Nyeri sendi dalam bahasa medis dikenal dengan “arthralgia“, berasal dari bahasa yunani “arthro” yang berarti sendi dan “algos” yang berarti nyeri. Dimana secara istilah diartikan sebagai suatu gejala berupa rasa nyeri yang melibatkan satu sendi atau lebih.

Sendi merupakan perhubungan antar tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan dua tulang disebut persendian (artikulasi).

nyeri sendi 2

Nyeri sendi merupakan gejala umum yang kerap dijumpai pada masyarakat kita, meskipun sebagian besar dikeluhkan oleh kalangan yang sudah berumur namun tidak jarang keluhan ini juga dirasakan oleh mereka yang masih muda.

nyeri sendi 4

Nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, menyebabkan pergerakan dan kualitas hidup Anda menjadi terganggu. Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya juga bervariasi, mulai dari ringan, menengah, hingga parah.

Nyeri sendi memang sesuatu yang tidak menyenangkan. Gerakan dan aktifitas kita seakan dibatasi, dan sangat tidak nyaman. Artikel ini akan memberikan informasi secara lebih jelas mengenai cara menjaga kesehatan sendi Anda, dan bagaimana mengatasi permasalahan persendian yang terjadi. Sebelum itu kita harus mengetahui dahulu beberapa faktor penyebab dari nyeri itu sendiri.  🙂

Faktor-faktor Penyebab Nyeri sendi

Banyak Faktor yang menyebabkan nyeri pada sendi, seperti berikut:

1. Infeksi

Misalnya Infeksi TB (Tuberculosis). Penyakit ini sering melibatkan sendi – sendi besar dalam tubuh seperti sendi panggul, sendi lutut meski tidak menutup kemungkinan pula untuk terjadi pada sendi yang lebih kecil. Pada keadaan ini pasien merasakan nyeri sendi yang sifatnya kronis dengan kualitas yang bertambah secara perlahan. Ada pula penyakit yang dinamakan “septic arthritis“, ini merupakan salah satu jenis infeksi sendi bersifat akut disertai dengan demam sebagai tanda – tandanya.

2. Trauma

Adanya trauma yang mengenai anggota gerak kita, bisa menyebabkan cedera pada sendi. Pada keadaan ini cedera yang terjadi bisa melibatkan tulang  atau bisa pula terjadi cedera jaringan lunak berupa ligamen yang berperan penting menjaga stabilitas sendi. Nyeri sendi pada keadaan ini bersifat akut (=timbulnya mendadak, cepat memburuk, namun berlangsung dalam periode singkat). Misalnya: trauma kecelakaan, atau olahraga, bisa mengakibatkan cedera atau nyeri sendi.

nyeri sendi 5

3. Degeneratif

Merupakan kelompok penyakit yang disebabkan oleh proses penuaan yang terjadi pada seseorang. Salah satunya adalah Osteoarthritis. Osteoarthritis (OA) adalah pengapuran pada sendi yang disebabkan karena proses penuaan sehingga menyebabkan kerusakan rawan sendi.

Kerusakan rawan sendi menyebabkan sendi terasa kaku dan nyeri akibat inflamasi atau peradangan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. 

nyeri sendi 9

Perhatikan Gambar dari sendi yang normal di bawah.

nyeri sendi 6

Untuk memudahkan pemahaman, perhatikan point-point berikut:

  • Cartilago pada sendi adalah jaringan tulang rawan yang agak kenyal dan elastis. jaringan ikat padat ini menutupi ujung-ujung tulang penyusun sendi.
  • Synovial Fluid (Cairan sinovial) adalah Suatu lapisan cairan yang terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas atau bantalan sendi yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Kenapa keadaan Osteoarthritis (pengapuran tulang) menyebabkan nyeri pada sendi? 

♥*Pada Osteoartritis terjadi kondisi kekurangan Cairan Synovial atau bantalan sendi menjadi tipis⇒ Akibatnya lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain ⇒ Gesekan tersebut akan membuat kerusakan rawan sendi ⇒ lapisan kartilago tersebut semakin tipis dan mengalami pembengkakan atau peradangan ⇒ pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada persendian.

nyeri sendi 8

Sendi yang paling sering mengalami kerusakan pada kondisi ini meliputi sendi lutut, tangan, pinggul, dan tulang punggung. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sendi-sendi yang lain juga bisa terserang.

4. Obesitas

BERAT BADAN BERLEBIH atau OBESITAS JUGA BERPENGARUH TERHADAP KERUSAKAN RAWAN SENDI (TERUTAMA SENDI LUTUT YANG MENOPANG BERAT BADAN) KARENA OBESITAS MEMPERBESAR RESIKO TERGESEKNYA KARTILAGO dan TULANG AKIBAT MEMBEBANI SENDI LUTUT.

nyeri sendi 14

5. Kongenital

Keluhan nyeri sendi pada pasien remaja atau dewasa bisa juga dilatarbelakangi oleh penyakit bawaan tertentu, salah satunya dijumpai pada penyakit DDH (developmental dysplasia of the hip) dimana sendi panggul penderita mengalami dislokasi atau subluksasi disebabkan oleh kelainan pada pembentukan komponen tulang acetabulum. Apabila tidak menjalani perawatan yang memadai bisa menimbulkan keluhan nyeri sendi pada saat penderita memasuki usia remaja.

nyeri sendi 10

6. Metabolik

Tingginya kadar asam urat darah seseorang bisa juga menimbulkan penumpukan kristal asam urat pada sendi ⇒ terjadi peradangan sendi ⇒ Nyeri sendi . Kristal urat yang terbentuk ini dinamakan “tophus”, yang sering dijumpai pada sendi – sendi kecil jari tangan atau cukup sering dijumpai pula pada pangkal jari kaki. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel kami mengenai penyakit asam urat.

nyeri sendi 11

7. Tumor

Tumor tulang yang lokasinya dekat dengan persendian dapat menimbulkan nyeri sendi. Misalnya “chondroblastoma” sering dijumpai pada daerah epifisis tulang panjang. “Giant cell tumor” juga merupakan salah satu jenis tumor yang berlokasi dekat dengan sendi. Pasien akan mengalami keluhan nyeri yang sangat pada dareah sendinya, dimana rasa nyeri ini menetap terus menerus dan tidak hilang dengan obat anti nyeri biasa, disertai timbulnya massa (benjolan) tulang apabila tumor sudah berukuran cukup besar.

nyeri sendi 13

8. Autoimun pada penyakit Rheumatoid Arthritis

Penyebab rheumatoid arthritis adalah sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi, tetapi justru menyerang sel normal pada persendian dan membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan kaku.

Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian contohnya di kaki dan tangan.

Arthritis berarti radang sendi dan bisa berdampak pada jaringan di sekitar persendian, seperti pada otot, ligamen, dan tendon. Seiring waktu, peradangan ini bisa menghancurkan jaringan persendian. Efek dari kondisi ini akan membatasi aktivitas keseharian, seperti sulit untuk berjalan dan menggunakan tangan.

nyeri sendi 19

Pada Rheumatoid Arthritis bukan jumlah cairan synovial berkurang, melainkan terjadi peradangan pada membran synovial akibat proses autoimun (sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri, seperti menyerang lutut)

Petunjuk Mengatasi nyeri sendi

Pada prinsipnya, petunjuk mengatasi nyeri sendi adalah Mengatasi faktor penyebab itu sendiri. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang Anda percayai untuk masalah nyeri sendi. Misalnya:

  • Jika penyebabnya Infeksi, Maka atasi infeksinya dengan pengobatan spesifik dari dokter
  • Jika penyebabnya Trauma, Maka diperlukan pemeriksaan spesifik dan mungkin diperlukan tindakan operasi untuk solusi trauma persendian Anda.
  • Jika penyebabnya karena Degeneratif atau penuaan, Maka kita tidak bisa menghindarinya. Tetapi Kita Bisa menjaga kesehatan persendian kita dengan langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah.
  • Jika penyebabnya Obesitas, maka turunkan berat badan berlebih Anda ke berat badan ideal. Apabila diperlukan, Anda boleh berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mengatur menu diet Anda.
  • Jika penyebabnya Kongenital akibat penyakit bawaan tertentu, Maka dokter spesialis Anak, dokter spesialis Bedah, dan dokter yang melakukan fisioterapi dapat menjadi jawaban untuk mengatasinya.
  • Jika penyebabnya Metabolik seperti penyakit asam urat, Maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan asam urat atau kontrol, dan pengobatan dari asam urat itu sendiri. Pola hidup sehat juga menentukan penyembuhan dari penyakit.
  • Jika penyebabnya adalah Tumor, Maka Anda harus SEGERA dirujuk ke dokter spesialis untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.
  • Jika penyebabnya karena Autoimun, Maka Segera saja dibawa ke dokter. Dokter akan memberikan obat anti peradangan, anti nyeri, dan obat untuk menekan sistem imun kita.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Sendi

Gambar Ilustrasi Tulang Sendi pada Lutut

Petunjuk Menjaga Kesehatan Persendian Kita

1. Hindari Duduk Terlalu Lama
Duduk dalam waktu yang lama bisa menimbulkan beberapa gangguan yang menyerang bagian-bagian tubuh tertentu, terutama bagian sendi. Bagi para pegawai kantor yang kerjaannya menatap monitor komputer, dan lain-lain, Sebaiknya setelah 1 jam duduk, selingi dengan berdiri dan lakukan peregangan badan (seperti pemanasan saat olahraga) supaya sendi menjadi relax dan tidak kaku.

2. Posisi Duduk dan Berdiri benar
Posisi duduk dan berdiri yang benar dapat menyelamatkan sendi. Sebisa mungkin buatlah tubuh dalam keadaan dan posisi yang tepat dan nyaman. Hal ini sangat penting untuk mendukung struktur badan Anda, dan tidak memberatkan persendian.

nyeri sendi 24

NYERI SENDI 21

nyeri sendi 22

Mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas, karena aktifitas dan posisi tubuh yang salah dapat menurunkan fungsi persendian.

nyeri sendi 28

3. Rilekskan Tubuh
Sebisa mungkin untuk menjaga tubuh tetap santai dan hindari stres dan ketegangan. Pada saat tubuh tegang, maka bagian-bagian tubuh tertentu akan menimbulkan tekanan yang cukup tinggi pada sendi dan apabila hal ini terjadi terus-menerus bisa berakibat buruk bagi kesehatan sendi. Maka dari itu, jaga tubuh tetap rileks dan hindari keadaan tubuh yang tegang karena bisa mempengaruhi kesehatan sendi Anda.

4. Luangkan Waktu untuk Istirahat
Ketika bekerja tentu saja ada waktu luang yang telah disediakan untuk berisitirahat. Manfaatkan waktu istirahat tersebut untuk mengistirahatkan tubuh dan rilekskan tubuh Anda, sehingga ketika Anda bekerja kembali, hasilnya menjadi lebih maksimal. Ketika tubuh beristirahat dengan tenang, maka bagian sendi juga menjadi lebih rileks.

nyeri sendi 25

5. Makanan yang bergizi , minum cukup air putih, dan bisa ditambahkan Suplement Sendi

Makanan bergizi juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Untuk membantu dalam proses pembentukan sel-sel sendi yang sehat bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin C, vitamin D dan juga kalsium. Ikan sangat baik untuk dikonsumsi.

Biasakan minum cukup air putih sebanyak 2 literan (8-10 gelas) sehari untuk melumas persendian. Karena persendian dan tulang juga mengandung air sekitar 30 persen. Banyak hal yang dapat disembuhkan dengan cukup minum air putih. emo5

Untuk Suplemen spesifik bagi persendian, saya biasa memberikan resep Suplement Glucosamin dan Chondroitin Sulfate.

nyeri sendi 26

6. Olahraga secara Teratur
Olahraga secara teratur merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Minimal Anda harus meluangkan waktu untuk berjemur, dan berjalan-jalan sebentar pada pagi hari (Sebelum jam 9 pagi). Selain masih segar, matahari pagi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Enjoyment - free happy woman enjoying sunset. Beautiful woman in a white dress embracing the golden sunshine glow of sunset with her arms outspread and face raised to the sky enjoying peace and serenity of nature

Sinar matahari bisa merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Selain berjalan-jalan, olahraga lain yang dapat menguatkan tulang yakni aerobik misalnya bersepeda atau berenang. Untuk yang kelebihan berat badan atau mengalami nyeri sendi, saya tidak anjurkan untuk olahraga lari, tetapi lebih baik berenang karena tidak terlalu memberatkan atau membebani persendian.

7. Jaga Berat Badan
Berat badan akan memberikan beban pada persendian, misal pada sendi lutut, pinggul dan punggung. Jika Anda memiliki berat badan berlebih sebaiknya segera turunkan berat badan Anda sehingga tekanan sendi akan menjadi lebih berkurang.

8. Membentuk Otot
Memiliki otot yang kuat bisa membantu fungsi sendi dengan baik. Untuk membentuk otot, diperlukan latihan beban. Namun, Anda harus berhati-hati memilih latihan beban untuk tubuh Anda. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

9. Perhatikan Faktor Penyebab dari masalah sendi Anda

Setelah Membaca artikel tentang Nyeri Sendi ini, pastilah Anda mengetahui faktor-faktor penyebab dari nyeri sendi itu sendiri. Segeralah berkonsultasi ke dokter yang Anda percaya untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih spesifik.

Ahli Rehabilitasi Muskuloskeletal dokter Arif Soemarjono memeriksa lutut pasien dengan menggunakan USG untuk mengetahui adanya kelainan pada sendi lutut dan jaringan lunak sekitar sendi lutut, 10 Juli 2014, di Bandung Musculoskeletal Rehabilitation Care, Bandung, Jawa Barat. Jaringan tersebut tidak dapat diperiksa dengan menggunakan rontgen biasa. Bandung Musculoskeletal Rehabilitation Care, jl otista 311-313 Bandung, Jawa Barat. Arsip Pribadi dr. Arif Soemarjono

Ahli Rehabilitasi Muskuloskeletal dokter Arif Soemarjono memeriksa lutut pasien dengan menggunakan USG untuk mengetahui adanya kelainan pada sendi lutut dan jaringan lunak sekitar sendi lutut di Bandung Musculoskeletal Rehabilitation Care, Bandung, Jawa Barat. Jaringan tersebut tidak dapat diperiksa dengan menggunakan rontgen biasa.

Nyeri sendi memang sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari dan sangat membatasi gerakan kita. Rasanya sungguh Nyeri dan tidak nyaman. Oleh karena itu, mulai saat ini jagalah kesehatan persendian tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat hingga usia lanjut.

Menjaga kesehatan sendi  harus senantiasa menjalankan pola hidup yang sehat, berpikir secara sehat, berprerilaku sehat dan rajin mencari informasi yang tepat. Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel tentang nyeri sendi di petunjuksehat.com ini sampai selesai. Nantikan Artikel-artikel kami selanjutnya.

Artikel terkait:

nyeri sendi

Osteoporosis: Cara Menghambat Keropos Tulang

 

 

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin