Sering sekali kita membaca berita ataupun mendengar terjadinya kasus:

  • Meninggalnya seseorang ketika berada di dalam mobil yang menyala, dengan AC dihidupkan, dan jendela ditutup.

  • atau saat lebaran tahun ini, puluhan orang ditemukan tewas dalam kendaraan yang terjebak macet.

Beberapa kejadian ini saya kutip dari surat kabar online:

  • Judul surat kabar,” 12 Orang Meninggal Dunia Akibat Macet Horor di Brebes.
  • Kejadian tanggal 3 Juli 2016. Azizah, balita baru berumur 1,4 tahun meninggal akibat terjebak macet dan saat itu AC mobil hidup lebih dari 6 jam. Azizah meninggal dalam perjalanan ke puskesmas Tanjung
  • Kejadian tanggal 5 Juli 2016 sekitar pukul 06.30 WIB. Rizaldi Wibowo (17) asal Kendal meninggal dalam bus yang terjebak macet.
  • Kejadian tanggal 5 juli 2016, sekitar pukul 06.30 WIB. Suhartiningsih (49) meninggal dalam mobil pribadi.
  • Tragis benar nasib satu keluarga yang menumpang mobil Daihatsu Grandmax BD 1821 AH ini. Saat bermalam di mobil yang ditepikan di Jalan Bekasi Barat, Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur, mereka ditemukan sudah tak bernyawa lagi.
    • 3 orang dalam 1 keluarga itu, ditemukan tewas di dalam mobil dengan mesin yang menyala, AC mobil dihidupkan, pintu mobil dalam keadaan tertutup, dan Jendela mobil dalam keadaan tertutup.
  • Sepasang kekasih ditemukan sudah tidak bernyawa di dalam kendaraan di garasi rumah saudaranya. Dilaporkan The Patriot News, kondisi kontak mobil saat itu masih menyala tapi mobil kehabisan bensin.

Karena penulis sering membaca berita-berita tersebut, maka ditulislah artikel ini, untuk mengingatkan para pembaca agar tidak kehilangan nyawa atau mati konyol di dalam mobil atau di tempat lain.

Oke, mari kita baca artikel ini sampai selesai 😛

Kira-kira siapa pembunuhnya??.. 😯

Ternyata pembunuh atau penyebab utama kematian mereka semua adalah keracunan gas karbon monoksida (unsur kimia-nya, CO).

Gas CO / Gas karbon monoksida ini adalah suatu gas yang cukup banyak mengakibatkan kematian dari udara. Pada kasus di atas, sumber gas karbon monoksidanya adalah dari asap knalpot kendaraan bermotor.

karbon monoksida 5

Contoh kasusnya adalah: Seseorang ditemukan meninggal mendadak di dalam mobil.

Anggapan orang awam: Karena orang tersebut di dalam mobil, menyalakan mesin mobil, dan menghidupkan AC yang membuat orang tersebut meninggal.

Sebenarnya perlu diluruskan: Bukan karena mobil itu berhenti, kemudian AC nyala, Ventilasi tertutup. Tetapi itu dikarenakan adanya proses pembakaran yang tidak sempurna yaitu dari asap knalpot ⇒lalu ada kebocoran ⇒ masuk ke dalam mobilnya.

Dan karena gas karbon monoksida ini tidak berbau, tidak terlihat, dan tidak berwarna,  sehingga orang tersebut tidak sadar/ merasa telah terpapar dan menghirup gas karbon monoksida yang beracun ini dalam waktu yang lama. Saat dia tertidur, tiba-tiba bangun, sudah keracunan, lemas, tidak mendapat pertolongan ⇒Meninggal.

Intinya adalah ruangan tertutup, tidak ada ventilasi sama sekali. Sehingga di dalam mobil yang tertutup, jika ada kebocoran dari asap knalpot yang mengandung gas karbon monoksida MASUK ke dalam mobil ⇒Orang tersebut tidak sadar telah menghirup gas karbon monoksida dalam waktu lama ⇒ orang tersebut akan mati lemas.

Jadi Jika mobil yang mengalami kebocoran asap knalpot itu berhenti, Penumpang di dalam juga menyalakan mesin, AC nyala , dan menutup jendela/pintu ⇒ Akan beresiko kehilangan nyawa di dalam mobil, karena karbon monoksidanya terkonsentrasi di suatu tempat, tidak ada ventilasi, sehingga kadarnya menjadi tinggi dan  sangat membahayakan.


*Apakah karbon monoksida itu??

♥ Karbon monoksida adalah gas yang terbentuk ketika terjadi pembakaran yang tidak selesai atau sempurna.

♥ Sumber karbon monoksida tidak hanya berasal dari asap knalpot kendaraan bermotor saja, tetapi juga bisa dari kompor gas, water heater (pemanas air), genset/diesel (gas dari jenset), cerobong asap rumah, pembakaran kayu, asap tembakau/ rokok.

♥ Gas Karbon monoksida tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak terasa. Sehingga orang tidak sadar telah menghirup gas beracun ini dalam waktu yang lama.

*Bagaimana caranya, Gas karbon monoksida dalam jumlah berbahaya dapat membunuh kita??

♥ Saat kita bernafas dengan menghirup karbon monoksida, maka karbon monoksida akan masuk ke paru-paru dan mengikat hemoglobin pada sel darah merah.

  • Hemoglobin adalah  protein di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

karbon monoksida 2

Permasalahannya adalah hemoglobin di dalam sel darah merah lebih mudah terikat (Lihat di gambar= menancap) pada karbon monoksida dibanding oksigen. Sehingga jika jumlah karbon monoksida meningkat, maka akan mengakibatkan jumlah oksigen yang terikat berkurang,⇒ dan akan terjadi kekurangan oksigen atau hipoksia ⇒ Jika otak tidak lagi memperoleh oksigen yang cukup, karbon monoksida akan menyebabkan : Tidak sadarkan diri, koma, kerusakan otak permanen dan kematian.


* Kenapa Macet parah bisa membunuh kita??

♥ Selain dari faktor dehidrasi, kondisi badan tidak fit, ternyata faktor utama kenapa macet parah bisa membunuh para pemudik adalah karena keracunan gas karbon monoksida (CO).

Mesin mesin stasioner seperti genset, ataupun mobil dalam keadan diam/tidak melaju, dan mesin hidup akan menimbulkan bahaya sendiri. Mobil yang dalam keadaan berhenti tapi mesin hidup maka semburan gas buangnya (asap dari knalpotnya yang mengandung gas karbon monoksida) akan terkonsentrasi di suatu lokasi.

Karena terkumpul disuatu lokasi maka jumlah kandungan karbon monoksida di lokasi tersebut akan meningkat. Orang yang terjebak macet disuatu lalu lintas terkunci, selama berjam jam akan bernafas di lingkungan penuh karbon monoksida. Apalagi jika mobil yang terjebak macet itu jumlahnya ratusan, maka pengemudi dan penumpang akan terus menerus memasukkan udara tekontaminasi CO ke dalam paru parunya. Jumlah CO dalam darah meningkat dan akhirnya keracunan dan mengakibatkan kematian.


*Apa gejala-gejalanya seseorang mulai keracunan gas karbon monoksida??

♥ Gejala-gejalanya mencakup sakit kepala, mengantuk, lesu, pusing, mual, bingung, penglihatan kabur, serta penurunan kesadaran /pingsan—dan dalam kasus-kasus yang parah: denyut nadi menjadi lemah, koma, dan gagal fungsi pernapasan/ sesak nafas.

karbon monoksida 1


*Pertolongan Apa yang seharusnya dilakukan, jika seseorang dicurigai keracunan gas karbon monoksida??

♥Jika Anda atau seseorang yang bersama dengan Anda terdapat tanda-tanda atau gejala dari keracunan karbon monoksida, seperti: sakit kepala, pusing, mual, sesak napas, kelemahan, kebingungan, sesak nafas, penurunan kesadaran, maka:

  1. Segera bawa orang tersebut, MENJAUH dari Tempat yang dicurigai mengandung kadar gas karbon monoksida tinggi  ke tempat dengan udara segar dan Ventilasi terbuka.
  2. Telepon ambulans atau pertolongan medis darurat.

*Bagaimana Cara Mencegah Keracunan Gas Karbon Monoksida??

  • Sediakan alarm karbon monoksida yang akan memberi tahu secara otomatis jika kadar gas tersebut tinggi yang dipasang di setiap tempat dengan resiko tinggi terpapar gas karbon monoksida misalnya kamar yang terpasang peralatan gas, genset, water heater (pemanas air), perapian,  dan garasi mobil.
  • karbon monoksida 3
  • Selain itu bisa juga dengan selalu membuka akses sirkulasi udara pada ruangan-ruangan tersebut sehingga udara segar dapat masuk dan menggantikan gas karbon monoksida (CO).
  • Buka pintu garasi sebelum menyalakan mesin mobil Anda. Jangan pernah membiarkan mobil Anda menyala di garasi yang tertutup.
  • Periksakan mobil Anda ke bengkel; Apakah ada kebocoran/ masalah di pembuangan asap knalpol??,

    Misalnya apakah ada ruangan renggang/ BOLONG-BOLONG yang terdapat pada lapisan seng atau baja pada pipa di bawah AC yang memang banyak selang dan kabel.

    Selain itu, periksa juga pada sambungan dekat gas dan kopling. Untuk memastikan tidak ada kebocoran asap knalpot yang bisa masuk ke dalam mobil melalui sela-sela yang bolong tadi.

  • Buka sedikit Jendela Mobil Anda, saat Anda ingin tidur di dalam mobil yang ber-AC dan dalam keadaan berhenti. KENAPA??

+♥+) Menurut pakar otomotif, Didi Hardianto, tak benar bila penyebab seseorang mati di dalam mobil hidup karena keracunan gas dari AC yang juga menyala. Justru, kata dia, kematian itu karena kandungan gas karbon monoksida yang dikeluarkan dari asap kendaraan (asap knalpot) tersebut menyusup masuk pada sela-sela mobil.

JADI asap knalpot yang masuk itulah yang menyebabkan kematian. Asap yang masuk kemudian diputar dalam ruangan ber-AC yang sirkulasinya terbatas (karena jendelanya juga ditutup) tentu akan membuat orang yang menghirupnya lama-lama tidak tahan/ meninggal.

karbon monoksida 4

  • Periksalah semua peralatan memasak secara teratur dengan memanggil pakarnya. Jika nyala api gas berwarna kuning dan bukannya biru, anggaplah itu sebagai peringatan akan adanya pembakaran yang tidak normal dan kemungkinan emisi karbon monoksida.
  • HINDARI PAPARAN ASAP ROKOK. Hati-hati asap rokok juga mengandung karbon monoksida. Berhentilah meracuni diri sendiri, apalagi sesama.

🙂

 

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin