Mandi di malam hari sendiri sering dianggap tidak baik karena dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh, oleh sebab itu banyak orang tua yang selalu melarang anaknya melakukan mandi di malam hari. Tetapi menurut saya, jawabannya tergantung..

Artikel tentang mandi malam ini, saya buat agar Anda dapat mempertimbangkan baik buruknya mandi malam bagi kesehatan Anda.

Mandi memang sangat baik untuk kebersihan tubuh. Tetapi ada beberapa hal tentang mandi yang sebaiknya dihindari.

MANDI MALAM DENGAN AIR DINGIN

Pada beberapa orang, mandi malam dengan air dingin dapat menyebabkan:

Tetapi bukannya saya melarang untuk mandi malam dengan air dingin. Tetapi beberapa orang yang mempunyai risiko atau riwayat di atas, sebaiknya memang dihindari.

Mandi malam dengan air dingin memang dapat memberi kesegaran. Namun saya menganjurkan jangan berlama-lama terpapar air dingin untuk menghindari risiko. 10 menit cukup dan langsung dikeringkan dengan handuk.

Alangkah lebih baik, menggantinya dengan air hangat. TETAPI BUKAN AIR PANAS YA 🙂 . Alasannya air hangat dapat:

  • Melancarkan sirkulasi darah:
    • Mengurangi Sakit/Nyeri,
    • Merangsang penyembuhan,
    • Mengurangi radang,
    • Mencegah Migren
  • Memberikan rasa relaksasi sehingga memudahkan tidur.
  • Menghilangkan rasa stress
  • Memperbaiki kesehatan organ jantung kita.
  • Mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes melitus.

mandi malam

Hati-hati bagi pria, Jika berendam di air yang terlalu panas selama lebih dari 30 menit, tidak dianjurkan. Karena berakibat menurunnya kualitas sperma di bagian testis. Perhatikan suhu air mandi. Hangat, tetapi Tidak Panas.

Jika sudah lewat tengah malam, sebaiknya menunda mandi. Namun jika memang pulang kerja dalam keadaan badan sudah berkeringat, gatal, bau, atau basah karena hujan. TETAP HARUS MANDI. Tetapi saya anjurkan untuk pakai air hangat saja.

Negara-negara dengan cuaca dingin seperti di Eropa, terkadang mempunyai kebiasaan mandi 1 kali sehari saja, atau bahkan 3 hari sekali baru mandi. Hal ini cukup wajar, karena mereka jarang berkeringat. Namun tetap saja, mandi sebaiknya dilakukan tiap hari untuk merawat kebersihan tubuh.

mandi malam 2

Untuk area wajah, tetap saya anjurkan menggunakan air dingin untuk membilas muka. Karena air hangat dapat membuat muka menjadi kering. Karena area wajah merupakan area kulit yang lebih tipis dari yang lain.

Jika mau membilas wajah dengan air hangat, bilaslah di awal. Terakhir bilas wajah dengan air dingin.


Jika dalam keadaan demam, apakah diperbolehkan mandi?

♥ Mandi tetap penting untuk kebersihan  tubuh. Hanya jika dalam keadaan demam, air mandi yang dipergunakan sebaiknya air hangat atau air yang kira-kira sama dengan suhu badan.

Orang yang terkena cacar air pun sebaiknya mandi. Tetapi dengan air biasa. Lebih baik tambahkan antiseptik di air mandinya.

Pada prinsipnya, mandilah dengan air dingin di pagi hari untuk lebih mendapat kesegaran dan semangat bekerja. Selain itu air dingin dapat mengatasi gatal.

Tetapi Setelah jam 6 sore atau malam hari dan ingin beristirahat, lebih baik mandi dengan air hangat. Sekian dan terima kasih.

Nantikan artikel kami selanjutnya. Hopefully bermanfaat.

Artikel terkait:

♥ Konsep dasar Alergi dan Bagaimana cara Mengatasinya

♥ Batuk, pilek, dan demam : Petunjuk Pengobatannya

♥ Penyakit Sinusitis dan tanda-tanda peradangan

♥ Penderita Asma : Lebih Baik pakai Obat Hirup atau Tablet??

♥ Diabetes Melitus: Artikel terlengkap, informatif

♥ Tidur terlalu kurang, Salah. Tidur berlebihan juga Salah.. Berapa jam waktu tidur yang ideal?? Ketahui Petunjuk Praktis Mengatasi Gangguan Tidur yang paling efektif. APAKAH TIDUR

♥ Nyeri Sendi : Penyebab dan Petunjuk Mengatasinya

♥ Herpes Zoster : Apakah cacar ular/cacar api, yang melingkari badan Menyebabkan KEMATIAN ?? Mitos atau Fakta?? dan APA Perbedaannya dengan cacar air/ Varicella, serta Herpes Simplex yang terjadi di area mulut dan genital/ alat kelamin??

♥ 13 Kebiasaan yang Merusak Kulit Tanpa Anda Sadari

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin