenis ini, penderita akan mengalami penipisan rambut di kepala tapi tidak selalu mengalami kebotakan. Kerontokan ini cenderung berkurang tanpa penanganan medis khusus.

7. Pengaruh penyakit lain

Kebotakan jenis ini bersifat permanen karena rusaknya folikel rambut yang menjadi tempat tumbuhnya akar rambut. Beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkannya adalah lichen planus dan Lupus eritematosus diskoid (Discoid Lupus Erythematosus/ DLE), skleroderma, dan folliculitis decalvans.

8. Pengaruh Kemoterapi.

Obat kemoterapi tidak hanya menyerang sel kanker, tetapi juga menyerang sel-sel epitel rambut. Kondisi inilah yang lantas memicu kerontokan rambut pada orang-orang yang melakukan kemoterapi.

Kerontokan rambut ini akan berdampak menyeluruh, termasuk kulit kepala, wajah, dan tubuh. Tetapi sebagian besar tidak bersifat permanen dan rambut biasanya dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

9. Kerontokan Rambut karena kebiasaan yang sering kita tidak sadari.

Apapun yang mengakibatkan trauma pada kepala baik fisik, panas, ataupun kimia dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Misalnya:

  • Pemakaian hair dryer yang terlalu panas
  • Sering berjemur di bawah terik matahari. Terlalu sering terpapar debu yang mengotori rambut.
  • Keadaan demam tinggi juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut
  • Menggosok/ Mengeringkan rambut terlalu kuat, apalagi dengan handuk yang kasar (Misalnya sehabis keramas).
  • Menutup rambut kepala yang masih basah dengan topi, atau penutup lain. Sebaiknya keringkan dahulu baru boleh menutup kepala. Karena jika rambut kepala masih basah dan ditutup, dapat menyebabkan kelembapan yang memicu jamur atau infeksi lain ⇒ kerontokan rambut ⇒ botak.
  • Rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon juga lebih rentan mengalami kerontokan. Sering mewarnai rambut dan meluruskannya secara permanen membuat batang rambut menjadi lebih rentan patah.
  • Terlalu sering keramas. Setiap kali mandi harus keramas (2-3 kali sehari) dapat memudahkan kerontokan rambut.  Bisa diakibatkan trauma karena menggosok kepala terlalu kasar (Misalnya dengan kuku), atau shampoo yang tidak cocok.
    • Keramas cukup 2 hari sekali. Tetapi apabila memang kondisi rambut kotor. Misal karena berkeringat, berenang, atau kehujanan. Tetap diharuskan keramas.
  • Pemakaian sisir yang sisirnya terlalu rapat juga memudahkan rambut ikut tertarik, dan rontok.
    • Jadi pilihlah sisir yang selanya cukup jarang atau tidak terlalu rapat.
  • Merokok juga dapat memudahkan kerontokan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan kebotakan adalah dengan Menghentikan Kebiasaan yang dapat memicu kerontokan rambut itu sendiri.

Anda dapat melihat lagi beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Jika faktor pemicunya dapat diatasi, Maka proses kebotakan dapat dicegah.

Pemakaian Hair tonic saya anjurkan untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan menutrisi rambut. Jangan lupa makan makanan yang bergizi karena rambut Anda juga butuh nutrisi.

Jika dalam keadaan rontok parah, saya anjurkan menunda Creambath. Karena justru menyebabkan trauma pada kulit kepala sehingga membuat rambut rontok lebih banyak.

Gosoklah rambut kepala Anda dengan handuk yang lembut sehabis keramas. Gunakan sisir yang selanya cukup jarang atau tidak terlalu rapat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan secara Medis

Baiklah disini akan saya bahas cara mengatasi rambut rontok dan Kebotakan secara medis. Mulai dari penggunaan obat oles untuk mengatasi rambut rontok, obat minum untuk mengatasi rambut rontok, sampai operasi.

Catatan:

  • Pengunaan Obat untuk Mengatasi rambut Rontok adalah: Jika rambut rontok yang dialami oleh seseorang disebabkan oleh penyakit yang mendasari, maka memerlukan pengobatan untuk penyakit tersebut. oke, Jadi tergantung penyakitnya ^_^.. Dalam hal ini mungkin termasuk obat untuk mengurangi peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh, seperti prednison. Tapi, sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter.

Adapun obat-obat bebas yang tergolong efektif untuk mengatasi rambut rontok antara lain :

♥ Lotion Minoxidil (Rogaine).

Bisa dipakai untuk pria dan wanita. Minoxidil berbentuk cairan atau foam atau lotion, yang dijual bebas di pasaran. Minoxidil ini digunakan dengan cara digosokkan ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari.

botak 7

Beberapa orang yang telah menggunakan minoxidil membutikan bahwa minoxidil dapat meningkatkan pertumbuhan kembali rambut yang rontok dan dapat mengurangi rambut rontok. Biasanya memakan waktu sekitar 12 minggu untuk pertumbuhan rambut yang baru.  Minoxidil tersedia dalam larutan 2 persen dan larutan 5 persen. Efek samping minoxidil diantaranya iritasi kulit kepala dan pertumbuhan rambut pada daerah yang tidak diinginkan, kadang-kadang pada kulit yang berdekatan dengan dahi atau wajah.

botak 6

Tetapi kalau terjadi iritasi pada kulit kepala, seperti gatal, merah, bengkak, atau bisul karena alergi, maka penggunaan dihentikan. Segera berkonsultasilah ke dokter.

Oke, selanjutnya terapi medis umum (artinya boleh dicoba ^-^)  yang ke dua, yaitu:

 ♥ Tablet Finasteride (Proscar).

Merupakan obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengobati kebotakan pada pria yang diminum setiap hari dalam bentuk pil. Banyak pria yang meminum finasteride mengalami perlambatan rambut rontok, dan beberapa  menunjukkan pertumbuhan rambut baru.

Efek samping dari finasteride( proscar):

    1. Gangguan ereksi pada pria;
    2. Penurunan libido (hasrat seksual);
    3. Pembesaran payudara;
    4. Gangguan ejakulasi;
    5. Nyeri pada daerah payudara;
    6. Kemerahan pada kulit, alergi.
    7. Penurunan produksi urine.

Efek samping lain Finasteride namun jarang terjadi yakni pertumbuhan kanker prostat. Finasteride ini harus dihindari oleh wanita usia subur.

botak 8

Sejumlah indikasi atau kondisi untuk pemberian obat proscar antara lain:

  1. Hirsustism pada wanita, yaitu tumbuhnya rambut pada tubuh wanita (kumis, rambut pada lengan, tungkai);
  2. Kebotakan yang diakibatkan oleh kelebihan hormon testosteron;
  3. Pembesaran prostat jinak.

DOSIS Finasteride (Proscar)

Proscar tersedia dalam kemasan tablet dengan ukuran dosis 1 mg dan 5 mg. Dosis untuk hirsustism pada wanita ialah 5 mg per hari. Dosis untuk kebotakan ialah 1 mg per hari diminum terus-menerus minimal selama 3 bulan. Dosis untuk pembesaran prostat ialah 5 mg per hari diminum selama 12 minggu hingga 6 bulan.

Terapi medis umum yang ke tiga, adalah:

 ♥ Softgels Saw Palmetto

ini adalah herbal yang kerjanya sama dengan Finasteride. Maka tentu, jika dikombinasi, batasi dosis Finasteridenya. Tidak melebihi 1 mg finasteride setiap hari.

Saw palmetto itu obat herbal, kadang disebut sebagai Beta-Sitosterol.

Fungsinya:  mengembalikan kesehatan dan pertumbuhan rambut serta merawat kondisi alopecia atau kebotakan.

Suplemen ini dianggap sebagai salah satu perawatan rambut rontok organik terbaik yang tersedia saat ini. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa bahan bio aktif dalam Saw Palmetto dapat mencegah konversi testosteron menjadi DHT(dehidrotestosteron) . Sekedar informasi, DHT(dehidrotestosteron) menyebabkan folikel rambut menghasilkan rambut tipis yang berujung pada kebotakan.

Fungsi obat herbal Saw Palmetto untuk masalah kerontokan rambut, sebagai berikut:

  • membantu menghidupkan kembali akar rambut,
  • meningkatkan kekuatan rambut,
  • membuat rambut sehat dan bersinar,
  • membuat kulit kepala tidak terlalu sensitif terhadap stres dan iritasi.

botak 10

Untuk mengatasi kebotakan digunakan 1 x sehari sesudah makan selama 12 minggu. Efek obat ini sama dengan finasteride karena memiliki cara kerja yang sama.
Untuk mengatasi gangguan berkemih akibat BPH digunakan 2x sehari selama 12 minggu.

emo

Selanjutnya terapi untuk mengatasi rambut rontok, yaitu

Terapi Sisir Laser

Merupakan terapi untuk menumbuhkan rambut terbaik dan tercepat. Dengan penggunaan frekuensi rendah, terapi sisir laser dapat merangsang pertumbuhan rambut hingga ke akar. Membuka folikel rambut dengan menghidupkan jaringan rambut yang sudah mati maupun rusak untuk tumbuh kembali secara sehat.

kebotakan

Efektifitas terapi sisir laser mencapai 90 % tingkat keberhasilannya disebabkan getaran yang dikeluarkan oleh sisir laser mampu membuka pori – pori di kulit kepala yang tertutup karena DHT. Sehingga protein yang dikonsumsi oleh tubuh dapat masuk ke dalam jaringan rambut.

Cara pemakaian :

Dipakai sehari 2x pagi dan sore/malam setelah pemakaian hair tonic. Maksimal 10 menit pemakaian, dengan cara rambut disisir seperti memakai sisir biasa.

♣ Transplantasi Rambut (Cangkok Rambut)

Proses transplantasi rambut dilakukan secara bertahap dengan jeda sembilan bulan sampai satu tahun di antara beberapa operasinya. Dalam operasi ini, sebagian kecil kulit kepala yang penuh rambut akan diambil lalu dicangkok ke bagian yang botak. Rambut yang sudah dicangkok biasanya akan tumbuh dalam waktu setengah tahun setelah semua proses selesai.

Operasi ini tergolong mahal dan memakan waktu yang cukup lama. Efek sampingnya juga sama seperti operasi pada umumnya, yaitu risiko infeksi dan pendarahan.

kebotakan rambut rontok

Wayne Rooney, mengatasi kebotakan dengan transplantasi rambut.


Cara yang lebih praktis adalah :

Menggunakan Wig Dari Rambut Asli atau Sintetis

Penggunaan wig merupakan langkah penanganan yang paling praktis. Pilihannya juga beragam, ada wig yang terbuat dari rambut asli dan ada yang dari bahan sintetis.

Walau harganya tergolong lebih mahal, wig dari rambut asli lebih banyak digunakan karena bentuk dan teksturnya yang alami. Jenis wig ini dapat bertahan selama sekitar empat tahun, tapi membutuhkan perawatan khusus dari penata rambut profesional.

Sedangkan wig sintetis lebih terjangkau dan mudah dirawat. Bahan wig termurah biasanya terbuat dari akrilik. Tetapi jenis wig ini hanya dapat bertahan selama 6-10 bulan sehingga harus lebih sering diganti. Wig ini juga dapat menyebabkan panas dan gatal-gatal di kepala.

botak 12

Artikel terkait:

♥ Masalah ketombe tuntas dengan petunjuk keramas ini

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn