Masalah Ketombe: Berbahaya atau Hanya Mengganggu?

Meskipun memiliki ketombe bisa memalukan, ketombe tidak berbahaya. Memiliki ketombe tidak berarti bahwa Anda tidak bersih. Ketombe juga tidak menular jadi Anda tidak dapat tertular atau menularkannya kepada orang lain. Ketombe tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok, tapi dengan sering menggaruk kulit kepala bisa menyebabkan masalah kerontokan rambut sementara.

masalah ketombe

Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Yang menjadi masalah adalah pengelupasan  sel-sel kulit mati itu dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi.

Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis) ataupun sekali-sekali,

Terdapat beberapa kondisi dimana pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan

Jadi : Pergantian sel yang terlalu cepat atau  pengelupasan  sel- sel  kulit mati  terlalu banyak   menyebabkan Ketombe

Apa itu Ketombe?
Bila Anda melihat atau menemukan serpihan kuning atau kilauan putih di bahu atau di rambut Anda, itu adalah tanda-tanda ketombe. Ketombe sebenarnya merupakan sel-sel kulit mati kepala anda yang rontok. Bila Anda memiliki ketombe, kulit kepala Anda mungkin terlihat bersisik atau merah dan terasa gatal.. Ketombe akan terlihat lebih jelas ketika Anda mengenakan atasan berwarna gelap.

Apa Penyebab Ketombe?
Belum ada kepastian apa yang menyebabkan ketombe. Hal ini mungkin disebabkan oleh jamur. Folikel rambut dan kelenjar minyak membuat minyak yang disebut sebum, yang mungkin menjadi tempat berkembang biak bagi ragi atau jamur. Jamur ini biasanya hidup pada kulit Anda, tapi terlalu banyak jamur dapat menyebabkan ketombe. Sebum terlalu banyak juga dapat menyebabkan ketombe.

Ada Beberapa faktor yang memicu ketombe, yaitu:

  • Infeksi jamur
  • Kulit berminyak
  • Kurang minum
  • Udara kering
  • Stress
  • Defisiensi imun (HIV)
  • Kelelahan
  • Nutrisi buruk
  • Produk perawatan rambut atau pewarna rambut yang tidak pas
  • Kebiasaan menggaruk kulit kepala, menyebabkan  iritasi.
  • Kebersihan kulit kepala kurang

Masalah ketombe yang disebabkan penyakit kulit lain

Ada juga penyakit kulit yang menyebabkan ketombe seperti dermatitis seboroik  dan psoriasis di kulit kepala (penyebabnya autoimun system) . Bedanya dengan ketombe biasa. penyakit kulit ini, jika tidak diobati dengan tepat, tidak kunjung hilang atau sembuh. konsultasikan dengan dr.spesialis kulit Anda.

ketombe 3

Pengobatan

Masalah ketombe dapat dikurangi dengan perawatan rambut yang tepat. Dengan mencuci rambut secara reguler, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat.

Shampoo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala dengan baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan yang terlihat.

Namun, Jika ada penyakit lain seperti , atau psoriasis di kulit kepala, maka shampoo yang tidak ditujukan secara khusus untuk pengobatan ini, tidak memiliki efek untuk mengobati kulit yang teriritasi dan merah. Perlu obat tambahan seperti anti jamur, anti radang, dan lain-lain, Apalagi jika ketombe tidak kunjung sembuh, dan dicurigai ada penyakit kulit kepala yang lain. Segera ke dokter. @[email protected] Boleh konsultasi..

Pengobatan ketombe bisa dilakukan dengan memberikan shampoo yang tepat.

Petunjuk berkeramas yang baik

Berkeramas yang baik sangat baik untuk menuntaskan ketombe yang membandel. Karena jika Anda salah berkeramas, bukan hanya masalah ketombe yang kembali muncul, tetapi juga membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Berikut ini adalah beberapa tips untuk berkeramas:

  • Gunakan air hangat dan air dingin. Air hangat dapat digunakan pada saat mulai keramas untuk membuka pori-pori rambut anda. Dan air dingin dapat digunakan pada saat selesai keramas untuk menutup kembali pori-pori rambut.
  • Jangan gunakan air panas. Air yang terlalu panas dapat membuat rambut anda menjadi kering dan tidak indah dilihat.
  • Menyisir terlebih dahulu. Jika rambut sudah tersisir rapi kemungkinan untuk rapuh saat terkena air akan semakin kecil.
  • Basuhi dulu rambut Anda dengan air secara merata. Selain dapat memaksimalkan kerja shampo, rambut yang tidak dibasahi saat keramas cenderung lebih mudah rusak dan menjadi sulit diatur.
  • Pijat Kulit Kepala dengan Baik. Karena menggaruk kepala saat keramas dapat merusak akar dan batang rambut. Ketimbang menggaruk dengan kuku, lebih baik pijat kepala dengan ujung jari agar kandungan shampo meresap maksimal. Teknik pijatan ini juga berfungsi melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.
  • Bilaslah Rambut dengan Bersih. Karena jika Andatidak membilas kepala dengan bersih, Busa shampo yang masih tertinggal pada kulit kepala dan rambut dalam waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya serpihan putih layaknya ketombe. Jika hal ini dibiarkan, tumpukan sisa shampo akan membuat rambut rapuh dan rontok.
  • Tidak perlu tiap hari. Keramas setiap hari, boleh. Tapi tak semua rambut perlu keramas tiap hari. Jika Anda rutin berolahraga setiap hari, maka keramas setiap hari adalah kewajiban. Namun jika rambut Anda kering, atau keriting dan tebal mengembang, keramas cukup dua hari sekali.
  • Gunakan Shampoo secukupnya. pemakaian shampo secara berlebihan justru dapat mengurangi kelembapan alami rambut Anda.

masalah ketombe

Oke, sekian petunjuk tentang masalah ketombe dari saya. Ingat jika ketombe tidak kunjung sembuh, dan dicurigai ada penyakit kulit kepala yang lain. Segera ke dokter. @[email protected] Boleh konsultasi..

emo7may be Helpfull. trims.

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin