Sebenarnya Skip Challenge ini, sama saja dengan percobaan bunuh diri. Tantangan maut ini sedang viral di media sosial, dan berbeda dengan tantangan sebelumnya. Ada sensasi menjemput kematian, dan bermain-main dengan nyawa. Sama sekali tidak lucu.

Tantangan yang dianggap permainan oleh para pelakunya ini sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak lebih lanjut, bahkan mematikan.

Ada yang menyebutnya skip challenge, atau pass out challenge. Yang lebih kita kenal, dengan cara: Menekan dada sekeras-kerasnya selama beberapa waktu, sampai korban pingsan.

skip challenge 1

Permainan yang sama sekali tidak lucu ini, juga bisa dilakukan dengan cara mencekik leher korban/ Choking game. Sama-sama sampai membuat korban pingsan, tetapi dengan cara mencekik leher korban.

skip challenge 2

Atau dengan cara menjepit/memiting leher korban

skip challenge 3

Apapun sebutannya, permainan ini berbahaya dan dapat merenggut nyawa.. Tantangan mematikan ini sudah memakan ratusan korban jiwa.

Sekarang, Tantangan berbahaya ini viral di kalangan pengguna media sosial. Pastilah banyak orang tua khawatir mengingat permainan ini marak dilakukan oleh kalangan remaja/ pelajar.

Karena itu, sebagai orang dewasa, kita harus memberi informasi, dan mengedukasi mereka akan dampak mematikan dari skip challenge ini.


Sebenarnya apa yang terjadi pada korban, saat melakukan skip challenge??

∴ Tantangan maut ini, salah satunya dilakukan dengan cara menekan dada korban sekeras mungkin selama beberapa waktu oleh 1 orang teman, atau beberapa orang.

Pada saat itu, korban mengalami Respiratory Arrest/Berhenti nafasnya . Karena terganggunya ventilasi pada pernafasannya. Jadi seperti membuat korban terpaksa menahan nafas.

Kondisi menahan nafas, tetapi dilakukan dengan sengaja (dada ditekan, sehingga si korban tidak dapat mengembangkan dadanya untuk bernafas) Membuat proses inspirasi/menarik nafas, dan ekspirasi/mengeluarkan nafas, TIDAK BERJALAN.

Itulah yang membuat sekian detik atau menit, keadaan yang disebut respiratory arrest/ tidak bernafas ⇒ suplai oksigen berkurang/hipoksia.

skip challenge hipoksia

Respon yang pertama muncul dari keadaan hipoksia ini, berdampak langsung ke otak. Ditandai si korban mengalami kehilangan kesadaran/pingsan, bisa kejang-kejang, bahkan ada yang sampai meninggal.

skip challenge hipoksia 2

Seandainya, korban masih bertahan hidup setelah melakukan skip challenge ini, Apakah Masih ada dampak buruk yang akan dialami korban??

∴ Jangan senang dulu. Dampak saat itu, mungkin tidak terlihat.. Tetapi pasti ada dampak lanjut jika sel-sel otak pernah mengalami hipoksia. Misalnya: gangguan intelegensia/ menjadi bodoh, sering pusing, gangguan tidur, dan sebagainya (tergantung bagian otak yang mengalami hipoksia).

Tentunya, saya tidak menganjurkan skip challenge ini. Lebih baik main bola kaki, basket,atau permainan lain yang ada manfaatnya. Jangan bermain-main dengan nyawa!

skip challenge stop

Terimakasih sudah membaca artikel skip challenge ini sampai selesai. Kiranya informasi ini, dapat dibagikan ke orang lain juga. Jangan ada kematian lagi akibat permainan bodoh, yang dikenal dengan Skip Challenge.

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin