Artikel ini ditulis untuk Anda yang suka travelling/ bepergian dengan menggunakan pesawat terbang.

*Apa gejala-gejala yang bisa kita alami, saat berada di dalam pesawat terbang?? Terutama saat landing (Pesawat mau mendarat, dan menunggu landasannya siap)

♥ Gejala yang sering terjadi:

*Apa Penyebabnya??

♥ Penyebabnya adalah karena Perubahan Perbedaan Tekanan Udara.

Ingat, Tekanan udara di langit lebih kecil daripada tekanan udara di daratan.

Atau, Tekanan Udara di daratan lebih tinggi dibandingkan tekanan udara di langit.

Misalnya, saat kita take off (mulai terbang), ⇒tekanan udara di luar pesawat menjadi semakin kecil sedangkan tekanan di mulut masih 1 atmosfer.

Pada saat pesawat mencapai ketinggian tertentu pun ada pengaruh pada tubuh kita. Bila pesawat terbang pada ketinggian 18.000 kaki, tekanan udaranya ½ atmosfer sehingga kita terpaksa bernapas dalam udara bertekanan ½ atmosfer

Di mana paru-paru akan mengembang dua kali ukuran normal. Akibatnya, bisa kekurangan oksigen (hipoksia) atau pingsan. Itulah sebabnya di kabin pesawat selalu tersedia tabung oksigen.

Manuver pesawat saat lepas landas maupun mendarat juga bisa menimbulkan keluhan sakit yang disebut motion sickness atau air sickness dengan gejala pusing, mual, pucat, dan lain-lain.


Namun dari semua gejala di atas, yang PASTI SEMUA PENUMPANG PESAWAT mengalaminya adalah gejala sakit di telinga, terasa penuh, buntu, bahkan mau pecah, dan pendengarannya menjadi berkurang/seperti tuli. Terutama saat pesawat terbang itu akan landing (mau mendarat, dan menunggu landasannya siap).

Kenapa telinga kita sakit, terasa penuh, bahkan mau pecah, dan pendengarannya menjadi berkurang/seperti tuli. Terutama saat pesawat terbang itu akan landing??

♥ Jawaban singkatnya adalah, saat pesawat landing (mau mendarat) terjadi perbedaan tekanan udara.

telinga kita sakit

Di dalam struktur telinga kita sendiri, ada bagian bernama Saluran Tuba Eustachius yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara antara luar tubuh dengan bagian telinga tengah.

telinga sakit 2

Bentuknya seperti lorong yang menghubungkan faring (di bagian belakang hidung dan atas tenggorokan) ke telinga tengah Anda.

telinga sakit pesawat 3

Jadi Saat pesawat terbang akan landing/ mau mendarat, terjadi perubahan tekanan udara, TEKANAN DI DARATAN LEBIH TINGGI DIBANDINGKAN TEKANAN DI LANGIT,⇒Jadinya udara dari telinga luar ini, akan masuk ke dalam telinga kita, mendorong gendang telinga (=ear drum/ membran timpani) kita ⇒Karena itu telinga kita jadi sakit.

telinga sakit saat berada di pesawat 1

Sehari-hari kita menghadapi tekanan udara yang seimbang.

telinga sakit pesawat 7

Namun saat kita naik pesawat terbang, terutama saat landing/mau mendarat, Ada perbedaan/perubahan tekanan udara (tekanan udara tidak seimbang).

Untuk menseimbangkan tekanan udara tersebut, normalnya saluran Tuba Eustachius/Tuba Eustachian akan membuka dan udara dibiarkan masuk ke telinga tengah supaya seimbang.

Namun jika perbedaan tekanan udara terlalu mencolok (misal saat pesawat landing), maka Tuba Eustachius dapat  merespon dengan mempersempit ruangan pada telinga tengah/ Tuba Eustachius menjadi mampet, untuk menyeimbangkan tekanan tersebut. Hal inilah yang disebut dengan Oklusi Tuba Eustachius.

Cara Tuba Eustachius mempersempit ruangan pada telinga tengah, adalah dengan menarik jaringan sekitarnya, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri luar biasa di sekitar telinga, dan kepala.

Hal ini diperburuk jika penumpang mengalami gangguan fungsi dalam Tuba Eustachius (Disfungsi tuba), dan terutama pada penumpang yang sedang sakit pilek/ flu berat atau mempunyai alergi berat (rhinitis alergi), kenapa??

♥ Karena Tuba Eustachius pada penumpang yang sedang pilek, akan tersumbat oleh mukus/sekret/lendir, sehingga akan memblok/menutup/menghambat udara masuk ke telinga tengah melalui saluran tuba eustachius.

sakit telinga mukus 5

Mukus/sekret/lendir pada orang pilek tersebut, membuat saluran tuba eustachius terblok dan agak sulit untuk menyamakan tekanan.

*Jadi bagaimana cara mengatasi telinga sakit ini, saat kita berada dalam pesawat??

♥ Supaya telinga kita tidak sakit (Gendang telinga tidak terlalu terdorong atau menonjol ke dalam), berarti kita harus menyamakan tekanan dari sisi yang lain, yaitu dari saluran Tuba eustachius atau dari faring ini.

telinga sakit 4

Caranya:

  • 1. Dengan Menelan ludah atau minum sedikit-sedikit tetapi sering.
    • Mengulum/ mengunyah permen, dapat memperbanyak produksi air liur/ludah.
    • Pada balita, sebaiknya berikan dia minum air.
  • 2. Menguaplah selebar-lebarnya.

Karena ketika Anda menelan atau menguap, tuba eustachian Anda terbuka, yang memungkinkan udara mengalir masuk dari posisi faring (di bagian belakang hidung dan atas tenggorokan)

  • 3. Pada orang yang pilek, memang sebaiknya menunda penerbangan. Tetapi jika tetap ingin terbang, maka minumlah obat yang dapat mencairkan mukus/lendir. Biasanya saya memakai obat mukolitik/penghancur mukus, yang mengandung salah satu dari:
    • Bromhexin, atau
    • Gliseril guaiakolat, atau
    • Ambroxol.
  • 4. Obat dekongestan/pelega saluran nafas yang biasanya mengandung Pseudoefedrin, juga bisa dipakai untuk mengurangi sakit telinga saat penerbangan.
  • 5.Untuk meangurangi sakit telinga ketika naik pesawat, Anda bisa menggunakan teknik valsalva maneuver.
    • Yaitu dengan cara menekan hidung dengan jari, ambil napas melalui mulut, dan keluarkan udara secara paksa melalu hidung (hidung tetap dalam kondisi ditutup).
    • telinga sakit valsalva maneuver
  • 6. Gunakan ear plug (sumbat kuping) khusus
    • Saat ini terdapat ear plug yang terbuat dari karet silikon berukuran kecil yang memiliki filter untuk mengatasi perubahan tekanan udara di kabin pesawat.
    • telinga sakit ear plug
  • 7. Sebaiknya sebelum berangkat terbang, Anda pastikan gigi Anda tidak ada yang rusak, membusuk, dan berlubang. Segeralah memeriksakan gigi Anda, dan berobat ke dokter gigi.
    • Gigi rusak yang membusuk dan berlubang sangat berpotensi dimasuki udara dan terperangkap di dalamnya.
    • Ketika Anda naik pesawat dengan udara terperangkap di dalam gigi  berlubang, efeknya adalah rasa sakit saat terjadi perubahan tekanan udara.

Baiklah, sekian dahulu artikel tentang sakit telinga saat penerbangan. Nantikan artikel kami selanjutnya. Have a nice trip 🙂

Silakan baca juga artikel-artikel terkait:

♥ Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut : 5 Penyebab masalah gigi dan mulut, serta solusinya

♥ Vertigo si pusing putar-putar 7 keliling. Apa prinsip bedanya vertigo dengan sakit kepala atau migren?? dr.spesialis mana saja yang seharusnya bekerjasama dalam menyembuhkan Vertigo Anda. dan Bagaimana melakukan latihan keseimbangan untuk vertigo ini, yang bisa Anda terapkan di rumah.?

♥ Batuk, pilek, dan demam : Petunjuk Pengobatannya

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin