Sepintas bercak panu bisa mirip kusta. Sama-sama bisa berwarna keputihan, atau cokelat, atau merah, dan bisa terdapat di seluruh area tubuh.

Tetapi sesungguhnya panu dan kusta sangatlah berbeda. Penyebabnya saja sudah berbeda. Kalau panu diakibatkan oleh infeksi jamur, sedangkan kusta diakibatkan oleh infeksi bakteri Micobacterium Leprae.

Melalui artikel ini, kita akan bahas tuntas mengenai perbedaan bercak pada panu dengan kusta, prinsip dasar membedakan infeksi kulit karena jamur??, bakteri??, atau virus??, dan bagaimana cara pencegahan, serta petunjuk pengobatannya. Ayo kita bahas.


Perbedaan bercak panu dengan kusta

Jika sudah pernah membaca artikel kami tentang kusta, Pasti bisa membedakan antara panu dengan kusta. Kami akan ulas lagi secara singkat.

INGAT!! KUSTA BERBEDA DENGAN PANU. SEKILAS BISA TERLIHAT SEPERTI PANU. NAMUN BERCAK KUSTA TIDAK GATAL SEPERTI PANU dan TERDAPAT 5 TANDA SPESIFIK/ 5-A pada Bercak Kusta itu.

kusta-4-kuit-edit

Bercak Kusta memiliki sifat:

  • Anestesi: MATI RASA.
  • Anhidrosis : TIDAK IKUT BERKERINGAT, walaupun area badan sekitar berkeringat, misal saat kepansasan atau setelah berolahraga.
  • Akromia: Perubahan warna kulit menjadi tidak berwarna (Putih) atau bisa juga kemerahan. Yang kita lihat sebagai BERCAK.
  • Atrofi : Penipisan kulit.
  • ALOPESIA : Area bercak itu biasanya tidak ditumbuhi rambut atau BOTAK.

Jika Bercak pada kulit itu mempunyai sifat-sifat spesifik seperti kusta, MAKA SEGERA PERIKSALAH KE LAYANAN KESEHATAN TERDEKAT!! Untuk Pengobatan Kusta.

kusta-8-ayo

Sedangkan Bercak pada panu memiliki sifat:

panu-2-badan-panu

  • GATAL
  • GATALNYA MAKIN MENJADI-JADI DAN INFEKSI JAMUR DAPAT BERTAMBAH LUAS, APABILA PENDERITA BERKERINGAT ATAU TINGGAL DI DAERAH LEMBAB (Kurangnya sinar matahari yang masuki, kurang baiknya sirkulasi udara karena minimnya ventilasi/ jendela)
  • TIDAK ADA SIFAT-SIFAT SPESIFIK SEPERTI KUSTA
  • Bercak panu memang bisa terlihat seperti kusta, namun di area pinggir dari lesi/ kelainan kulit biasanya BATASNYA JELAS dan TERDAPAT TEPI KEMERAHAN/ERITEMA. Perhatikan gambar panu di bawah

panu-3-di-kepala

  • BERCAK PANU SERING BERSISIK/ KASAR TERUTAMA PADA BATAS TEPINYA. SISIKNYA HALUS. Jika digosok atau dicabut, seperti selaput halus atau mirip daki berwarna putih.
  • Panu merupakan infeksi kulit yang disebabkan jamur. Karena itu Area tengah dari bercak jamur tersebut dapat berupa area kulit yang sehat. Batas tepi atau pinggir terlihat lebih mempunyai kelainan/lesi kulit.

BATAS TEPI ATAU PINGGIR DARI INFEKSI KULIT KARENA JAMUR, MEMANG HARUS LEBIH DIPERHATIKAN KARENA AKTIFITAS JAMUR LEBIH AKTIF TERUTAMA PADA BATAS TEPINYA. Inilah yang dinamakan Central Healing.

Berlaku tidak hanya panu tetapi infeksi jamur lainnya seperti kurap atau ring worm (karena bentuk kurap, menyerupai cincin, dan biasanya berwarna kemerahan).

panu-kurap-2

Dibandingkan panu, bagian tepi dari kurap lebih sering/ jelas terlihat kelainannya seperti kemerahan dan berselaput.

Berikut, saya bagikan petunjuk bagaimana prinsip dasar membedakan infeksi kulit karena Jamur??, Bakteri??, atau Virus??

♥ Infeksi kulit karena jamur biasanya bagian tepi dari lesi/ kelainan kulitnya lebih aktif, misalnya kemerahan dan berselaput. Obat utamanya adalah obat anti jamur.

panu-kurap

Pengobatan kurap pun, biasanya sama dengan panu, karena penyebabnya juga akibat infeksi jamur. Jadi treatment utamanya adalah obat anti jamur.

panu-kutu-air

Kutu air atau bahasa medisnya tinea pedis pun, disebabkan oleh infeksi jamur, maka obat utamanya juga adalah obat anti jamur.

♥ Sedangkan infeksi kulit karena bakteri, biasanya ditemukan adanya pus atau nanah berwarna kuning, kehijauan, atau putih. Obat utamanya adalah antibiotik.

panu-bakteri

♥ Sedangkan infeksi kulit karena virus, biasanya lesi/ kelainan kulitnya terdapat gelembung berisi cairan bening. pengobatan utamanya adalah dengan obat anti virus.

panu-virus


Nama lain dari panu adalah tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Penyakit kulit karena infeksi jamur ini, sebenarnya ringan NAMUN SANGAT MEMALUKAN.

panu-1-gambar-lucu

Jangan sampai Anda mengalaminya! Mari ikuti tips-tips praktis berikut ini.

PENCEGAHAN PANU

Banyak cara yang dapat di lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit panu, antaranya:

  • Mandilah minimal 2 kali sehari dengan sabun antiseptik. Jika Anda sering berkeringat, MANDILAH LEBIH SERING.
  • Setelah olah raga ada baiknya langsung mandi yang bersih.
  • Setelah berenang juga LANGSUNG MANDI yang bersih.
  • Handuki tubuh Anda SAMPAI KERING
  • Gunakan Handuk yang kering. Gantunglah handuk setelah selesai digunakan. Juga pakailah pakaian yang kering. Karena Pakaian atau handuk yang basah dan lembab dapat menimbulkan panu pada tubuh Anda.
  • Sering-seringlah ganti handuk. 1 minggu ganti handuk 2 kali. Jangan memakai handuk yang sama berbulan-bulan. Jorok!
  • Biasakan tidak memakai peralatan mandi bergantian, seperti handuk.
  • Bagi orang yang terlalu gemuk lebih baik turunkan berat badan dengan perhitungan kalori (Klik untuk membaca artikelnya). Karena orang obesitas terdapat lebihan lapisan kulit yang membentuk lipatan di tubuh.
    • Jamur sering juga ada di lipatan-lipatan kulit di tubuh karena daerah itu lebih lembab, seperti lipatan perut, selangkangan paha, dan leher.
  • Bagi yang berpenyakit kencing manis atau diabetes melitus SEGERA KONTROL GULA DARAH ANDA ke DOKTER. Karena karena kadar gula yang tinggi dalam darahnya sangat sesuai sebagai tempat jamur bertumbuh. Akibatnya tubuh penderita DM/ Diabetes Melitus menjadi lebih rentan terhadap infeksi jamur.

diabetes-melitus-6

Gambar: Alat glucotest untuk mengukur kadar gula darah.

  • Jaga daya tahan tubuh Anda agar tetap sehat!. Karena Daya tahan tubuh atau imunitas yang rendah menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap infeksi jamur.
    • Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat dengat mengikuti tips-tips praktis dari situs kesehatan www.petunjuksehat.com ini.
    • Anda tinggal mengetik artikel yang ingin Anda ketahui di Kolom PENCARIAN ARTIKEL dan Konsultasi Online kapan saja.
    • Dibuat langsung oleh dokter. Jadi jika dokter Anda tidak sempat menjelaskan, Anda bisa mencari informasi dengan mudah melalui situs ini.

Sekalian Promosiemo5Bantu share ya!

Oke, Mari Kita lanjutkan. Tinggal sedikit lagi..

Sekarang, Bagaimanakah Resep mengobati panu??

♥ Penyakit panu ini dapat di obati dengan cara antara lain :

  • 1. Lakukan Kebiasaan Pencegahan Panu seperti point-point di atas.
  • 2. Saya biasa berikan resep obat oles anti-jamur dengan krim yang mengandung Miconazole, Clotrimazole, atau Ketoconazole. Kombinasi Asam benzoat dan Asam Salisilat juga dapat dipakai sebagai krim anti jamur. OLESKAN 2-3 kali sehari di bercak panunya, Biasanya selama 2 minggu sampai bercak panunya hilang. Boleh dilanjutkan jika panu tidak hilang.
  • 3. Alternatif yang lain, memakai shampo anti jamur. Shampo anti jamur yang menggunakan bahan-bahan selenium sulfida dan ketoconazole umumnya tersedia di apotek dan dapat dibeli tanpa memerlukan resep dokter. Bacalah aturan pakainya.
  • 4. Jika panunya banyak di tubuh, maka penggunaan obat oles/ krim anti jamur ataupun shampo anti jamur, saya pikir tidak cukup. Maka bisa dikombinasikan dengan obat oral anti jamur dalam bentuk tablet yang diminum.
    • Biasanya saya resepkan Ketoconazole 200 mg 1 x 1 tablet selama 1 minggu. Jika panu terlalu banyak saya tambah ketoconazole 200 mg nya menjadi 2 x 1 tablet selama 1 minggu. Bisa dilanjutkan 1 minggu ke depan jika panu belum hilang.
  • Untuk gatalnya, saya biasa resepkankan obat anti histamin (Obat  pencegah alergi), misalnya Loratadine 10 mg 1 x 1 tablet. Obat anti Histamin ini tidak menyebabkan kantuk, jadi bisa diminum pagi atau siang hari.

Saya anjurkan untuk berkonsultasi atau berobat ke klinik dokter terdekat, terutama jika panu tidak sembuh-sembuh, dan untuk menghindari efek samping yang bisa timbul dari pengobatan panu, seperti: iritasi kulit, gangguan hati, dan lain-lain.

Artikel terkait:

kusta-gambar-utama

Penyakit Kusta atau Lepra : Ayo Periksa Bercak!

diabetes-melitus-4

Diabetes Melitus: Artikel terlengkap, informatif

berat-badan-3

Cara Pintar menurunkan dan menaikkan Berat Badan dengan Perhitungan Kalori

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin