Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah awet muda? Kulit tetap kencang? Kulit wajah bebas keriput? Yak, that’s right.  Menurut definisi KBBI( Kamus Besar Bahasa Indonesia).  awet /awét/ a 1 lama berubah; lama bertahan – muda selalu tampak muda meskipun usianya sudah tua;  Ketahuilah, awet muda tidak melulu soal penampilan kulit bertahan di usia 20-an hingga 30-an. Karena pada prinsipnya, jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini, keuntungan penampilan kulit tersebut menjadi ‘bonus’ dan penampilan Anda secara keseluruhan dapat menjadi 5 hingga 10 tahun lebih muda.

Melawan proses penuaan merupakan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun demikian manfaatnya banyak sekali. Karena dengan demikian Anda tidak hanya mendapatkan kulit bertahan semata, tetapi justru dapat melawan beberapa penyakit degeneratif  nan kronis( Penyakit yang disebabkan pertambahan usia, dan penurunan fungsi tubuh secara terus-menerus dan berlangsung lama seiring bertambahnya usia)  yang mengintai, seperti halnya:

Dimana penyakit-penyakit tersebut adalah biang kerok yang mempercepat penuaan dan merupakan penyebab kematian muda yang paling sering terjadi.

awet 1Proses penuaan bagai proses alami yang mutlak tidak dapat diubah. Namun, kini secercah harapan mulai terlihat dan menguak misteri penuaan pada tubuh manusia. Proses yang mendasari penuaan manusia diyakini karena pemendekan dari sebuah untaian tali genetik DNA manusia, bernama Telomer.

Sel manusia senantiasa membelah atau berduplikasi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Nah, setiap sel yang berduplikasi dipercaya mengakibatkan telomer menjadi semakin pendek. Jadi semakin tua seseorang dan semakin banyak duplikasi sel yang terjadi, maka telomer akan semakin pendek. Pemendekan telomer ini akan berujung pada penuaan dan pada akhirnya kematian.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Ameriksa Serikat, pola hidup sehat ternyata dapat memperpanjang telomer. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pemendekan telomer berhubungan dengan penuaan. Walalupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil penelitian yang sudah ada, namun tentu hasil penelitian ini memberikan kunci awal bagaimana tetap awet muda dan sehat.

Meskipun proses penuaan mutlak terjadi dan kita tidak dapat menghindarinya, hal yang dapat Anda lakukan adalah menunda penuaan tersebut dengan melakukan beberapa kiat berikut ini:

Kebiasaan Awet Muda#1: Konsumsi Sayur dan Buah

  • Para ahli berpendapat bahwa antioksidan dapat mencegah kerusakan sel.  Sumber antioksidan didapat dari dalam tubuh manusia(endogen) dan di luar tubuh manusia(eksogen). namun seiring bertambahnya usia, maka kemampuan tubuh untuk memproduksi sendiri  antioksidan berkurang sampai 70 persen. Dan tidak cukup mampu mencegah kerusakan sel. akibatnya fungsi tubuh berkurang rata- rata sebanyak 1 persen per tahun, dimulai dari usia 35 tahun.  Karena antioksidan endogen ini semakin berkurang, maka diperlukan sumber antioksidan di luar tubuh( eksogen) yaitu yang banyak terdapat pada sayur dan buah,

Orang-orang yang mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur terbukti memliki risiko terkena penyakit kronis yang paling rendah. Mereka dapat menjaga berat badan mereka sehingga dapat hidup lebih panjang.

Buah dan sayur memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi serta nutrisi tinggi. Konsumsilah beberapa sayur dan buah, dalam beragam warna secara rutin setiap hari. Sebagai anjuran, konsumsilah buah dan sayuran segar lebih dari 2.5 ukuran gelas penuh setiap hari sebagai pendukung tercapainya hidup sehat. Anda juga boleh mengkonsumsi produk suplemen Antioksidan yang sangat recommended seperti Apple Stem cell dan Biogold sebagai sumber antioksidan eksogen. Anda bisa membaca artikel saya tentang manfaat antiaging, Apple Stem cell, dan Biogold.

kulit 8asc gold

Kebiasaan Awet Muda #2: Konsumsi Omega-3

Omega-3 yang dinamakan EPA (eicosapentaenoic) dan DHA (docosahexaenoic) merupakan suatu bentuk nutrisi yang berfungsi baik untuk mencegah penuaan.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di JAMA( the Journal of the American Medical Association) menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki kandingan EPA dan DHA yang tinggi di dalam tubuh memiliki risiko terkena penyakit jantung yang paling rendah serta penuaan kromosom yang lambat.

EPA dan DHA dapat ditemukan di ikan salmon, tuna, sardin, dan lainnya. Bila Anda tidak suka dengan seafood, Anda pun dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung EPA dan DHA.

awet 2

Kebiasaan Awet Muda #3: Bergeraklah!

Tidak aktif dan berkuranganya masa otot bersamaan dengan proses bertambahnya umur dapat mempercepat proses penuaan. Proses penuaan otot ini dapat diperlambat dengan tetap aktif. Jalan di pagi hari merupakan suatu bentuk kegiatan yang sangat baik, bergerak aktiflah selama beberapa menit hingga jam setiap harinya.

aerobics class in a gym

aerobics class in a gym

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin