Menjaga Anak Anda tidak sakit -sakitan atau tetap sehat merupakan kewajiban setiap orang tua.  Berikut 8 tips mudah yang kami bagikan untuk Anda tentang bagaimana menjaga Anak Anda tidak sakit -sakitan. bacalah artikel ini sampai selesai dan ikuti petunjuknya supaya anak Anda menjadi sehat dan tidak gampang sakit.

Bagaimana khawatirnya jika Anak Anda sering sakit?? berobat ke dokter, sembuh tetapi beberapa hari kemudian sakit lagi.. Pasti hal itu sangat menjengkelkan. Sebagai orang tua, maka Anda wajib memberikan perindungan ekstra kepada buah hati. Cara yang paling baik adalah Meningkatkan kekebalan tubuh si Anak.

Kita sudah belajar banyak dari artikel sebelumnya dengan judul Mengapa Seseorang bisa Sehat atau Sakit . Artikel  ini akan membahas bagaimana faktor host (pejamu / dalam hal ini manusia, khususnya ANAK) sangat berperan penting dalam terciptanya kondisi SEHAT.  Yak faktor host yang dimaksud adalah Peningkatan Kekebalan Tubuh si Anak.

menjaga anak anda tidak sakit

Kekebalan tubuh atau imun sangat penting dalam menjaga kesehatan. Imun berasal dari bahasa latin, immunitas yang memiliki arti kekebalan. Sistem imun dalam tubuh anak ini, bekerja secara kolektif untuk melindungi tubuh si Anak terhadap infeksi atau benda asing yang masuk ke dalam dengan cara mengindentifikasi dan membunuh Agent/ bibit penyakit atau kuman patogen( penyebab penyakit).

Peran penting kekebalan tubuh atau sistem imun, yaitu memberikan perlindungan dari pengaruh luar (infeksi bakteri dan virus misalnya). Apabila kekebalan tubuh melemah maka perlindungan akan melemah dan menyebabkan virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh dan berkembang. Lihat gambar b. di bawah: Terjadi ketidak-seimbangan antara host(Pejamu), agent(faktor penyebab penyakit), dan lingkungan ⇒ Sakit

menjaga anak anda tidak sakit

Pada anak-anak sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Dalam artikel  8 Tips Mudah Menjaga Anak Anda Tidak sakit -sakitan , akan dijelaskan mengenai pentingnya imun, cara meningkatkan imun pada anak dan pencegahan terhadap penyakit yang menyerang sistem imun pada anak.

Pentingnya Imun Pada Anak dalam menjaga Anak Anda tidak sakit – sakitan

menjaga anak anda tidak sakit

Sistem imun merupakan perlindungan terhadap kesehatan anak dari bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Jika ingin menjaga anak Anda tidak sakit -sakitan, maka yang harus diperhatikan adalah:

  1. pejamu/host/Anak, keadaannya Baik . Dalam hal ini Sistem daya tahan tubuh si Anak yang baik
  2. Lingkungan baik
  3. bibit penyakit( Agent) tidak terlalu tinggi

Terjadi Keseimbangan segitiga epidemiologi ⇒ SEHAT

menjaga anak anda tidak sakit

Cara meningkatkan imun pada anak

Seperti diketahui bahwa imun pada anak memiliki peranan penting dalam menjaga tubuh dari penyakit dan infeksi yang masuk, maka anda dapat melakukan 8 tips mudah ini untuk meningkatkan imunitas anak dan menjaga Anak Anda tidak sakit – sakitan:

1. Memberikan ASI EKslusif

Pada anak 0-6 bulan pemberian ASI ekslusif sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Penelitian yang dilakukan bahwa dengan memberikan ASI maka kekebalan tubuh anak meningkat dan memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan pencernaan. Pada ASI terkandung gizi yang dapat meningkatkan sistem imun anak.

2. Bermain di lingkungan

Seringkali orang tua khawatir pada anak yang bermain kotor-kotoran padahal dengan bermain di lingkungan maka sistem kekebalan tubuh anak akan berkembang sepenuhnya. Kenapa??

Karena pada saat  anak bermain di halaman  mereka akan terpapar kotoran atau bertemu dengan kuman ⇒ tetapi hal ini dapat membantu imunitas / kekebalan tubuhnya dalam melacak dan mengenal jumlah kuman penyakit (Agen)  sistem imun Anak menjadi terlatih  berpotensi menguntungkan dan mendukung sel tubuh dalam memerangi infeksi.

Gambarannya: Jika sudah sering perang, maka strateginya jadi lebih matang, dan daya tahan tubuh menjadi kuat. Tak selamanya kotor itu jelek. Biarkan anak bermain. emo6

Tapi perhatikan juga, jika sering bermain di tanah dan tidak menjaga kebersihan, contoh : tidak cuci tangan, garuk-garuk anus, sering masukkan sesuatu benda asing ke dalam mulut atau mengemut jari yang kotor  bisa Cacingan.

3. Berikan program Vaksinasi kepada Anak

Prinsipnya hampir sama dengan membiarkan Anak bermain di lingkungan. Vaksinasi atau termasuk imunisasi aktif secara buatan: Memberikan secara sengaja kuman ataupun racun kuman yang dilemahkan sehingga merangsang tubuh melakukan antibodi sendiri ⇒ sistem kekebalan tubuh meningkat. Misalnya  pemberian vaksin hepatitis B, BCG, DPT/Hep B kombo, dan polio.

4. Banyak tertawa

Meningkatkan imunitas tubuh anak dengan banyak tertawa?  emo1

Pasti anda  heran, padahal dengan cara yang menyenangkan akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa dengan banyak tertawa dapat meningkatkan produksi sel yang membantu  sistem kekebalan tubuh untuk membunuh kuman-kuman penyakit.

5. Istirahat Cukup

Penelitian membuktikan bahwa dengan istirahat cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Istirahat yang cukup akan menurunkan risiko flu dibandingkan ketika kurang tidur. Bahkan porsi tidur sehat untuk anak berusia 3-12 tahun yaitu 10 jam perhari. Dengan demikian kebutuhan tidur anak lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa.

menjaga anak anda tidak sakit

6. Mengurangi antibiotik

Kurangi memberikan antibiotik apabila anak sakit ringan. Umumnya orang tua meminta dokter untuk menyertakan antibiotik. Atau yang lebih parah membeli sendiri antibiotik tanpa resep dokter.  Padahal penyakit ringan seperti flu, pilek atau sakit tenggorokan tidak memerlukan antibiotik karena penyebabnya belum tentu bakteri.  Pemberian antibiotik pada anak yang terlalu sering maka akan melemahkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

7. Menghindari Polusi Udara

Dengan polutan udara maka akan merusak silia rambut di dalam hidung yang berfungsi sebagai penangkal masuknya benda asing ke dalam tubuh. Jadi hindari anak anda dari pencemaran udara seperti debu pekat(sangat berdebu), asap rokok, asap pembakaran dan beberapa bahan kimia berbahaya yang sering dijadikan bahan dalam beberapa alat rumah tangga.

8. Konsumsi makanan bergizi  yang dapat meningkatkan imunitas diantaranya :

  • susu kedelai yang mengandung flavonoid yang dapat menambah daya tahan tubuh. Flavonoid sejenis pigmen yang sering terdapat pada tanaman hijau dan dapat meningkatkan sistem imunitas.
  • Ikan dan Telur mengandung seng yang dapat meningkatkan perkembangan tubuh, memperkuat imunitas dan menambah inteligensi.
  • Madu merupakan sumber protein penting yang dapat meningkatkan imunitas. Selain itu mampu menjaga stamina tubuh dan baik dikonsumsi setiap hari.
  • Prebiotik adalah bakteri baik di dalam pencernaan yang banyak terdapat makanan olahan seperti yogurt atau beberapa makanan seperti gandum, pisang, madu dan juga kacang-kacangan.
  • Vitamin C mampu meningkatkan ketahanan tubuh anak dari infeksi dan juga menyembuhkan luka. Dapat mengkonsumsi suplemen atau kandungan vitamin C yang alami dari buah dan sayur.
  • Selalu ingat Menu 4 sehat 5 sempurna

anak 10

Kecukupan gizi dan berat badan normal pada Anak sangat baik untuk meningkatkan imunitas.  Jika Anak kekurangan gizi  ⇒ maka daya tahan tubuh menjadi lemah  Anak gampang sakit- sakitan.

Berat badan rata-rata anak:

  • 6 bulan: 2 kali berat badan lahir
  • 1 tahun : 3 kali berat badan lahir
  • 2 tahun : 4 kali berat badan lahir
  • 6 tahun : 2 kali berat badan umur 1 tahun

Jika berat badan Anak kurang dari rata-rata, maka perlu ditambah asupan gizinya.

Artikel 8 tips mudah menjaga anak Anda tidak sakit -sakitan ini sudah disempurnakan dan dikutip sebagian dari

Sumber : Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak – Bidanku.com

 

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin