Jerawat memang menyebalkan. Namun itu dapat menjadi tanda normal bagi Anda yang mengalami masa pubertas. Timbulnya jerawat saat pubertas diakibatkan lebih aktifnya kelenjar minyak (=Sebaceous Gland) mengeluarkan minyak atau sebum.

jerawat 12

Banyaknya jerawat di muka juga menandakan bahwa kita kurang mampu menjaga kebersihan muka. Tapi Tenang saja, Saya akan berikan solusi bagi permasalahan jerawat. Cukup ikuti 10 cara ampuh mengatasi jerawat di artikel ini + Saya tambahkan resep Obat yang biasa saya resepkan ke pasien. Tapi Untuk Antibiotik minum seperti Doxycyclin atau Clindamycin HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

Sebelum kita membahas artikel tentang 10 cara ampuh mengatasi jerawat + resep obatnya, ada baiknya kita mengetahui apa itu jerawat yang membuat kita gak PD.  ok. let’s start..

Apa itu jerawat??

Jerawat adalah suatu keadaan, bisa dibilang penyakit kulit di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Bagaimana terjadinya jerawat??

Langkah-langkah terjadinya jerawat dapat dijelaskan dengan mudah dari gambar-gambar berikut.

jerawat 10

 Pada gambar no.1 : Healthy follicle, yang terjadi adalah:

  • Struktur kulit dalam keadaan yang baik. Ductus Sebaceous (=saluran kelenjar minyak) tidak mengalami sumbatan, dan Glandula Sebaceous (=kelenjar minyak) tidak terlalu berlebihan atau aktif menghasilkan sebum.

Pada gambar no.2 : Duct clogged by death cell, sebum start accumulate, yang terjadi adalah:

  • Jerawat timbul karena kelenjar minyak (Sebaceous Gland) terlalu aktif atau berlebihan menghasilkan sebum
  • ditambah Tersumbatnya saluran kelenjar minyak (duct Clogged) itu bisa karena sel kulit mati (death cell), bercampur dengan debu, kotoran, bahkan kosmetik  Campuran itu membentuk sumbatan yang menjadi bintik hitam atau putih.

Pada gambar no.3 : Bacterial infection, inflammation triggered, pimple, yang terjadi adalah:

  • Apabila pori-pori itu tersumbat akibat tertumpuknya sel kulit mati serta debu atau kotoran + banyaknya sebum yang terperangkap ⇒ maka area itu akan ditumbuhi oleh bakteri yang biasanya ada di kulit, yaitu propionobacterium acne.
  • Bakteri yang biasanya ada di kulit yaitu propionobacterium acnecenderung berkembang biak di dalam kelenjar minyak yang tersumbat dengan memakan sebum. bakteri itu menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya, dan menghasilkan reaksi peradangan (inflammation) pada kulit. 

Pada gambar no.4 : Follicle Ruptures, pustule with fluid formed acnes, yang terjadi adalah:

  • Reaksi peradangan (Inflammation) pada kulit, akan mengakibatkan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan. Manifestasi dari bakteri yang menginfeksi area sebum adalah timbulnya pus atau nanah. Jika Jerawat yang terbentuk pecah atau dipencet, maka  akan menginfeksi dan menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Yang lebih parah apabila kuman bakteri itu tersebar ke area sekitar akan timbul jerawat-jerawat baru.

jerawat 12

Oke, Sampai di sini saya akan simpulkan kondisi yang memperparah jerawat :

  • 1.) Produksi kelenjar minyak yang berlebihan : bisa karena hormonal (stress, KB, Menstruasi, pubertas), tipe kulit yang memang  berminyak, makan makanan berlemak atau berminyak, misal: gorengan.
  • 2.) Sel kulit mati yang bercampur dengan debu, polusi, bisa juga kosmetik (terakumulasi) menimbulkan sumbatan pada ductus sebaceous (=saluran kelenjar minyak).
  • 3.) Bakteri yang ada di kulit seperti Popionobacterium Acne berkembang biak di dalam saluran kelenjar minyak yang tersumbat yang berisi sebum dan berbagai macam kotoran dari sel kulit mati, debu, polusi, dan lain-lain .
  • 4.)Kotoran yang dimaksud bisa bermacam-macam, misalnya jika kita sering menyentuh muka dengan tangan kotor, jarang ganti sarung bantal atau handuk, mencuci muka dengan air yang tidak steril, atau tidak bersih.

Nah, Sekarang kita akan membahas bagaimana 10 cara ampuh mengatasi jerawat yang bisa Anda praktikkan di rumah:

1. TIDUR Agak lama.. yaa 8-10 jam.. tujuannya untuk regenerasi kulit. atau mengistirahatkan kulit, resirkulasi. Agar peredaran darah atau oksigenasi ke kulit lebih bagus.

jerawat 22

2. Minum air putih 2,5 liter sehari. tujuannya agar kulit terairi, atau terhidrasi.

jerawat 23

3. Bersihkan muka dengan air matang atau air yang dapat diminum. Kenapa?? karena bakteri atau kandungan logam air yang dapat diminum itu minimal. Gunakan itu untuk mencuci muka. Bagaimana cara mencuci muka dengan baik dan benar saat berjerawat??

  • 1.bilas muka dulu dengan air yang dapat diminum,
  • 2.baru pakai sabun muka yang foam halus (JANGAN yang scrub atau ada butiran kasarnya),
  • 3.terus bilas lagi dengan air yang dapat diminum yaa, lebih baik bilas terakhir dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori,
  • 4.keringkan dengan tissue muka atau handuk yang lembut dan bersih.

jerawat 24

4. Hindari makan-makanan yang digoreng. Perbanyaklah makan sayur, dan buah-buahan.

jerawat 25

5. Olahraga minimal 30 menit sehari. Lebih baik pagi hari (sebelum jam 9 pagi). Sinar matahari pagi baik bagi kesehatan kulit dan tubuh.

jerawat 26

6. Tetap tenang, jangan stress, perbanyaklah berdoa. (Silakan baca artikel kami tentang Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Kita)

doa 3

7. Sebaiknya JANGAN DIPENCET-PENCET!!, apalagi jerawat yang merah/ radang/ bernanah.. Sudah tau alasannya khan.. (bisa menginfeksi atau membuat radang jaringan kulit sekitar, Bisa juga menimbulkan bopeng atau bekas jerawat yang besar). Untuk menghilangkan bekas jerawat, maka perlu penganganan yang lebih khusus. Boleh baca artikel kami tentang Cara Ampuh Mengatasi Pori-pori di Wajah, secara Tradisional dan Modern.

JERAWAT 20

8. Dilarang sering memegang muka dengan tangan (seringlah CUCI TANGAN, karena tangan banyak kumannya)

9. Hindari polusi atau debu yang mengenai muka. Cuci muka setelah bepergian, dan JANGAN LUPA bersihkan muka dari riasan atau kosmetik sebelum tidur.

10. Hindari juga sinar matahari yang terlalu terik (antara jam 9 pagi sampai jam 4 sore), karena dapat merusak kulit. Pakailah sunblock apabila keluar rumah saat terik matahari atau payung. 

jerawat 27

Sekarang sebagai pelengkap dari artikel ini, saya tambahkan resep obat yang biasa saya gunakan ke pasien yang berjerawat. Namun untuk penggunaan Antibiotik Minum, HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

Apa saja obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat??

  • Kalau saran saya, yang pasti lakukan 10 cara ampuh di atas yang bisa langsung Anda praktekkan. SETUJU khan.emo2
  • Saya biasa pakai zink untuk mengeringkan kulit bagi Anda yang tipe kulitnya berminyak. Dosis 1 x 20 mg (selama 10hari- 20 hari), tergantung kondisi jerawat, bisa diteruskan sampai 20 hari apabila masih berjerawat. Konsumsi sebelum tidur.

jerawat 28

  • Juga Vit A dalam bentuk softgel untuk mengurangi produksi minyak. Dosis 1 x 1 softgel  (Selama 10 hari – 20 hari) . Perhatian: tidak boleh untuk ibu hamil,  Anda juga harus  perbanyak minum air putih, paling tidak 2,5 liter per hari.
  • Antibiotik yang biasa saya gunakan yaitu doxycyclin 100 mg  1 x 1 caps ( selama 10 hari-20 hari)

Tanyakan dulu: apakah Anda punya riwayat alergi terhadap suatu obat.? Jika tidak berarti  antibiotik ini boleh digunakan.

  • Jika jerawatnya banyak yang bernanah, antibiotik saya ganti  dengan Clindamycin 300 mg  1 x 1  caps selama 7 hari- 10 hari. atau dosis terbagi, Clindamycin 150 mg 2 x 1 caps selama 7 hari-10 hari.
  • Bisa dioles/ bahasa kerennya ditotol krim antibiotik, atau krim jerawat, di bagian puncak jerawatnya.

jerawat 29

Baiklah, artikel 10 cara ampuh mengatasi jerawat + resep obat, sudah selesai. Semoga dapat memberi nilai tambah bagi pembaca sekalian. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya. Terima kasih.

Sebaiknya Anda juga baca artikel terkait di bawah ini.

jerawat 30

 ♥ Cara Ampuh mengecilkan pori-pori di wajah : Secara Tradisional dan Modern

 

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin