Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai masalah-masalah persendian yang sering dialami pasien. Yaitu:

  • Reumatoid Artritis
  • Osteoartritis

arthro artinya sendi.

JADI, Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

Sama-sama Artritis, namun sebenarnya berbeda. Baik hal Cara Mendiagnosa, Proses Penyakit yang terjadi, dan Gejala-gejala yang dialami pasien.

Perbedaan mendasar Reumatoid Artritis dan Osteoartritis

Reumatoid Artritis Osteoartritis
1.) Penyebab: Autoimun Dikarenakan aus mekanik tulang rawan di antara sendi
2.)Siapa saja bisa terkena Umumnya lansia atau orang tua
3.)Perjalanan penyakit/ gejala: Cepat mengalami keburukan Perjalanan penyakit: relatif lambat, bertambah seiring usia
4.)Sendi-sendi kecil yang lebih sering terkena; Misalnya sendi jari tangan Sendi-sendi besar yang lebih sering terkena; Misalnya sendi lutut, sendi yang menopang berat tubuh
5.)Simetris; Kanan Kiri juga kena Biasanya mengenai 1 sisi sendi dulu
6.)Kekakuan sendi di pagi hari relatif lebih lama, bisa lebih dari 1 jam kekakuan sendi di pagi hari relatif sebentar, kurang dari 1 jam.
7.)Dapat disertai penyakit umum, seperti: demam, mual, lemah Tidak disertai penyakit umum

Penjelasan

1.)Penyebab Reumatoid Artritis/ RA adalah  autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi, tetapi justru menyerang sel normal pada persendian dan membuat sendi terasa nyeri, bengkak, dan kaku.

Penyebab Osteoartritis/ OA umumnya dipengaruhi oleh proses penuaan/ degeneratif.

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghancuran terhadap jaringan atau organ tubuh. Proses dari kerusakan ini dapat disebabkan oleh penggunaan seiring dengan usia maupun karena gaya hidup yang tidak sehat.

reumatoid artritis osteoartritis

2.) Reumatoid Artritis dapat menyerang siapa saja, pada usia muda maupun tua. Karena berhubungan dengan respon kekebalan tubuh seseorang. Sejauh ini penyebab penyakit autoimun masih belum diketahui.

Osteoartritis umumnya menyerang lansia atau orang tua.  Semakin tua seseorang, maka kemungkinan terkena Osteoartritis/OA semakin besar.

Rusaknya kartilago sendi dan berkurangnya produksi cairan sinovial, semakin memburuk seiring usia. Akibat dari pemakaian berulang, tulang rawan permukaan sendi yang berperan penting dalam pergerakan menjadi aus.

Perhatikan Gambar dari sendi yang normal di bawah.

nyeri sendi 6

Untuk memudahkan pemahaman, perhatikan point-point berikut:

  • Cartilago pada sendi adalah jaringan tulang rawan yang agak kenyal dan elastis. jaringan ikat padat ini menutupi ujung-ujung tulang penyusun sendi.
  • Synovial Fluid (Cairan sinovial) adalah Suatu lapisan cairan yang terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas atau bantalan sendi yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

3.) Gejala-gejala rheumatoid arthritis memburuk dengan cepat. Namun, osteoarthritis berlangsung pada tingkat yang relatif lebih lambat. Bertambah seiring usia.

4.) Pada Reumatoid Artritis, Sendi-sendi kecil yang lebih sering terkena; Misalnya sendi jari tangan. Namun semua sendi juga bisa terkena penyakit autoimun ini.

rheumatoid-arthritis-hands

Penampakan reumatoid artritis seperti ini:

reumatoid artritis 2

Jari terasa kaku, dan gerakannya seperti robot jika ditekuk. Tidak mulus.

Pada Osteoartritis, Sendi yang paling sering mengalami kerusakan pada kondisi ini meliputi sendi lutut, ruas tulang punggung, tangan, leher, pinggul, dan tulang punggung. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sendi-sendi yang lain juga bisa terserang.

osteoartritis 1

5.) Pada Reumatoid Artritis/ RA, sendi yang terkena biasanya kiri dan kanan/ SIMETRIS. Namun pada Osteoartritis/ OA biasanya mengenai 1 sendi dulu.

reumatoid artritis

Pada Reumatoid Artritis, dapat menyerang beberapa sendi sekaligus. Tetapi pada Osteoartritis, biasanya menyerang 1-2 sendi terlebih dahulu. Komplikasi makin bertambah seiring penuaan. Jika OA terjadi pada sendi lutut, maka semakin obesitas orang tersebut, komplikasi makin bertambah. Karena akan membebani sendi lutut.

Kenapa semakin obesitas, maka komplikasi Osteoartritis terutama pada sendi lutut, makin bertambah??

♥ Karena BERAT BADAN BERLEBIH atau  OBESITAS MEMPERBESAR RESIKO TERGESEKNYA KARTILAGO dan TULANG AKIBAT MEMBEBANI SENDI LUTUT ⇒ akibatnya BERPENGARUH TERHADAP KERUSAKAN RAWAN SENDI (TERUTAMA SENDI LUTUT YANG MENOPANG BERAT BADAN).

6.) Pada Reumatoid Artritis, Kekakuan sendi di pagi hari relatif lebih lama, bisa lebih dari 1 jam. Dan membaik dengan beraktifitas.

Pada Osteoartritis, Kekakuan sendi di pagi hari relatif sebentar, kurang dari 1 jam. Dan Apabila terjadi kekakuan di lutut, terdengar seperti gemeretak lututnya. Bahasa medisnya krepitasi,

7.) Karena Reumatoid Artritis disebabkan penyakit autoimun. Maka komplikasinya lebih sistemik/ ke seluruh tubuh (seperti penyakit lupus) Dapat disertai penyakit umum, seperti: demam, mual, lemah.

Pada Osteoartitis, keluhannya tidak sistemik.

Kenapa keadaan Osteoarthritis (pengapuran tulang) menyebabkan nyeri pada sendi? 

♥*Pada Osteoartritis terjadi kondisi kekurangan Cairan Synovial atau bantalan sendi menjadi tipis Akibatnya lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain  Gesekan tersebut akan membuat kerusakan rawan sendi  lapisan kartilago tersebut semakin tipis dan mengalami pembengkakan atau peradangan ⇒ pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri dan kaku/ hambatan gerak pada persendian.

Petunjuk mengatasi peradangan sendi

Pada prinsipnya, petunjuk mengatasi peradangan sendi adalah Mengatasi faktor penyebab itu sendiri. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang Anda percayai untuk masalah artritis Anda.

  • Jika penyebabnya karena Autoimun, misalnya pada Reumatoid Artritis/ RA, Maka Segera saja dibawa ke dokter. Dokter akan memberikan obat anti peradangan, anti nyeri, dan obat untuk menekan sistem imun kita.
  • Jika penyebabnya karena Degeneratif atau penuaan, Maka kita tidak bisa menghindarinya. Tetapi Kita Bisa menjaga kesehatan persendian kita dengan langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya ” Nyeri Sendi : Penyebab dan Petunjuk Mengatasinya“. Biasanya saya memberikan suplemen sendi yang mengandung Glucosamine HCl , Chondroitin sulfate sebagai chondro-protective agent. Juga ditambah anti peradangan dan anti nyeri sesuai gejala yang dialami pasien.

Terimakasih, sudah membaca sampai selesai artikel mengenai perbedaan Reumatoid Artritis/ RA dengan Osteoartritis/ OA. Ada juga peradangan sendi dikarenakan tingginya kadar asam urat dalam darah, disebut Artritis Gout. Sangat sering menyebabkan peradangan di ibu jari/ jempol kaki. Anda bisa membacanya di ” Penyakit Asam Urat: Solusi Terlengkap”. 

Baca juga artikel-artikel terkait lainnya yang setiap saat diupdate.

♥ Nyeri Sendi : Penyebab dan Petunjuk Mengatasinya

sendi

♥ Osteoporosis : Cara Menghambat Keropos Tulang

osteoporosis

♥ Penyakit Asam Urat : Solusi terlengkap

penyakit-asam-urat

♥ Cara Pintar menurunkan dan menaikkan Berat Badan dengan Perhitungan Kalori

berat badan

♥ Petunjuk Sehat Mengatasi Perut Buncit. Tolak Instruktur Fitness Anda jika dia menyuruh Anda untuk Sit Up! Ketahui Alasannya..

♥ Tanya Jawab Penyakit Lupus / Autoimun Disease

penyakit-lupus

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin