Kanker .. Penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja. Bahkan Presenter kesehatan seperti dr.Ryan Thamrin baru saja meninggal dunia karena penyakit satu ini. Yaitu kanker. Tepatnya kanker otak. Menurut berita, diagnosa ini baru diketahui 1 minggu sebelumnya.

Saya akan berikan prinsip dasar mengenai kanker yang sering ditanyakan masyarakat awam. Dan ini juga berlaku untuk kanker apa saja, termasuk kanker otak.

1. Apa itu Kanker ??

♥ Kanker adalah suatu penyakit di mana terjadi pertumbuhan abnormal dari sel.

Dalam keadaan normal, sel yang mati dan tumbuh dalam keadaan seimbang. TETAPI pada kanker: Terjadi “excess”atau berlebih.

Jadi pada kanker terjadi: sel yang tumbuh lebih banyak daripada sel yang mati.. kita sebut pertumbuhan yang abnormal.

Lokasinya bisa di mana saja, termasuk di otak. Kita sebut kanker otak. Disebut kanker otak artinya adalah tumor ganas yang berada di otak.

2. Apa Perbedaan antara tumor dan kanker ??

♥ Sebenarnya SEMUA benjolan yang tidak normal di tubuh kita, disebut tumor

Tetapi berdasarkan mekanisme atau proses yang terjadi nanti, benjolan itu tumbuh menjadi 2 hal yang berbeda:

  • TUMOR JINAK
  • dan TUMOR GANAS

TUMOR GANAS itulah yang kita sebut sebagai KANKER

3. APA BEDANYA TUMOR JINAK dengan TUMOR GANAS yang kita sebut sebagai KANKER ??

♥ 1. Kalau Tumor jinak, dia tumbuh di dalam suatu kapsul. Jadi ada batas antara jaringan yang normal dengan jaringan yang tidak normal. Sehingga kalau di angkat atau dilakukan operasi pengangkatan Selesai (Beres).

Sedangkan kanker atau tumor ganas, biasanya sangat sulit untuk dilihat, mana batas antara jaringan yang sehat dengan jaringan tumor (abnormal).

Sehingga walaupun tumor ganas itu kecil (misalnya ukuran hanya 2 cm) tetap harus diangkat lebih besar sampai jaringan sehat di sekitarnya pun juga diangkat untuk lebih memastikan tumor ganas itu terangkat semua.

Tumor jinak sekali diangkat, biasanya tidak kambuh lagi (beres). Beda dengan tumor Ganas, kemungkinan untuk kambuh lebih besar.

2. Perbedaan/ prinsip yang ke 2 adalah:

  • Tumor Jinak: Kalau selnya terlepas di pembuluh darah, dia tidak mempunyai kemampuan kemampuan untuk hidup di tempat lain (apakah di liver/hati, tulang, paru, atau pun di otak), Tetapi BEDA dengan kanker atau tumor ganas.
  • Tumor Ganas atau kanker : Jika selnya terlepas di pembuluh darah, DIA MEMPUNYAI KEMAMPUAN untuk hidup di tempat lain (bisa di liver/hati, tulang, paru, otak, dan lain-lain), Itulah yang disebut proses metastasis atau anak sebar.
  • Karena itu, sering kali kanker payudara dapat bermetastasis atau menyebar ke paru-paru. Jadi organ paru-paru dapat terkena kanker juga. Bahkan bisa menyebar sampai ke tulang, liver/hati, otak, dan tempat lainnya.
  • Itulah sebabnya, kanker memberikan dampak yang sangat buruk terhadap kehidupan seseorang dan berujung kematian.

3. Apakah kanker itu menyakitkan ?? Apa saja keluhan atau gejala-gejalanya?

♥ Kanker menyakitkan atau tidak, itu tergantung:

  • pertama : Lokasinya di mana ??
  • kedua : Ukurannya seperti apa ??

♥ Jadi kalau lokasi dari benjolan kanker itu di daerah yang tidak menyinggung kanan dan kiri organ ⇒Dia bisa tumbuh tanpa keluhan. Sampai suatu saat dia bersinggungan dengan organ sekitarnya, barulah akan memberikan keluhan.

♥ Pada awalnya, kanker itu keluhannya sangat minimal seperti penyakit biasa, flu, dan batuk. KITA HARUS WASPADA jika keluhan atau gejala-gejala seperti: sakit kepala, flu, batuk, diare, dan lain-lain, menjadi tidak sembuh-sembuh dengan pengobatan biasa. JANGAN-JANGAN itu KANKER.

♥ Pada kasus kanker otak, biasanya gejala yang dialami, adalah:

  • Sakit kepala yang tidak tertahan dan berkelanjutan.
  • Kelelahan berlebihan dan mudah mengantuk.
  • Muntah-muntah yang terjadi secara mendadak dan tanpa alasan yang jelas.
  • Epilepsi atau kejang-kejang.
  • Mudah lupa, marah, mengantuk, atau acuh.
  • Kehilangan sebagian penglihatan atau pendengaran.
  • Gangguan berjalan dan berbicara.
  • Perubahan kepribadian, seperti perilaku abnormal dan tidak seperti karakter biasanya.

Gejala kanker otak bermacam-macam tergantung dari ukuran, letaknya dan seberapa cepat perkembangannya di otak. Gejala yang terjadi adalah akibat keberadaan tumor yang menekan otak atau akibat tumor menghalangi suatu bagian otak untuk berfungsi seperti biasanya.

Hampir semua aktifitas/ fungsi tubuh dikendalikan oleh otak, jadi gejalanya juga cukup luas. Tetapi tidak semua gejala akan terjadi. Bahkan kanker sendiri bisa jadi tidak bergejala atau orang tersebut tidak menyadarinya.

Sampai suatu hari, dia mengalami keluhan, dan baru diperiksa oleh dokter. Ternyata sudah ada kanker di tubuhnya.

4. Kenapa Orang Bisa terkena Kanker ??

♥ Kalau ditanya kenapa orang terkena kanker… Tidak ada yang bisa menjawab. Tetapi kalau ditanya: Bagaimana seseorang menjauhkan diri dari kemungkinan terkena kanker ?? Atau Bagaimana agar seseorang tidak terkena kanker ?? Barulah kita bisa mendiskusikan tentang Faktor Resiko.

Faktor Resiko utama dari kanker adalah tergantung dari Pola Hidup Sehat.

Ingat: Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Budidaya hidup sehat akan menjauhkan kita dari kemungkinan terjadinya kanker.

Pola Hidup Sehat yang dianjurkan oleh WHO secara sederhana, yaitu:

  1. Cegah Infeksi
  2. Hindari Tembakau atau rokok
  3. Hidup seimbang, jadi cukup olahraga, dan sebagainya.

Kalau kita jabarkan lebih luas lagi, sebenarnya bisa dibagi lagi:

  1. Hindari stress. Karena percuma.. Walaupun kita sudah berbuat apa saja, tetapi hidupnya penuh dengan stress maka akan terjadi imbalance (ketidak seimbangan) hormonal yang akhirnya akan memicu terjadinya kanker.
  2. Aktifitas seimbang. Jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga. Contoh sederhana: Biasakan pakai tangga daripada lift.
  3. Perhatikan Makanan. ♦ JAUHI alkohol, tembakau atau rokok, pengawet, pewarna, penyedap rasa atau MSG. ♦ Perbanyak konsumsi serat (sayur dan buah). ♦ Mulai dikurangi protein hewani yang dibudidaya. Jadi Back to nature, Bisa dianjurkan makan ikan, dan protein nabati: tempe, tahu.

Satu hal mengenai rokok atau tembakau. Rokok ini bukan hanya menyerang organ paru-paru saja, tetapi rokok memudahkan seseorang terkena kanker di berbagai organ tubuh juga. Jadi JANGAN MEROKOK.

5. Apakah kanker menular ??

♥ TIDAK, Kanker itu tidak menular. 

Ada beberapa jenis kanker, yang salah satu faktor resikonya diturunkan (genetik), misalnya pada retinoblastoma (tumor  mata yang biasanya terjadi pada anak-anak), kanker payudara

Di mana seseorang bisa mengandung atau didapatkan di tubuhnya ada Gen (Gen adalah pengatur kehidupan sel dan diturunkan dari orang tuanya) Tetapi bukan berarti kalau seseorang membawa gen itu, pasti terkena kanker.

Karena proses terjadinya kanker bukan proses sederhana. Dalam arti diperlukan beberapa attack atau beberapa kali kerusakan kanker (multi step procces) baru kanker itu terjadi. sedangkan gen yang diturunkan tadi hanya 1 hal. Jadi dia menunggu.

Kalau tidak ada faktor lain yang terjadi, maka kanker itu tidak terjadi. Sehingga yang harus dilakukan adalah bila kita tahu riwayat keluarga kita banyak atau ada yang terkena kanker, maka kita harus benar-benar membudidayakan pola hidup sehat.

Jadi kanker itu bukan tanggung jawab sepenuhnya dari tenaga medis, namun dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menghindari kanker, yaitu menjaga pola hidup sehat.

6. Ada Berapa jenis Kanker ??

♥ Secara umum, dibagi atas:

  1. Hematological, yaitu Kanker darah: misalnya leukimia, limfoma
  2. Solid, yaitu Kanker padat: Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki bisa terkena kanker ini.

Jika ditanya, berapa jenis kanker ?? Jawabannya ada banyak sekali. Segala usia, laki-laki dan perempuan bisa terkena kanker.

Pada kasus dr.Ryan Thamrin ini, yaitu kanker otak, termasuk kanker yang solid atau kanker padat. Jumlah penderita kanker otak di Indonesia sekitar 5000 orang yang terdata.

Yang tertinggi di Indonesia adalah: kanker payudara, kanker cervix (mulut rahim), kanker paru-paru, kanker nasofaring, kanker hati (liver). Kanker cervix (mulut rahim) adalah satu-satunya kanker yang bisa dicegah dengan vaksin. Biasanya vaksin tersedia di klinik atau praktek dokter. Sangat dianjurkan.

kanker 1

7. Ada berapa stadium kanker ??

♥ Mengenai stadium kanker, tergantung dari jenis kankernya. Tetapi secara umum, dibagi atas:

  1. STADIUM DINI
  2. STADIUM LANJUT LOKAL
  3. STADIUM LANJUT

Atau pembagian lain, misalnya:

  1. STADIUM DINI itu STADIUM 1
  2. STADIUM LOKAL itu STADIUM 2 dan STADIUM 3
  3. STADIUM LANJUT itu STADIUM 4 yang biasanya ditandai dengan sudah adanya metastasis atau anak sebar di tempat lain. Misalnya, kanker payudara sudah menyebar ke paru-paru, ke tulang, bahkan ke otak. Kanker mulut rahim bisa menyebar sampai ke paru-paru, tulang, dan tempat lain. Atau kanker otak bisa juga metastasis ke organ lain.

Stadium dini atau stadium 1, biasanya tumor masih terbatas secara lokal.

8. Bagaimana memulai strategi pengobatan pada pasien kanker??

♥ Untuk memulai strategi pengobatan, Stadium kanker harus ditetapkan dulu baru diobati. Misalnya: kanker payudara. Stadium berapa ??

Untuk menentukan stadium dari kanker payudara, bukan hanya di payudaranya saja, tetapi diperiksa juga daerah-daerah yang biasa dihinggapi oleh kanker tersebut (bermetastasis atau menyebar) , misalnya: periksa juga Hati/liver, paru-paru, tulang.

Ada pemeriksaan-pemeriksaan standart yang harus dilalui. Setelah ditentukan stadium dari kanker itu, barulah kita menentukan strategi pengobatan.

Stategi pengobatan pada kanker ini, pilar yang besar ada 3:

  1. Sesuatu yang berbau bedah.
  2. Sesuatu yang sifatnya terapi sistemik (Pengobatan yang mengenai seluruh badan, misalnya kemoterapi, targeting terapi, hormonal terapi)
  3. Yang berbau radiasi, Yaitu menggunakan sinar peng-ion.

Kapan digunakan 1, atau 2, dan 3 ??

♥ Tergantung stadiumnya, Tergantung jenis kankernya, tergantung  lokasi kankernya. Jadi tidak bisa dipaksakan, bahwa setiap pasien akan mendapatkan strategi pengobatan yang sama.

♥ Pesannya yang utama adalah:

  • Jika terdiagnosa kanker, maka cepatlah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan strategi pengobatan yang teruji dan tepat guna. Karena semakin cepat pasien kanker memulai pengobatan, maka prognosis atau perjalanan penyakitnya akan semakin gampang ditangani dan disembuhkan.
  • Lakukan kontrol atau follow up, karena kanker yang sudah diobati, dan dinyatakan sembuh pun,  dapat terjadi kekambuhan lagi, Maka sebaiknya memeriksakan diri paling tidak 1 tahun sekali sesuai petunjuk dokter yang menangani.

kanker 5

8. Kapan kanker itu bersifat fatal atau bisa menyebabkan kematian ??

♥ Yang pertama, yang berhubungan dengan stadium:

  • Semakin lanjut tingkat stadium, semakin rendah tingkat keberhasilan, di samping pengobatannya menjadi sangat mahal.

♥ Yang ke 2, adalah ketahanan pasien terhadap pengobatan kanker. Pasien  harus melalui pengobatan kanker yang berat, tetapi itu harus dilalui untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin bisa kita capai.

♥ Yang ke 3, adalah karena kanker ini sangat heterogen (bermacam-macam), sehingga ada beberapa jenis kanker yang tidak respons dengan berbagai macam strategi pengobatan yang kita berikan. Memang, perjalanan kanker lebih berat dibandingkan penyakit lain.


Baiklah, sekian dulu pertanyaannya. Terima kasih sudah membaca artikel di www.petunjuksehat.com ini sampai selesai.

Jadi sekali lagi : Kematian memang tidak bisa diduga. Bahkan orang yang terkenal sehat pun seperti dr.Ryan Thamrin dapat terdiagnosis kanker. Karena memang penyebabnya adalah multifaktor.

Tetapi tetap lebih baik kita mencegahnya dengan pola hidup sehat dan menjauhkan diri dari faktor resiko terkena kanker.

Artikel-artikel terkait mengenai kanker:

♥Kanker Payudara : Cara Periksa Payudara Sendiri

♥Petunjuk Supaya Tidak Terkena Kanker Serviks seperti yang dialami Jupe (Julia Perez). Pesan Penting dari Jupe untuk Semua Wanita

Apa itu Leukemia/Kanker Darah??

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin