Penyakit hernia sering disebut orang awam sebagai turun berok. Melalui artikel ini, kita akan mengetahui bahwa prosedur operasi oleh dokter Spesialis Bedah, adalah satu-satunya jalan mengatasi penyakit hernia ini.

Sebenarnya  apa yang dimaksud Penyakit hernia??

♥ Secara sederhana, hernia itu adalah benjolan. Di mana benjolan ini dari yang tadinya tidak ada, menjadi ada. Bisa hilang timbul, kalau kita berdiri dia timbul, kalau berbaring atau tiduran, dia masuk kembali atau tidak timbul.

Yang lebih parah jika benjolan ini timbul menetap maka isi dari hernia yang biasanya usus itu, artinya dalam keadaan terjepit,dan ususnya bisa mati/ nekrosis, menjadi penyakit yang berbahaya.

Benjolan hernia yang dapat terlihat mata ini bisa terjadi di daerah perut sampai paha, bahkan kemaluan. Yang paling sering letak benjolan ada di lipat paha (hernia inguinalis). Biasanya isi dari benjolan adalah usus. Bisa juga ovarium/kandung telur namun jarang.

penyakit hernia kantong 2

Bagaimana anatomi Hernia??

penyakit hernia kantong

♥ Hernia hanya terdiri dari 3 bagian, yaitu:

  • Neck of hernia/ hole = Leher hernia. Inilah area lemah dari dinding perut, yang menyebabkan isi usus menerobos keluar.
  • Sac = Kantong Hernia
  • Contents = Isi Hernia, yang biasanya adalah usus.

Apakah hernia hanya timbul saat dewasa saja?? atau pada anak-anak bisa ada??

♥ Jadi dibagi 2:

  1. Ada yang sejak lahir, namanya Hernia Kongenital.
  2. Ada yang didapat setelah usia tertentu (Biasanya usia tua)

Di mana letak yang paling sering terjadinya Hernia?

penyakit hernia 2

Hernia bisa terletak di mana saja, misalnya:

  • Hernia di atas pusar atau area lambung (Hernia Epigastric)
  • Hernia di pusar (Hernia Umbilical)
  • Hernia di lipat paha (Hernia inguinal) INILAH LETAK YANG PALING SERING, Insidensi pada laki-laki lebih tinggi dibanding wanita
  • Hernia di bawah lipat paha (Hernia Femoralis) Letak hernia di bawah lipat paha, insidensi pada pada wanita hamil lebih tinggi.

Apa penyebab hernia kongenital/ bawaan sejak lahir??

Penyebab penyakit hernia pada anak-anak/bayi baru lahir biasanya adalah karena tidak sempurnanya penutupan kanal saluran perpindahan organ saat bayi masih dalam kandungan.

Sehingga saluran yang mestinya menutup tersebut, tetap terbuka dan menjadi titik lemah, misalnya pada dinding perut. Akibatnya bayi dapat menderita penyakit hernia.

Kenapa saat usia tua, lebih sering terkena hernia??

♥ Karena saat usia tua, dinding perut bagian bawahnya melemah/ sudah lemah, barulah timbul hernia. Terutama Hernia Inguinalis/ di lipat paha.

penyakit hernia inguinalis

Kenapa letak Hernia yang didapat/ pada usia tua, lebih sering terjadi di lipat paha/ Hernia inguinalis ??

♥ Karena saat usia tua, dinding perut bagian bawahnya melemah, sedangkan semua isi usus ditahan di dinding perut bagian bawah. Jadi isi usus dapat menerobos keluar melalui dinding perut bagian bawah yang melemah.

Inilah yang terlihat sebagai benjolan. Atau dinamakan Hernia. Karena di lipat paha, maka namanya Hernia Inguinalis.

Sebenarnya apa faktor pemicu terjadinya Hernia?? Benarkah sering mengangkat beban berat memudahkan terjadinya hernia??

♥ Jawabannya Benar. Hernia yang didapat ini, bisa berhubungan dengan pekerjaan yang sering mengangkat beban berat, kemudian pekerjaan yang mengharuskan untuk berdiri lama.

Prinsipnya, Tekanan di dalam perut pada mereka yang sering mengangkat beban berat, ataupun berdiri lama MENJADI LEBIH TINGGI.

Karena tekanan di dalam perut menjadi tinggi, apalagi disertai dinding perut yang melemah, maka isi usus tidak kuat ditopang lagi, ⇒ isi usus dapat menerobos keluar melalui dinding perut yang melemah tadi. Dan terlihat seperti benjolan. Inilah yang dinamakan hernia.

Tambahan informasi dari saya :

Yang dapat menyebabkan tekanan di perut menjadi tinggi sehingga memicu terjadinya hernia, misalnya:

  • Mengangkat beban terlalu berat sampai perutnya menegang atau mengedan. Karena itu sebaiknya lakukanlah warming/pemanasan, supaya otot perut menjadi relaks sebelum mengangkat beban.
    • Bagi yang berolahraga angkat beban, pakailah Celana/Sabuk Hernia yang dirancang untuk mencegah hernia.

hernia celana

Bisa digunakan juga untuk mencegah relaps/ kekambuhan setelah operasi hernia.

penyakit hernia celana wanita

  • Buang air besar sampai mengedan terlalu kuat juga memicu terjadinya hernia. Karena itulah makan-makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran agar feses/kotoran yang dibuang tidak keras. Biasanya saya juga memberikan obat lactulose syrup 20 cc, malam harinya sampai feses tidak keras.
  • Orang yang menderita penyempitan saluran kencing dikarenakan pembesaran prostat, juga beresiko memudahkan hernia, karena biasanya saat buang air kecil, kencingnya susah keluar, harus dipaksa dengan mengedan ⇒ Meninggikan tekanan di perut ⇒ memicu hernia. Jadi bagi lansia yang menderita hernia, periksakan juga pembesaran prostatnya.

Bagaimana gejala-gejala terjadinya hernia?

♥ Awalnya tidak bergejala, atau belum ada benjolan yang terlihat dari luar. Kemudian mulai timbul benjolan dan bisa terlihat dari luar.

  • Awalnya kecil kemudian makin lama makin besar.
  • Awalnya Hilang timbul. Saat berdiri, mengangkat beban terlalu berat, atau saat mengedan, Benjolan karena hernia timbul. Namun saat berbaring atau tiduran, benjolan karena hernia dapat masuk kembali atau tidak timbul.
  • Kalau dibiarkan, maka benjolan ini makin lama makin besar, sampai si hernia ini timbul menetap. Tidak hilang walaupun tiduran. Baru pada saat inilah, keluhan-keluhan dari pasien terjadi, misalnya: sakit perut hebat sampai melilit.

Kapan sebaiknya penderita hernia ini pergi ke dokter??

♥ SECEPATNYA. Jika sudah kelihatan benjolan, atau ada yang “aneh” menonjol di area sekitar perut, terutama lipat paha. SEGERALAH berkonsultasi ke dokter, terutama dokter Spesialis Bedah.

Kenapa harus secepatnya??

♥ Karena jika kita biarkan terus-menerus. Maka akan sangat berbahaya. Benjolan hernia yang timbul dan tidak balik lagi, itu artinya dia terjepit.

hernia 3

 

Hernia defect (hole) bisa disebut leher hernia. Usus yang menyembul keluar dan tidak dapat masuk kembali, artinya dia terjepit.

Lama-lama usus keluar dan terjepit itu akan mati/ nekrosis. Baru pada stadium lanjut inilah, penderita akan merasakan sakit yang begitu hebat, dan baru mau ke dokter. Padahal harusnya lebih cepat ke dokter, lebih baik. Karena dapat ditangani segera.

Apakah obat-obat tradisional maupun pijat/ urut dapat menyembuhkan Hernia??

♥ Jawabannya TIDAK BISA. Penanganan hernia, satu-satunya adalah dengan tindakan bedah/operasi, Tidak ada yang lain. Dan yang melakukannya adalah dokter Spesialis Bedah.

Jadi jangan percaya, kalau obat-obat tradisional atau pemijatan tertentu dapat mengatasi hernia ini.

Operasinya tidak lama, sekitar 15 menit sampai 30 menit. dokter bedah akan memberikan Mesh (Seperti jaring-jaring) di area defek/bagian lemah dinding perut yang robek/diterobos.

hernia mesh

Mesh ini tujuannya untuk menguatkan Struktur/ area dinding perut yang lemah itu, sehingga dapat mengurangi tekanan yang diterima oleh dinding perut. Sehingga diharapkan tidak terjadi lagi relaps/kekambuhan hernia.

Apakah hernia dapat muncul kembali setelah operasi??

♥ Iya bisa kambuh. Tapi cukup jarang. Karena operasi hernia tidak membuang apapun dari tubuh. Bukan membuang isi benjolannya. Tetapi adalah mengembalikan isi benjolan itu yang biasanya usus, dimasukkan ke dalam perut. Kemudian menguatkan Struktur/ area dinding perut yang lemah itu dengan semacam jaring-jaring/ Mesh.

Penguatan dengan Mesh itu, dan penyatuan area dinding perut yang lemah tersebut menunggu waktu untuk menjadi bagian perut dari pasien sampai 1,5 bulan- 3 bulan.

Jika di masa itu, pasien nekat mengangkat beban berlebih, dan apapun yang meninggikan tekanan di perut, maka hernia bisa relaps/ muncul kembali setelah operasi. Karena belum saatnya, bagian yang dikuatkan itu mendapat tekanan berlebih, dan masih belum berfungsi sempurna.

Jadi pasien harus lebih sabar dan berhati-hati agar hernia tidak relaps/ kambuh kembali setelah operasi.

Apakah kegemukan dapat memicu terjadinya hernia??

Jawabannya BENAR. Perlu ditekankan, bahwa penyebab hernia yang didapat adalah karena kelemahan struktur/area dinding perut. Faktor pemicunya adalah peningkatan tekanan  di perut.

Kegemukan atau Obesitas identik dengan banyaknya lemak, sehingga memudahkan terjadinya lipoma (tumor/benjolan lemak) di lapisan kulit, terutama bagian lipat paha (inguinal), dan bawah lipat paha (femoral). Lipoma ini dapat menjadi area lemah dari dinding perut.

Yang kedua, adalah : Obesitas atau kegemukan menyebabkan Volume tubuh membesar, dan berat badan meningkat, Sehingga otot-otot dinding perut tidak cukup kuat untuk menahan tekanan akibat obesitas, ⇒Memicu terjadinya hernia.

Jadi turunkan berat badan Anda jika kegemukan. emo5

Artikel terkait:

Cara Pintar menurunkan dan menaikkan Berat Badan dengan Perhitungan Kalori

Operasi .. siapa takut? Tenang, ada Obat Bius

Artikel Kesehatan seputar wasir atau ambeien atau hemoroid

Cara Menangani masalah Prostat pada Pria

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin