10 Cara Ampuh mengatasi jerawat+ Resep Obat

Jerawat memang menyebalkan. Namun itu dapat menjadi tanda normal bagi Anda yang mengalami masa pubertas. Timbulnya jerawat saat pubertas diakibatkan lebih aktifnya kelenjar minyak (=Sebaceous Gland) mengeluarkan minyak atau sebum.

jerawat 12

Banyaknya jerawat di muka juga menandakan bahwa kita kurang mampu menjaga kebersihan muka. Tapi Tenang saja, Saya akan berikan solusi bagi permasalahan jerawat. Cukup ikuti 10 cara ampuh mengatasi jerawat di artikel ini + Saya tambahkan resep Obat yang biasa saya resepkan ke pasien. Tapi Untuk Antibiotik minum seperti Doxycyclin atau Clindamycin HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

Sebelum kita membahas artikel tentang 10 cara ampuh mengatasi jerawat + resep obatnya, ada baiknya kita mengetahui apa itu jerawat yang membuat kita gak PD.  ok. let’s start..

Apa itu jerawat??

Jerawat adalah suatu keadaan, bisa dibilang penyakit kulit di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Bagaimana terjadinya jerawat??

Langkah-langkah terjadinya jerawat dapat dijelaskan dengan mudah dari gambar-gambar berikut.

jerawat 10

 Pada gambar no.1 : Healthy follicle, yang terjadi adalah:

  • Struktur kulit dalam keadaan yang baik. Ductus Sebaceous (=saluran kelenjar minyak) tidak mengalami sumbatan, dan Glandula Sebaceous (=kelenjar minyak) tidak terlalu berlebihan atau aktif menghasilkan sebum.

Pada gambar no.2 : Duct clogged by death cell, sebum start accumulate, yang terjadi adalah:

  • Jerawat timbul karena kelenjar minyak (Sebaceous Gland) terlalu aktif atau berlebihan menghasilkan sebum
  • ditambah Tersumbatnya saluran kelenjar minyak (duct Clogged) itu bisa karena sel kulit mati (death cell), bercampur dengan debu, kotoran, bahkan kosmetik  Campuran itu membentuk sumbatan yang menjadi bintik hitam atau putih.

Pada gambar no.3 : Bacterial infection, inflammation triggered, pimple, yang terjadi adalah:

  • Apabila pori-pori itu tersumbat akibat tertumpuknya sel kulit mati serta debu atau kotoran + banyaknya sebum yang terperangkap ⇒ maka area itu akan ditumbuhi oleh bakteri yang biasanya ada di kulit, yaitu propionobacterium acne.
  • Bakteri yang biasanya ada di kulit yaitu propionobacterium acnecenderung berkembang biak di dalam kelenjar minyak yang tersumbat dengan memakan sebum. bakteri itu menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya, dan menghasilkan reaksi peradangan (inflammation) pada kulit. 

Pada gambar no.4 : Follicle Ruptures, pustule with fluid formed acnes, yang terjadi adalah:

  • Reaksi peradangan (Inflammation) pada kulit, akan mengakibatkan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan. Manifestasi dari bakteri yang menginfeksi area sebum adalah timbulnya pus atau nanah. Jika Jerawat yang terbentuk pecah atau dipencet, maka  akan menginfeksi dan menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Yang lebih parah apabila kuman bakteri itu tersebar ke area sekitar akan timbul jerawat-jerawat baru.

jerawat 12

Oke, Sampai di sini saya akan simpulkan kondisi yang memperparah jerawat :

  • 1.) Produksi kelenjar minyak yang berlebihan : bisa karena hormonal (stress, KB, Menstruasi, pubertas), tipe kulit yang memang  berminyak, makan makanan berlemak atau berminyak, misal: gorengan.
  • 2.) Sel kulit mati yang bercampur dengan debu, polusi, bisa juga kosmetik (terakumulasi) menimbulkan sumbatan pada ductus sebaceous (=saluran kelenjar minyak).
  • 3.) Bakteri yang ada di kulit seperti Popionobacterium Acne berkembang biak di dalam saluran kelenjar minyak yang tersumbat yang berisi sebum dan berbagai macam kotoran dari sel kulit mati, debu, polusi, dan lain-lain .
  • 4.)Kotoran yang dimaksud bisa bermacam-macam, misalnya jika kita sering menyentuh muka dengan tangan kotor, jarang ganti sarung bantal atau handuk, mencuci muka dengan air yang tidak steril, atau tidak bersih.

Nah, Sekarang kita akan membahas bagaimana 10 cara ampuh mengatasi jerawat yang bisa Anda praktikkan di rumah:

1. TIDUR Agak lama.. yaa 8-10 jam.. tujuannya untuk regenerasi kulit. atau mengistirahatkan kulit, resirkulasi. Agar peredaran darah atau oksigenasi ke kulit lebih bagus.

jerawat 22

2. Minum air putih 2,5 liter sehari. tujuannya agar kulit terairi, atau terhidrasi.

jerawat 23

3. Bersihkan muka dengan air matang atau air yang dapat diminum. Kenapa?? karena bakteri atau kandungan logam air yang dapat diminum itu minimal. Gunakan itu untuk mencuci muka. Bagaimana cara mencuci muka dengan baik dan benar saat berjerawat??

  • 1.bilas muka dulu dengan air yang dapat diminum,
  • 2.baru pakai sabun muka yang foam halus (JANGAN yang scrub atau ada butiran kasarnya),
  • 3.terus bilas lagi dengan air yang dapat diminum yaa, lebih baik bilas terakhir dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori,
  • 4.keringkan dengan tissue muka atau handuk yang lembut dan bersih.

jerawat 24

4. Hindari makan-makanan yang digoreng. Perbanyaklah makan sayur, dan buah-buahan.

jerawat 25

5. Olahraga minimal 30 menit sehari. Lebih baik pagi hari (sebelum jam 9 pagi). Sinar matahari pagi baik bagi kesehatan kulit dan tubuh.

jerawat 26

6. Tetap tenang, jangan stress, perbanyaklah berdoa. (Silakan baca artikel kami tentang Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan Kita)

doa 3

7. Sebaiknya JANGAN DIPENCET-PENCET!!, apalagi jerawat yang merah/ radang/ bernanah.. Sudah tau alasannya khan.. (bisa menginfeksi atau membuat radang jaringan kulit sekitar, Bisa juga menimbulkan bopeng atau bekas jerawat yang besar). Untuk menghilangkan bekas jerawat, maka perlu penganganan yang lebih khusus. Boleh baca artikel kami tentang Cara Ampuh Mengatasi Pori-pori di Wajah, secara Tradisional dan Modern.

JERAWAT 20

8. Dilarang sering memegang muka dengan tangan (seringlah CUCI TANGAN, karena tangan banyak kumannya)

9. Hindari polusi atau debu yang mengenai muka. Cuci muka setelah bepergian, dan JANGAN LUPA bersihkan muka dari riasan atau kosmetik sebelum tidur.

10. Hindari juga sinar matahari yang terlalu terik (antara jam 9 pagi sampai jam 4 sore), karena dapat merusak kulit. Pakailah sunblock apabila keluar rumah saat terik matahari atau payung. 

jerawat 27

Sekarang sebagai pelengkap dari artikel ini, saya tambahkan resep obat yang biasa saya gunakan ke pasien yang berjerawat. Namun untuk penggunaan Antibiotik Minum, HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

Apa saja obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat??

  • Kalau saran saya, yang pasti lakukan 10 cara ampuh di atas yang bisa langsung Anda praktekkan. SETUJU khan.emo2
  • Saya biasa pakai zink untuk mengeringkan kulit bagi Anda yang tipe kulitnya berminyak. Dosis 1 x 20 mg (selama 10hari- 20 hari), tergantung kondisi jerawat, bisa diteruskan sampai 20 hari apabila masih berjerawat. Konsumsi sebelum tidur.

jerawat 28

  • Juga Vit A dalam bentuk softgel untuk mengurangi produksi minyak. Dosis 1 x 1 softgel  (Selama 10 hari – 20 hari) . Perhatian: tidak boleh untuk ibu hamil,  Anda juga harus  perbanyak minum air putih, paling tidak 2,5 liter per hari.
  • Antibiotik yang biasa saya gunakan yaitu doxycyclin 100 mg  1 x 1 caps ( selama 10 hari-20 hari)

Tanyakan dulu: apakah Anda punya riwayat alergi terhadap suatu obat.? Jika tidak berarti  antibiotik ini boleh digunakan.

  • Jika jerawatnya banyak yang bernanah, antibiotik saya ganti  dengan Clindamycin 300 mg  1 x 1  caps selama 7 hari- 10 hari. atau dosis terbagi, Clindamycin 150 mg 2 x 1 caps selama 7 hari-10 hari.
  • Bisa dioles/ bahasa kerennya ditotol krim antibiotik, atau krim jerawat, di bagian puncak jerawatnya.

jerawat 29

Baiklah, artikel 10 cara ampuh mengatasi jerawat + resep obat, sudah selesai. Semoga dapat memberi nilai tambah bagi pembaca sekalian. Nantikan artikel-artikel kami selanjutnya. Terima kasih.

Sebaiknya Anda juga baca artikel terkait di bawah ini.

jerawat 30

 ♥ Cara Ampuh mengecilkan pori-pori di wajah : Secara Tradisional dan Modern

 

43 Comments

  1. Kalau saya ada alergi penicilin bagaimana? Jerawat saya besar dan memerah. type kulit berminyak dan sensitif terhadap kosmetik yang tebal atau debu. Obat minum apa yang harus saya konsumsi. Kalau obat luar saja rasanya sudah gak mempan. Terimakasih atas jawabannya.

    • Trims bu Sarah untuk pertanyaannya. Jika ada alergi penicillin, berarti hindari antibiotik golongan penicillin. Nama generik dari antibiotik golongan cillin adalah yang nama belakangnya menggunakan akhiran – cillin. Sekali lagi untuk antibiotik harus menggunakan resep dokter. Baiknya jika ada komplikasi kulit seperti jerawat besar dan memerah, dilakukan perawatan dokter, bisa spesialis kulit atau estetika. Bisa ditanyakan bgmn sebaiknya penggunaan kosmetik apabila sensitif. Trims. Untuk saat ini penggunaan kosmetik sebaiknya dihentikan dulu, dan segera lakukan perawatan kulit oleh ahlinya

  2. Dok, sy tinggal di luar negeri yg ga ada klinik estetika harga terjangkau spt di Indonesia dan banyak teman menyarankan perawatan bahan alami spt tomat, avocado dan lainnya. Juga ada saran untuk mengoleskan aspirin. Gimana ya dok?

    • Saya pikir, masker wajah dari buah-buahan relatif lebih aman dipakai dibanding aspirin. Namun kandungan aspirin seperti salysilic acid dan anti radang, memang bisa dipakai untuk mengatasi jerawat, dan mengecilkan pori-pori. Tetapi lebih berisiko untuk alergi. Kalau mau menggunakannya, PASTIKAN ANDA TIDAK ALERGI. Coba oleskan dulu dibagian belakang leher/tengkuk, atau belakang telinga. jika ada gatal, panas, merah, atau bahkan perih/nyeri, BERARTI ANDA ALERGI DAN TIDAK BOLEH OLESKAN. Terimakasih, semoga cukup jelas.

  3. Hallo dok ..
    Bbrpa bulan trakhir ada jerawat dii sekitar pori-pori atas bibir (tmpat tmbuh kumis) itu bagaimana cara cepat menghilangkan nya ?

    Terimakasih.

    • Biasanya untuk jerawat, krim yg bagus kandungannya kombinasi clindamycin dengan tretinoin plus byk minum air putih. Tidur lebih lama 8-10 jam. Bisa baca artikel sekali lagi di kolom Pencarian Artikel ketik jerawat. Trims

  4. Dok wktu itu saya pernah coba kpsul clindamyicin 300mg, tnggorokan saya rasa ny terbakar , slama 1 minggu radang tnggrokan, jerawat saya ngk pernah hilang2 dri smp? , solusi ny gmna y dok?trmksih

  5. dok, clindamycin dikonsumsi 1x1hari 300mg ya?
    apa bnr kalau konsumsinya hrs pada jam yg sama, misalnya hari ini konsumsi jam 8 malam, bsknya dan seterusnya jg harus jam 8 malam? saya meminta saran konsumsi clindamycin dok. teriimakasih banyak sebelumnya:)

    • Untuk nday. Saya sarankan jika konsumsi antibiotik baik oral maupun suntik harus menggunakan resep dokter. Karena disesuaikan dengan riwayat pasien dan keluhan yang dilihat. Mohon maaf.? Tetapi trims sudah minta saran.

  6. Dok jerawat saya bernanah dan setiap setelah cuci muka pasti nanahnya keluar , pecah dengan sendirinya . Tp jerawatnya tidak sembuh2. Saya sudah konsumsi clindamycin 2 hari , biasanya jerawat bisa sembuh dn clindamycin itu selama brp hari ya dok ?

    • Baiknya Anda jgn menggunakan sabun cuci muka yang jenis scrub atau ada butiran. Konsultasikan dg dokter atau yang paling ahli dr spesialis kulit, untuk kondisi jerawat anda yang tidak sembuh2. Pemakaian obat minum clindamycin antibiotik harus menggunakan resep dokter. Cepat sembuhnya jerawat Anda tergantung berbagai faktor. Mohon maaf tidak bisa saya prediksikan. Sebaiknya langsung diperiksa oleh dokter. Terimakasih.

  7. Dok saya mempunyai jerawat wajah dan punggung dan untuk diwajah seperti dipipi jerawat nya kebiru biru an dan jga memiliki bekas jerawat atau bopeng, untuk di punggung jerawat nya kemerahan dan ditekan terasa sakit solusi nya gimana dok atau obat antibiotik yg tepat untuk saya apa?? trima ksih dok

    • Daerah di wajah, punggung, dan dada termasuk daerah yg ada kelenjar minyak. Sehingga bs berjerawat. Diet yg rendah minyak atau batasi yg digoreng sangat membantu. Juga minum air putih 2 literan. Tidur lebih lama. 8 jam an sampai 10 jam. Untuk antibiotik terutama oral, mohon maaf perlu resep dokter. Kecuali obat oles atau topikal. Biasanya yg mengandung clindamycin dan tretinoin. Untuk komplikasi dari jerawat Anda, sy sarankan untuk konsul ke dr spesialis kulit.

  8. Dok saya mau tanya dong, saya lg jerawat radang tapi disuru tidak boleh cuci muka sm sekali pakai sabun apapun untuk bbrapa hari, apakah itu malah bs buat jerawat makin parah ya dok? Soalnya muka saya berminyak sekali dan rasanya tidak cuci muka pakai sabun gimna gt dok, walaupun dikasi obat anti biotik sm obat radangnya. Mohon sarannya dokter

    • Mungkin kulit Anda sedang sensitif dengan sabun dikarenakan mengalami radang. Kulit radang memang gampang sensitif. Bisa digunakan kertas untuk menyerap minyak. Hindari makanan gorengan, minum air putih 2 literan, kalau bisa hindari polusi, debu, dan panas. Pakai masker. Pakai air putih yang bisa diminum untuk membersihkan wajah. 1 lagi yang cukup penting. Tidur lebih lama sekitar 9 jam. Ok ikuti saran dokternya saja. Jika makin parah konsultasi kembali. Trims

  9. Dok. Saya mau tanya, saya 2 tahun ini jerawatan tidak kunjung hilang. Selalu timbul baru. Akhirnya ganti produk yg mengandung BP dan SA. Akhirnya iritasi ke dokter diberi salep. Setelah itu ganti kembali obat dokter kulit yg biasa sy pakai. Jerawat tetap tumbuh terus, saat ini minum doxyplus dr dokter dan pakai cream dokter yg ada antibiotik clyndalicin. Muka kering dan mengelupas. Minggu pertama pakai ada perkembangan, minggu kedua ini tetap aja ada jerawat yg meradang. Apakah setelah 2 minggu konsumsi antibiotik doxyplus dan obat habis, jerawat akan parah kembali? Mohon masukan dokter. Terima kasih

    • Antibiotik yg mengandung doxycycline itu untuk mengatasi infeksi bakteri sekaligus efek mengeringkan atau mencegah kulit berminyak. Jerawat multifaktor. Kalau dirawat wajahnya. Misalnya tidur minimal 8 jam. Kalau bisa lebih. Mencegah polusi dan bersih. Dan lain2 bisa dilihat di artikel.. Jerawat tidak bertambah parah walaupun obat dihentikan sesuai dosis. Jika ada keluhan segera konsultasi ke dokter yang menangani. Jgn lupa minum air putih 2 literan minimal. Oke

  10. Dok saya konsumsi clyndacilin, tapi ko malah diare gitu ya? Apakah itu normal atau ada indikasi lain? Terima kasih

    • Apakah sudah konsultasi ke dokter sebelumnya? Karena antibiotik yang diminum harus dengan resep dokter. Memang kebanyakan obat berefek ke saluran cerna misal diare. Apakah setelah minum obat itu, diare baru timbul atau sebab lain. Bisa buka artikel saya mengenai diare. Ketik di kolom Pencarian Artikel. Sebaiknya obatnya diganti jika memang menyebabkan diare

  11. Dok, saya kemarin salah pakai sabun sehingga wajah saya berjerawat. nah, sampai saat ini belom juga sembuh ..
    karna saya bingung, harus pake apa. jadi saya kasih apa aja, dan sampe sekarang belom sembuh malah makin banyak.
    jadi untuk saat ini, saya kasih sabun yg biasa saya pake sama salep antibiotik.
    dan saya pengen nyoba juga clindamycin, itu gimana dok?
    udah dapet sih obatnya, tpi yg kapsul 150mg.
    pemakaiannya katanya lebih baik dibuka dan diberi air sedikit.
    gimana tuh dok?

    • salah pakai sabun maksudnya alergi? Tambah meradang mukanya? Sebaiknya jangan dipakai dulu. Memang terkadang kulit menjadi lebih sensitif. Ada baiknya hindari polusi dan bilas muka dengan air yang bisa diminum. Salep antibiotik dioles di pucuk jerawatnya. Kalau bisa hindari polusi dan gorengan. Untuk antibiotik minum saya sarankan untuk konsultasi dulu ke dokter karena perlu resep. Trims. Tidur lebih dari 8 jam, efeknya bagus untuk kulit. Juga minum air putih 2 literan.

  12. Dok saya umur 35 thun. Akibat salah pakai cream timbul lah jerawat tak kunjung sembuh. Apa bisa pake obat jerawat dok?

  13. Dok kalo clindamycin d campur citra pelembab bisa ga

  14. Dok saya mau tanya..
    Apakah boleh toner yang mengandung aha+bha+pha di barengi dengan cream rutin dari kecantikan. Terimakasih.

  15. Dok saya mau tanya sebaiknya minum clyndmicin itu diminum 1×1 per 7 hari kah

  16. Selamat sore dok.. Wajah ku berjerawat banyak dan mengganggu penampilan sampai jdi bernoda hitam aku konsumsi clindamycin 300 mg 1×1 tp ditenggorokan sakit kya orang flu. Aku berhenti pas 3 hari.Apakh itu bagus dok??

    • Menurut saya, biasanya clindamycin diminum 5 hari. Tetapi untuk kondisi berjerawat saja saya pikir tidak masalah 3 hari. Mungkin saat hari ke 3, Anda terserang radang tenggorok. Anda bisa baca artikel saya tentang jerawat, untuk jaga kebersihan wajah. Jika perlu ke dokter kulit untuk terapi lebih tepat dan menggunakan antibiotik secara benar. Antibiotik sebaiknya diresepkan oleh dokter! Terima kasih

Leave a Reply