Flek Hitam atau dalam dunia kedokteran lebih sering disebut dengan Black spot merupakan flex hitam atau bintik-bintik gelap atau noda hitam pada kulit biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit yang terjadi ketika kulit mengalami kerusakan di daerah tertentu di wajah anda —> sehingga produksi melanin berlebih dan menumpuk pada satu titik diwajah anda —-> Hal ini menyebabkan kulit akan memproduksi melanin berlebih, membuat patch tertentu ,kulit yang kelebihan melanin lebih gelap dibanding daerah sekitar.

flex 7

Kerusakan kulit ini  terjadi karena:

  1. penggunaan kosmetik berbahaya atau tidak cocok,
  2. luka diwajah,
  3. karena penyakit yang menyebabkan kerusakan kulit wajah
  4. bekas jerawat
  5. seringnya terkena sinar matahari sehingga lapisan kulit luar terbakar dan lain sebagainya.

Diperberat oleh faktor yang membuat seseorang mudah terkena penyakit wajah, mulai dari:

  1. kondisi lingkungan yang penuh dengan bakteri
  2. polusi udara
  3. Jarang membersihkan diri. Mandi, cuci muka, cuci tangan, dan sebagainya
  4. kurang makanan bergizi, seperti buah-buahan dan sayuran
  5. kurang tidur,
  6. stress,
  7. kurang minum air putih,
  8. kurang olahraga,
  9. dan lain-lain

SOLUSI PENCEGAHAN FLEX HITAM TENTU DENGAN MENGHINDARI FAKTOR-FAKTOR di ATAS

flex 1

Apakah Melanin itu?

  • Melanin adalah zat protein yang berperan menentukan warna kulit seseorang.
  • Melanin bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen warna dalam tubuh di tempat-tempat seperti  mata, kulit, dan rambut.
  • Melanin dibentuk oleh sel melanosit.
  • Kerusakan pada kulit, misalnya radiasi sinar UV —> merangsang aktifitas melanosit untuk membentuk Melanin dengan tujuan melindungi kulit terhadap dampak radiasi sinar UV
  • Melanin yang terkena sinar UV akan menimbulkan noda gelap pada kulit.

………………………………………………………………………………………………………………

Banyak sekali sekarang ini salon salon kecantikan yang menangani pasien flek hitam ini, padahal anda bisa mencegahnya dengan menghindari faktor-faktor kerusakan kulit di atas, dan  mengobatinya sendiri dirumah dengan cara alami. Namun jika black spot ini muncul dan memiliki gejala-gejala yang membahayakan segera konsultasikan kepada dokter yang terkait karena black spot atau flek hitam ini memiliki kemiripan gejala pada kanker kulit. namun untuk kasus black spot atau flek hitam yang tidak berbahaya dan bukan merupakan gejala kanker kulit, anda bisa mengatasi flek hitam ini dirumah dengan cara alami.

Penyebab Flex Hitam

Dengan mengetahui penyebab flek hitam diwajah anda dengan mudah mendeteksi penyebab flek hitam tersebut dan anda bisa dengan mudah mengatasi flek hitam ini. Flek hitam atau black spot bisa terjadi dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi. Berikut ini adalah penyebab umum yang sering menjadi penyebab utama timbulnya flek hitam di wajah.

Ketidakseimbangan hormonal
Kadar hormon yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan produksi sel pigmen menjadi berlebih. Ketidakseimbangan hormon ini terjadi seperti yang berhubungan dengan kehamilan sehingga dapat memicu over-pigmentasi sel atau  sel melanosit menghasilkan lebih banyak melamin . Jadi jangan heran jika wanita hamil lebih sering menderita flek hitam daripada mereka yang tidak hamil.

Sering Terkena sinar Matahari Langsung
Paparan berlebihan terhadap sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit mulai memproduksi melanin berlebih untuk melindungi kulit dari sinar UV. Nah melanin berlebih inilah yang menyebabkan warna pigmen pada kulit berubah sehingga menimbulkan titik atau spot hitam pada awal mulanya dan jika dibiarkan secara terus menerus dan berkepanjangan akan meluas ke wajah anda.

Gangguan kulit
Gangguan kulit ini biasanya terjadi pada usia lanjut masa dimana produksi melanin pada wajah berkurang sehingga orang akan lebih rentan untuk terkena bintik-bintik gelap pada kulit karena usia dan kulit tidak mudah meregenerasi atau mereproduksi kembali, sehingga lebih sulit bagi kulit untuk menghilangkan daerah yang rusak sehingga timbulah spot atau flek hitam ini.

flex 6

Kerusakan hati
Bintik-bintik pada kulit juga merupakan tanda klasik dari kerusakan hati karena tubuh kurang efektif dalam menghilangkan racun dari sel.

Guratan Jerawat
Jerawat atau bekas luka sering dapat meninggalkan bintik-bintik gelap pada kulit yang akan membutuhkan waktu untuk memudarkannya.

Cara Mencegah Spots gelap pada Wajah

Menggunakan Krim Tabir Surya
Memakai krim tabir surya setiap kali Anda bepergian diluar rumah, bahkan dalam musim dingin, dapat membantu mencegah bintik hitam muncul dari pembentukan pada kulit. Oleskan krim tabir surya pada wajah sekitar 30 menit sebelum anda bepergian sehingga efek krim akan memasuki pori-pori dan melindunginya dari sengatan sinar matahari. Pilih tabir surya yang memiliki kandungan zinc oxide dan titanium oksida karena bahan-bahan tersebut lebih efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Konsumsi vitamin E
Vitamin E sngat berguna untuk kesehatan kulit. Konsumsi vitamin e untuk membantu meregenerasi sel kulit mati atau anda juga bisa menggunakan vitamin E secara langsung ke bagian gelap pada wajah sebelum tidur akan memberikan kulit dengan banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit bahkan warna kulit. Buka kapsul vitamin E dan oleskan isinya pada setiap daerah yang ingin anda cerahkan.

Konsumsi Vitamin C
Meningkatkan asupan vitamin C akan membantu mengurangi jumlah melanin yang diproduksi oleh kulit Anda. Makan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin c seperti stroberi, jeruk dan makanan lain yang diketahui memiliki banyak vitamin C akan lebih efektif.

………………………………………………………………

Cara Mengobati Flek Hitam Pada Wajah secara alami

Saat anda berhasil mengobati jerawat di wajah anda, saatnya mengatasi permasalah yang baru di wajah anda. Ya betul, setelah jerawat hilang akan timbul bekas jerawat baik itu berupa noda/ flek hitam maupun bopeng. Jika hanya berupa noda/ flek hitam, jangan khawatir karena bekas jerawat seperti itu relatif tidak terlalu sulit untuk dihilangkan. Flex hitam juga sering disebabkan paparan radiasi sinar matahari siang.
Dengan menggunakan bahan alami/ tradisional secara teratur, noda/ flek hitam tersebut lama kelamaan akan memudar. Bagi anda yang ingin menghilangkan noda/ flek hitam di wajah, simak penjelasan Cara Cepat dan Ampuh Menghilangkan Flek Noda Hitam secara Alami

Ekstrak Teh Hijau
Menerapkan ekstrak teh hijau akan memberikan kulit dengan banyak antioksidan yang akan membantu menghilangkan radikal bebas. Teh hijau juga akan membantu tubuh memproduksi kolagen lebih sehat. Caranya adalah ambil ampas teh hijau dan usapkan pada wajah anda yang terkena flek hitam, diamkan sekitar 10-15 menit lalu basuh menggunakan air hangat.

Susu
Gunakan bola kapas untuk menyeka susu ke kulit gelap. Biarkan selama sekitar 8-10 menit dan cuci menggunakan air hangat dan lap menggunakan kain bersih dan halus. Lakukan perawatan ini selama 6 minggu dua kali sehari akan membantu menghilangkan bercak-bercak hitam di wajah.

Menghilangkan Flek Dengan Menggunakan Putih Telur. ( Bisa ditambah Madu)
Cara pemakaiannya: siapakan telur ayam kemudian tuang putih telur kedalam wadah ( bisa ditambah Madu), langkah selanjutnya siapkan kapas secukupnya kemudian celupkan kapas tadi kedalam cairan putih telur ayam. Bubuhkan kapas yang sudah terlumuri putih telur kewajah dengan merata, utamakan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam.kemudian diamkan lulur putih telur tadi hingga beberapa menit atau tunggu sampai masker putih telur kering. Basuh dengan air bersih dan lap dengan lap kering, lakukan trik sehat ini untuk menghilangkan flek hitam diwajah Anda minimal seminggu 3 kali

Saya sangat menganjurkan  ini:

AIR PERASAN JERUK NIPIS

Langkah-langkah Memudarkan Flek dan Noda Hitam dengan Jeruk Nipis
flex 2
  1. Bersihkan wajah dan biarkan kering.
  2. Ambil jeruk nipis segar untuk mendapatkan khasiat terbaik. Jeruk nipis yang masih segar memiliki tingkat keasaman lebih tinggi, baik untuk memudarkan flek hitam.
  3. Potong, ambil air perasannya.
  4. Oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke area wajah yang bermasalah (dalam hal ini yang terdapat flek hitam).
  5. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas wajah hingga bersih dan keringkan.
  6. Lakukan hal di atas setiap hari secara teratur, lihat hasilnya dalam 1 bulan.

 Khasiat Jeruk Nipis yang Lainnya, Selain Memudarkan Flek dan Noda Hitam

Selain dapat menghilangkan noda dan flek hitam di wajah, berikut khasiat lain dari jeruk nipis untuk kecantikan kulit, yang dapat ada peroleh:
  • Untuk kulit yang kusam, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat mencerahkan serta menjaga elastisitas kulit.
  • Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) di dalamnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga terjadi regenerasi sel kulit di wajah kita yang membuat wajah kita terlihat lebih bersih, cerah, dan segar.
  • Dengan mengoleskan sari perasan jeruk nipis ke area hidung dan sekitarnya secara teratur, dapat juga menghilangkan komedo di wajah.
Saya juga merekomendasikan produk terbaru biogreen Indonesia:
serum text 7
Manfaat face & eye serum ( serum wajah dan mata)
  •  Mengencangkan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit.
  •  Mencegah kerusakan kulit, Meregenerasi kulit.
  •  Serta melawan efek penuaan dan flex hitam pada wajah.
Oke deh, semoga artikel Penyebab flex Hitam dan cara mengatasinya,  bermanfaat untuk anda, terima kasih sudah berkunjung 🙂

 

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin