Cara meningkatkan HDL, dan menurunkan LDL

HDL ini yang disebut orang awam dengan kolesterol baik. LDL ini yang disebut orang awam dengan kolesterol jahat. Kalau kita baca artikel sebelumnya dengan judul Kolesterol Baik melawan Kolesterol Jahat , maka yang sebenarnya :

HDL, dan LDL adalah lipoprotein yang terdiri dari kolesterol + trigliserida + fosfolipid + Apoprotein

Sejumlah praktisi kesehatan menyebut HDL sebagai lemak baik, dan LDL sebagai lemak jahat, untuk menjelaskan lebih mudah ke orang awam. Menurut saya istilah itu, masih lebih baik daripada disebut kolesterol baik, maupun kolesterol jahat. ūüôā

Kita sudah mengetahui apa itu HDL, dan LDL dari artikel sebelumnya. Untuk mengingatkan kembali saya akan menjelaskan lagi secara singkat.

Saya tambahkan juga informasi dari profil lemak /lipid yang lain, yaitu trigliserid. Oke, kita bahas yaa.

Tujuan dari kita membaca artikel ini, adalah mengubah gaya hidup kita menjadi sehat, untuk mencapai target/sasaran, yaitu:

  1. Bagaimana meningkatkan kadar HDL lebih dari > 60 mg/dL
  2. Bagaimana menurunkan kadar LDL  kurang dari < 100 mg/dL
  3. Bagaimana menurunkan kadar Kolesterol Total   kurang dari <200 mg/dL
  4. Bagaimana menurunkan kadar Trigliserida  kurang dari < 150 mg/dL

kolesterol 15

  • Kita bisa mengeceknya melalui Pemeriksaan Lab darah. Untuk uji kolesterol Sebaiknya diambil setelah kita ¬†puasa 8 jam, boleh minum sedikit air putih.

Ayo, kita bahas sedikit,

kolesterol 14

kolesterol baik 4

♥HDL: Fosfolipid Baik yang Membawa kolesterol dari pembuluh darah ke hati ⇒  Dia membersihkan pembuluh darah dari plak

♥LDL: Fosfolipid jahat yang Membawa Kolesterol dari hati ke pembuluh darah ⇒ Dia membuat plak di pembuluh darah ⇒Semakin LDL dan kolesterolnya berlebih, maka semakin beresiko terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner akibat sumbatan plak kolesterol di pembuluh darah.

♥Kolesterol Total : Total kolesterol darah Anda adalah pengukuran dari jumlah kolesterol di HDL, di LDL, dan komponen lipid/lemak lainnya.

Target kita adalah:

hdl 1

Oke, sekarang kita bahas sebentar mengenai trigliserida

‚ô•Trigliserida

Trigliserida adalah bentuk kimia dari sebagian besar lemak yang ada dalam makanan dan tubuh. Kadar trigliserida yang tinggi telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terkena penyakit arteri koroner atau mempermudah terjadinya plak di pembuluh darah arteri (aterosklerosis) .  Berikut ini rinciannya:

Trigliserida(mg/dL) Kategori Trigliserida
Kurang dari 150 Normal
150-199 Agak Tinggi
200-499 Tinggi
500 atau lebih tinggi Sangat Tinggi

Trigliserida (lemak yang berasal dari makanan). Kelebihan kalori atau gula dalam tubuh akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel-sel lemak di seluruh tubuh).

Sel-sel lemak tersebut juga tertimbun di lapisan perut. Jadi kalau kita ingin mempunyai perut six-pack atau minimal tidak buncit, maka Batasilah atau kurangi: makanan atau minuman yang mengandung gula, karbohidrat, dan lemak.

hdl 9

Selain mengurangi makanan atau minuman bergula, karbohidrat, dan berlemak, dianjurkan juga untuk minum susu berkalsium tinggi serta rendah lemak (low fat) dan rutinlah berolahraga.

Gula dan makanan yang terbuat dari tepung, seperti: Roti, Mie, dan lain-lain adalah jenis karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar trigliserida. Berarti Anda sebaiknya membatasi juga konsumsi gula dan makanan olahan yang terbuat dari tepung.


@[email protected] ¬†Kesimpulannya:¬† Kita Harus mengurangi resiko pembentukan plak pada pembuluh darah arteri karena plak itu dapat membentuk sumbatan di pembuluh darah dan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti Penyakit Jantung Koroner dan Stroke..

Jadi, Sasaran Pemeriksaan Lab Darah Kita kalau mau sehat, adalah :

  1. Bagaimana meningkatkan kadar HDL lebih dari > 60 mg/dL
  2. Bagaimana menurunkan kadar LDL  kurang dari < 100 mg/dL
  3. Bagaimana menurunkan kadar Kolesterol Total   kurang dari <200 mg/dL
  4. Bagaimana menurunkan kadar Trigliserida  kurang dari < 150 mg/dL

kolesterol 15

Pemeriksaan Lab darah untuk uji kolesterol Sebaiknya diambil setelah kita  puasa 8 jam, boleh minum sedikit air putih


Sekarang kita bahas bagaimana cara Meningkatkan HDL, dan menurunkan LDL, sekaligus menurunkan kadar trigliserida, dan menurunkan kolesterol total.

Tujuannya, Supaya mencapai target/ sasaran pemeriksaan lab darah yang ideal/ sehat. Dengan kata lain Memperbaiki Profil Lemak Anda.

1001 Cara Memperbaiki profil Lemak Anda (Supaya HDL meningkat, LDL menurun, Trigliserida Menurun, Kolesterol total tidak berlebihan)

Kelainan dari metabolisme lemak /profil lemak, bahasa kedokterannya dislipidemia. Simplenya, hasil lab darahnya jelek-jelek ūüėÜ .

Dislipidemia harus kita perbaiki profil lemaknya dengan Perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat, meskipun dimulai dari perubahan yang kecil.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki  profil lemak Anda:

1. Jus Jeruk.

Menurut sebuah penelitian kecil di Inggris, dengan minum tiga gelas jus jeruk sehari, Anda dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 21%. Penelitian tersebut  memfokuskan efek antioksidan tinggi dari buah-buahan dan sayuran.

2. Beban glikemik.

Beban glikemik adalah urutan dari seberapa besar porsi standar makanan tertentu dalam meningkatkan gula darah Anda. Menurut penelitian kecil baru-baru ini, seiring beban glikemik dalam pola makan Anda naik, maka kolesterol HDL menurun. 

Makanya, jangan makan sembarangan, yang penting perut kenyang. ūüėČ Tetapi pilihlah makanan-makanan yang menyehatkan.

Sejalan dengan prinsip tersebut, laporan NCEP merekomendasikan agar sebagian besar asupan karbohidrat kita sebaiknya berasal dari whole grains (gandum), sayuran, buah-buahan, bebas lemak, dan produk susu rendah lemak (low-fat/non-fat). Hal ini karena makanan tersebut cenderung berada di bagian bawah dari skala glikemik.

3. Memilih Lemak baik.

Mengganti lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh tunggal tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar LDL, tetapi juga dapat meningkatkan kadar HDL, menurut penasihat buletin Food & Fitness dari Pusat Kesehatan Wanita Universitas Cornell.

lemak 1

4. Perhatikan Minyak goreng yang Anda pakai

INGAT, MINYAK GORENG yang dipakai berulang-ulang kali, bahkan berubah warna menjadi hitam. TIDAK BOLEH dipakai lagi !! karena itulah sumber minyak jenuh = minyak trans = minyak jahat YANG BERESIKO MENURUNKAN KADAR HDL, MENINGKATKAN KADAR LDL, dan MENINGKATKAN KOLESTEROL SECARA BERLEBIHAN,  juga bersifat Karsinogenik atau pemicu kanker, serta sumber radikal bebas yang merusak jaringan tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit.

Maksimal penggunaan minyak goreng 2 kali pakai sampai 3 kali pakai. lebih dari itu harus dibuang.

5. Kedelai.

Makanan atau minuman berbahan dasar kedelai dapat memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Produk kedelai mengandung lemak jenuh yang rendah dan tinggi kandungan lemak tidak jenuh. Produk kedelai juga tinggi serat.

Produk hasil olahan dari kedelai antara lain: susu kedelai, tahu, tempe, tauco.

Sebuah penelitian menemukan bahwa protein kedelai, dan juga isoflavon yang ditemukan dalam kedelai dapat menaikkan kadar HDL sebesar 3%, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner sekitar 5%,‚ÄĚ kata Mark Messina, PhD, seorang ahli kedelai ternama.

Messina mengatakan bahwa kedelai dapat juga menyebabkan pengurangan kadar kolesterol LDL dan trigliserida (jenis lain dari lemak darah), dan kemungkinan peningkatan fungsi pembuluh darah.

Penelitian lain menunjukkan ada penurunan kolesterol LDL (sekitar 3%) dan trigliserida (sekitar 6%) dengan sekitar tiga porsi kedelai per hari, yaitu kira-kira 0,45 kg tahu

6. Anggur Merah.

Anggur merah, yang kaya akan antioksidan, sangat berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL

7. Olahraga Aerobik

Menurut banyak ahli kesehatan, dengan cukup giat berolahraga selama setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu, merupakan resep olahraga yang dapat membantu meningkatkan kadar HDL Anda.

8. Berhenti merokok.

Para ahli setuju bahwa dengan menghentikan kebiasaan merokok dapat juga meningkatkan kadar HDL Anda.

9. Menurunkan berat badan.

Saya pakai huruf yang lebih besar, karena banyak dari kita yang mengalami Obesitas. Dan ini sangat beresiko terhadap gangguan kesehatan.

Menurut NCEP (National Cholesterol Education Program), kelebihan berat badan atau obesitas memberikan kontribusi pada rendahnya kadar kolesterol HDL, dan termasuk sebagai salah satu penyebab kadar HDL rendah.

Perhitungan Berat Badan IDEAL adalah : Tinggi badan(cm) ‚Äď 100 ‚Äď 10% dari (tinggi badan-100) ¬†= HASIL.¬† Rentang BB yang ideal adalah plus minus 10% dari HASIL.

Oke saya beri contoh teman saya Mou , tinggi badannya 175 cm , Berat badannya 85 kg. pertanyaan: Berapa rentang BB yang ideal untuk Mou?? dan jika obesitas, berapa kg dia Harus menurunkan berat badannya untuk mencapai Berat Badan Ideal??.

* Jadi bb idealnya  adalah =

  • 175-100 – 10%nya dari (175-100)
  • 175-100 – 10% (75)
  • 175-100-7,5
  • = ¬†67,5 kg

Rentang BB idealnya, berarti  (67,5 -6,75) sampai (67,5+6,75)   = jadi Rentang Berat badan idealnya adalah  60,75 kg Р74,25 kg.

Okelah kita bulatkan saja¬† ūüėÄ . Jadi Rentang Berat Badan Idealnya adalah 60 kg-75 kg. ¬†Berarti Mou harus menurunkan Berat Badannya sebanyak 10 kg.

*Perhitungan Berat badan ideal juga bisa menggunakan indeks massa tubuh(IMT).

hdl 3

hdl 4

Perhitungannya :  (BB dalam kg) dibagi (Tinggi badan dalam meter) , lalu dibagi lagi (Tinggi badan dalam meter)

Berat badan Mou : 85 kg dibagi 1,75 dibagi lagi 1,75 , maka IMT nya: 27,75 kg/ m2  (termasuk  Obesitas Grade 1)

kegendutan ^-^

10. Jangan Stress

Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah, menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Dan penelitian menunjukkan bahwa untuk beberapa orang, stres dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol.

hdl 8

Kurangi tingkat stres Anda dengan berdoa, latihan relaksasi, meditasi. Fokus pada pernapasan Anda dan ambil napas yang dalam dan menyegarkan. Ini adalah cara mengurangi stres sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

11. Perhatikan Makanan Anda

Pilihlah makanan yang menyehatkan, bukan asal kenyang

  • Pilih makanan yang dipanggang, dioven, dikukus, dan dibakar, dan HINDARI¬†YANG DIGORENG. Apalagi jika minyak goreng yang dipakai itu digunakan berulang-ulang kali (jangan lebih dari 2 atau 3 kali pemakaian)

Kentang goreng, donat tidak dianjurkan karena mengandung lemak trans yang mengganggu profil lemak Anda.

  • Makan- makanan fast food atau junk food, juga kurang sehat, karena garam dan lemaknya tinggi. Selain itu rendah serat.
  • Mengontrol porsi makan. Jangan Makan berlebihan. Ada pepatah makan sebelum lapar, dan BERHENTI sebelum kenyang
  • lemak 2¬† Jangan kebanyakan makan ini. Telur puyuh, kuning telur, kulit, santan, ¬†jero-jeroan (dalaman seperti otak, hati, jantung, usus, paru), kerang. daging berlemak, ¬†Memang menggiurkan. ¬†Tapi KOLESTEROLNYA TINGGI!!

Pilihlah makanan-makanan penurun kolesterol

kolesterol 3

12. Ikuti Saran Dokter Anda

Mengelola kolesterol anda merupakan proses seumur hidup. Temui dokter Anda  secara teratur untuk mengawasi kesehatan Anda. Ikuti rekomendasi dokter anda mengenai pola makan, olahraga, dan pengobatan.

Boleh konsultasi juga dengan nutritionist atau ahli gizi atau dokter spesialis gizi, untuk memperoleh data perhitungan kalori dan pola makan yang sehat. Harus dituruti. ūüôā¬†

Dengan kerjasama Anda dan dokter Anda, maka Anda dapat memperbaiki profil lemak Anda, dan mencapai sasaran pemeriksaan hasil Lab darah yang ideal, yaitu:

  1. Kadar HDL lebih dari > 60 mg/dL
  2. Kadar LDL  kurang dari < 100 mg/dL
  3. Kadar Kolesterol Total   kurang dari <200 mg/dL
  4. Kadar Trigliserida  kurang dari < 150 mg/dL

Berikut  Saya Berikan

Tabel Kandungan Kolesterol dari per 10 gr bahan makanan

No. Nama Kandungan(mg) Kategori
1 Putih telur ayam 0 Sehat
2 Teripang 0 Sehat
3 Ubur-ubur 0 Sehat
4 Susu sapi tanpa lemak (nonfat) 0 Sehat
5 Daging ayam pilihan tanpa kulit 50 Sehat
6 Daging bebek pilihan tanpa kulit 50 Sehat
7 Ikan sungai biasa 55 Sehat
8 Daging sapi pilihan tanpa lemak 60 Sehat
9 Dagin babi pilihan tanpa lemak 60 HARAM
10 Daging kelinci 65 Sehat
11 Daging kambing tanpa lemak 70 Sehat
12 Ikan ekor kuning 85 Sehat
13 Daging asap 98 Sekali-sekali
14 Iga sapi 100 Sekali-sekali
15 Iga babi 105 Haram
16 Daging sapi 105 Sekali-sekali
17 Burung dara 110 Sekali-sekali
18 Ikan bawal 120 Sekali-sekali
19 Daging sapi berlemak 125 Sekali-sekali
20 Lemak sapi 130 Sekali-sekali
21 Lemak kambing 130 Sekali-sekali
22 Daging babi berlemak 130 Haram&Berbahaya
23 Keju 140 Hati-hati
24 Sosis daging 150 Hati-hati
25 Kepiting 150 Hati-hati
26 Udang 160 Hati-hati
27 Kerang/siput 160 Hati-hati
28 Belut 185 Hati-hati
29 Santan Kelapa 185 Hati-hati
30 Lemak babi 200 HARAM & Berbahaya
31 Susu sapi 250 Berbahaya
32 Susu sapi krim 280 Berbahaya
33 Coklat (cacao) 290 Berbahaya
34 Mentega/margarine 300 Berbahaya
35 Jeroan sapi 380 Berbahaya
36 Jeroan babi 420 HARAM & Berbahaya
37 Kerang putih/remis/tiram 450 Berbahaya
38 Telur ayam 500 Berbahaya
39 Jeroan kambing 610 Berbahaya
40 Cumi-cumi 1.170 Dilarang
41 Kuning telur ayam 2.000 Dilarang
42 Otak sapi 2.300 Dilarang
43 Otak babi 3.100 HARAM & Berbahaya
44 Telur burung puyuh 3.640 Dilarang

Sumber: Singapore General Hospital

Sasaran Profil Lemak Lengkap  menurut National Cholesterol Education Program (NCEP)  yang ingin dicapai adalah:

  • Kadar kolesterol HDL lebih dari atau sama dengan 60 mg/dL
  • Kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL
  • Total kolesterol kurang dari 200 mg/dL
  • Kadar trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Ada tambahan perhitungan saya yang terakhir:

  • Sasaran kita juga mencakup rasio antara LDL/HDL ¬†kurang dari 3
Rasio LDL/HDL Cardio Risk (Resiko penyakit jantung)
           <3 Resiko rendah
    3 sampai 5 Resiko sedang
             >5 Resiko tinggi

Bagi saja nilai kadar LDL dengan HDL, jika didapati kurang dari 3, Maka Anda memiliki resiko yang rendah untuk penyakit jantung

Misal:

  • LDL= 90 mg/dL,
  • HDL = 60 mg / dL ¬† .
  • Jadi rasio LDL/HDL = 90 mg/dL : 60 mg/ dL
  • = 1,5 ¬†. artinya kurang dari < 3 ¬†(resiko rendah, jadi hasilnya bagus) ūüėÄ

Tapi jika hasil lab darah Anda:

  • LDL=180 mg/dL,
  • HDL = 30 mg / dL
  • rasio LDL/HDL = 180 mg/dL : 30 mg/ dL ¬† = 6
  • jelek.
  • Artinya ¬†rasio LDL/HDL lebih dari > 5 ¬†(resiko tinggi), Artinya Anda sangat beresiko untuk terkena Penyakit jantung dan stroke.

Mulailah Dengan Memperbaiki Pola Makan Sehat dan Gaya Hidup Anda.

Check Up Secara Teratur dan Berkonsultasilah Dengan dr. Yang Anda Percaya..

kolesterol 15

Demikian penjelasan singkat mengenai pengaturan pola makan, gaya hidup,  dan informasi tentang profil lemak (HDL, LDL, Trigliserid, dan Total Kolesterol).

Saya bahas dalam 3 artikel yang mudah dimengerti. Hopely bermanfaat. Please to share. ^-^ God Bless

Sumber Berita: WebMD

Artikel- artikel terkait:

Kolesterol : Jangan Takut. Yang Penting Cukup

hdl

Kolesterol Baik melawan Kolesterol Jahat

kolesterol baik yes

71 Comments

  1. LDL 128.0
    HDL 62.7
    Trigliserida 56.6
    Cholesterol total 190.3
    Ini bagaia?

    • Hasilnya cukup baik. LDL nya di atas normal, mendekati limit. Atau hampir tinggi. kurang optimal. Kolesterol totalnya mendekati limit. Karena di atas 200 nilainya, sudah hiperkolesterolemi. Tetapi rasio LDL/ HDL kira-kira 2. Risiko rendah untuk menderita penyakit jantung. Saat ini Cukup dengan perbaikan gaya hidup saja bu Nur’Aini. Saya yakin ibu sudah tau. Kurangi makan tinggi kolesterol. Bukan tidak boleh, tapi dikurangi. Perbanyak serat seperti buah-buahan dan sayuran. Minum air putih sekitar 2 liter, olahraga 30 menit setiap hari. 30 menit aerobic non stop kalau bisa. disesuaikan dengan usia dan ketahanan tubuh. Jika Anda berumur lebih dari 40 tahun, Sebaiknya periksakan general check up setahun sekali.

    • Muhammad Hasan, S.Farm
      Muhammad Hasan, S.Farm

      sekedar share, untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL, bisa konsumsi VCO (minyak kelapa dara tanpa proses pemanasan).
      Seorang ilmuwan peneliti asal AS, DR. Stephanie Seneff mengungkapkan bahaya obat penurun kolesterol golongan statin (simvstatin, lipitor, crestor, dll), singkatnya dia tulis bahwa penggunaa statin beresiko tinggi terkena diabetes, alzheimer, dll.
      jika ingin file artikel beliau tsb bisa saya kirim via email.

    • Artikernya baik sekali, semoga ilmunya tambah berkembang.
      hasil pemeriksaan lab. kolesterol total 230, LDL 161, HDL 39, TG 148

      • Terima kasih untuk komentarnya. Hasilnya hanya nilai trigliserid yang baik. Perbaiki gaya hidupnya sekarang. Penggunaan obat penurun kolesterol seperti golongan statin bisa digunakan, tetapi Anda baiknya berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa Anda. Kalau merokok, diSTOP, Kurangi makanan tinggi kolesterol, Periksa general check up untuk memastikan tidak ada komplikasi lain.

  2. Menambah pengetahuan, sangat membantu, tks.

  3. Terimakasih banyak dengan artikel yg luar biasa keren.

  4. Hdl : 29
    Ldl: 40
    TG : 434
    Ratio Cholesterol : HDL 4.0

    • Jika dilihat dari labnya memang Cardio risk, atau risiko penyakit jantung aterosklerotik tidak tinggi, tetapi nilai hdl terlalu rendah, dan trigliseridnya tinggi sekali. Biasanya diberikan golongan fibrat. Ada baiknya makanan bertrigliserida tinggi, seperti yang mengandung tepung dibatasi, seperti donat, burger, roti, mie, dan lakukan olahraga teratur 30 menit setiap pagi non stop jalan cepat atau renang misalnya. Jika obesitas, kurangi berat badan. Sebaiknya periksa lagi kadar lemaknya setelah 2 atau 3 minggu karena belum mencapai target. Jika umur Anda di atas 40 tahun, baiknya lakukan general check up secara keseluruhan.

  5. Cholesterol = 231
    TG = 89
    HDL = 47
    LDL = 181
    Rasio = 3,9

    • Cholesterol tinggi. Ldl juga tinggi Cardio risk risiko sedang. Ada baiknya konsultasi dengan dokter, apakah perlu diberikan golongan statin untuk penurun kolesterol. Sebaiknya periksa juga penyakit metabolik lain seperti glucose, asam urat. Tidak ada salahnya general check up.

  6. Selamat pagidok.
    Nama nur. Usia 45. Hasil lab:
    Ldl :63.0
    Hdl : 29.8
    Tg : 111
    Kolestero total: 115
    Gimana ini dok?
    Terimakasih . Pak nur di banyumas.

    • Selamat pagi pak Nur di banyumas. Hdl atau lemak baiknya yang kurang. kolesterol totalnya juga rendah. Yang lain baik. Saran saya general check up, periksa fungsi jantung, ginjal, darah lengkap, kimia, dan lain2. Untuk memastikan semua baik. Perbanyak sayur, dan buah2an. Makanan yang digoreng sesekali boleh. Tetapi kalau bisa yg sekali atau maksimal 2 kali pakai. Jangan terlalu menghindari kolesterol. Kuning telur sesekali boleh. Perbanyak olahraga 30 menit sehari non-stop harus bergerak. Itu saja. Dan pola hidup sehat. Tidur dan minum air putih cukup. Usahakan Berat badan ideal. Jgn lupa check up. Jika merokok, harus distop sama sekali. ?

  7. Thank u so much artikelnya dokter. Saya kuatir bgt dgn trigliserida 578 dgn HDL 28 LDL 79 total kolesterol 173 dan rasio kolesterol 6,2. Apakah dgn pola makan&perubahan gaya hidup tanpa obay bs menurunkan trigliserida dokter? Terimakasih

    • Memang gaya hidup sehat (serat, olahraga, batasi makanan mengandung tepung) bisa menurunkan trigliserida. Tetapi untuk saat ini lebih baik dibantu obat. Seperti golongan fibrat, atau gemfibrozil karena kadar trigliserida terlalu tinggi. Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter Anda. Perbaiki gaya hidup seperti petunjuk artikelnya. Koreksi ke berat badan ideal, dan lain2.

  8. HDL 27
    LDL 94
    TGL 218
    RATIO 3.48

    Apakah beresiko Stroke lalu apa yang sebaiknya dilakukan Dok ?

    • Stroke banyak faktornya. Selain dari profil lipid. Juga dari tekanan darah. Anda bisa mengetik kata kunci.. stroke di kolom Pencarian Artikel. Hdl nya kurang dan trigliseridnya agak tinggi. Kurangi konsumsi yang berbahan dasar tepung seperti roti tawar, mie, dll. Olahraga dianjurkan 30 menit setiap hari. Coba cek tekanan darah!.Berat badan pastikan ideal. Minum air putih 2 literan setiap hari. Saya pikir keadaan Anda cukup aman. Cek tekanan darah jangan lupa. Trims.

  9. Usia 35 tahun. Wanita. HDL 55, LDL 156, TG 101, rasio 2,8. Apa harus minum obat atau cukup olahraga dan diet?

    • Ldl nya memang kurang baik. Tetapi secara keseluruhan saya pikir oke. Kolesterol total belum diperiksa? Untuk keadaan ini, coba dengan cukup olahraga dan diet dahulu. Cek lagi 1 bulan. Olahraga aerobik 30 menit setiap hari, non stop jalan kaki misalnya. Hindari gorengan. Perbanyak serat. Tidur 8 jam. Dan air putih 2 literan. Sy pikir akan baik.

  10. Selamat sore Dok
    Saya Heru 45 Tahun
    Choleterol total 185
    LDL 120
    HDL 34
    TG 173
    Usam Urat 8,5

    • Ldl dan Hdl memang kurang ideal. Terutama asam urat anda sudah tinggi. Di atas 7 untuk laki2. Anda sebaiknya minum banyak air putih. 2,5 liter sehari2. Jika Anda obesitas. Wajib turunkan berat badan. Untuk asam urat memang saya pikir daging ayam yg Paling aman dikonsumsi. Tetapi semua daging sebaiknya Anda kurangi konsumsinya. Juga lihat diet asam urat. Di kolom Pencarian Artikel, Anda bisa mengetik asam urat. Silakan dibaca petunjuknya. Jika sudah olahraga, diet asam urat ( kurangi daging, gorengan, juga hindari sea food, jeroan, emping, kacang2an), minum air putih banyak. Anda cek lagi profil lipid, dan asam urat. Jika tidak normal, sebaiknya konsultasi dengan dr. Trims

  11. Dok mau tanya saya wanita, kolesterol total 216, HDL 55, LDL 157, glukosa puasa 112, asam urat 5,9. Dianjurkan minum atorvastatin. Saya mau tanya atorvastatin ngga apa2 kalau dikonsumsi karena saya jg punya maag dan fatty liver?

    • Kolesterol memang agak tinggi, normal di bawah 200. Saya rasa penggunaannya cukup aman. Bisa ketik maag di kolom Pencarian Artikel. Untuk diikuti petunjuknya. Imbangi dengan diet sehat. Bisa lihat di artikel kolesterol, dan olahraga. Kurangi berat badan jika anda obesitas. Rokok jelas dilarang.. Pemberian atorvastatin Justru mengurangi risiko fatty livernya dengan pengurangan kolesterol. Alkohol dan miras jelas tidak boleh. Sebaiknya Anda general cek up. Periksa semua organ. Karena berhubungan. Trims

  12. Selamat dok…
    Saya ruzi umur 34 tahun
    Kolestrol 210
    Hdl 34
    Ldl 113
    TGl 315
    Itu bisa mengakibatkan resiko apa dokk…

    • Profil lipid Anda kurang bagus. Terutama bisa membuat penyakit jantung koroner. Atau stroke. Dan lain2. Segera konsultasi dr. Apakah perlu obat atau cukup mengubah gaya hidup. Diedukasi tuk pola hidup sehatnya. Banyak anjuran yang saya buat di artikel. Ikuti saja. Perbulan cek rutin sampai normal.

  13. Selamat malam dok…
    Saya ruzi umur 34 tahun
    Kolestrol 210
    Hdl 34
    Ldl 113
    TGl 315
    Asam urat 12
    Itu bisa mengakibatkan resiko apa dokk…

  14. Hdl : 36
    Ldl : 95
    Tgl :193
    Kolestrol totl:180

  15. Saya perempuan umur 42 tahun : total Celeste rO : 216, HDL :53, LDL : 142, Tg: 103

  16. Arif Eko Wicaksono
    Arif Eko Wicaksono

    Selamat siang dok…
    Saya Arif umur 25 tahun
    Kolestrol total 112
    Hdl 28
    Ldl 61.7
    TGl 113
    Bagaimana dg kondisi tersebut dok?
    Atas saran dan tanggapannya saya ucapkan terimakasih.

    • Selamat siang. Hdl atau lemak baik yg kurang. Olahraga, klo rokok di stop berat badan hrs ideal, minyak goreng maksimal 2 kali pakai, lebih bgs minyak zaitun, alpukat bagus tuk menaikkan hdl. Selamat mencoba

  17. Dokter mohon maaf saya mau tanya tentang hasil pemeriksaan laboratorium sebagai berikut :
    Kolesterol total hasil 146 mg/dl < 200.
    Kolesterol HDL L 34 mg/dl < 40 *)
    Kolesterol LDL 94 mg/dl < 100
    Trigliserida 128 mg/dl < 150.
    Mohon petujuk dokter dengan hasil lab ini, seberapa jauh resiko terhadap penyakit jantung dan bagaimana upaya untuk meningkatkan HDL. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.

  18. Selamat Siang Dok.
    Saya Yuli, wanita umur 40 tahun
    Kolesterol Total 307
    Trigliserida 72
    HDL 59
    LDL 230
    Asam Urat 3.9
    Glukosa Darah Puasa 117
    BB 72, Tinggi 155 cm

    saya sdh 2 bulan ini stop makan nasi dan menghindari karbohidrat (gula dll), hampir setiap pagi sarapan telur 2 butir direbus/ omelet. siang dan malam makan lauk dan sayur. buah Alpukat, pisang dan buah naga.

    Mohon tanggapan dan sarannya dok. terima kasih

    • Kuning telur jangan dimakan. Putihnya saja karena kuning telur kolesterolnya tinggi. Saya anjurkan pemberian obat golongan statin. Misalnya simvastatin 10 mg 1 kali sehari selama 2 minggu plus pola hidup sehat. Sebaiknya kontrol ke dokter dahulu. Usia di atas 40 th. sebaiknya general check up. Periksa semuanya tuk memastikan. Termasuk jantung dg ekg dan lain2. Gula darah puasa Anda terganggu. Perlu periksa gula darah 2 jam setelah makan tuk diagnosa diabetes melitus. Cek juga fungsi ginjal. Jika sudah kontrol, pola hidup sehat, dan minum obat dari dokter. Periksa lagi hasil darah yang bermasalah. Perbaiki hasilnya sampai normal. kurangi berat badan Anda maksimal 55 kg saja. Turunkan setengah sampai 1 kg tiap minggu its ok. Olahraga dan diet. Gorengan dikurangi. Trims

  19. Halo dok, kenalkan nama saya dicky.. Dok beberapa waktu lalu saya melalukan medcheck dan hasilnya trigliserida 49mg/dl, ldl 139mg/dl, hdl 78mg/dl dan kolesterol total 227 mg/dl. Hasil ldl cukup naik dr yg sblumnya hanya 114 mg/dl. Mnurut dokter bagaimana?

    • Halo Dicky. Untuk Trigliserida dan HDL tidak masalah. Tetapi Ldl (lemak yang kurang baik) dan kolesterol total Anda cukup tinggi. Olahraga 30 menit setiap hari non stop sangat dianjurkan. dan Anda harus batasi gorengan (lebih baik makanan di rebus). Jika makan telur, kuningnya jangan dimakan. Anda bisa hindari atau batasi makanan berkolesterol tinggi seperti seafood, gajih, jeroan dan lain-lain (ada di tabel). Minyak goreng yang dipakai maksimal untuk 2 kali pakai. Banyak makan buah-buahan dan cukup sayuran (perlu serat). Setelah 3 minggu jalani pola hidup sehat. Coba cek ulang lagi kolesterolnya. Kurangi berat badan jika Anda Obesitas.

  20. Total koles 232.trigliserida129.HDL 60.LDL 146

    • Kolesterol total dan ldl nya cukup tinggi. Kurangi gorengan, seafood, jeroan, dan kuning telur tidak usah dimakan.Kalau ada keluhan segera konsultasi ke dokter dan diberikan obat golongan statin. Jika anda obesitas segera diet. Olahraga teratur setiap hari. 2 minggu cek lagi.

  21. Dok.. saya Arcel, wanita umur 35 tahun
    Kolesterol Total 229, LDL 168, HDL 29, Trigliserida 166, Glukosa puasa 92, tensi cenderung rendah, pernah 90/70. tinggi 163cm, berat 78kg. Saat ini saya sangat beresiko ya dok? Apa benar kalau berat saya turun HDL akan naik dok? oiya, saya juga ada Gerd dan Anxiety dok, jadi olahraga ga kuat yang terlalu capai… saya harus gimana dok? Kalau saya diet, berapa lama (minggu/bulan) saya bisa cek lab lagi untuk melihat perubahannya dok? terimakasih dok

    • Anda memang kegemukan. Target pengurangan berat badan 15 kg dulu. Cukup 1 kg sebulan pengurangan berat badan. Kurangi gorengan dan porsi makan. Namun frekuensinya ditambah. Jika berat badan berkurang atau ke arah ideal, maka kadar lemak akan terkoreksi dengan baik termasuk hdl. Tentunya dengan perubahan pola hidup yang sehat. Olahraga yang ringan dulu. Jangan dipaksakan tapi teratur setengah jam sehari. Misal jalan santai. Anda bisa membaca artikel saya tentang gerd dan sakit maag. Di kolom Cari.. ketik kata kuncinya. Jika mengganggu sebaiknya diberikan obat oleh dokter. Cek lab lagi setelah 2 minggu. Jika dengan perubahan gaya hidup tidak membaik. Sebaiknya minum obat golongan statin. Konsultasi dahulu ke dokter. Anda bisa tambahkan sedikit garam untuk meningkatkan tensi. Minum air putih 10 gelas sehari. Cukup tidur 8 jam sehari. Untuk anxiety Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Oke selamat berusaha?

  22. Umur 42
    Laki= laki
    Tg 165
    Kolestetol total 157
    HDL 25
    LDL 111
    AU 8.5

  23. LDL 81
    HDL 30
    TGL 252
    ASAM URAT 8.6

    Bagaimana menurunkan TGL dan ASAM URAT dlm 3 hari dan menaikan HDL dalam waktu 3 hari. Thanks

    • Kurangi Trigliserid biasanya kurangi makanan yang berbahan dasar tepung: mie, kue, donat, roti, dll. Turunkan asam urat, kurangi makanan yang mengandung purin, misalnya kacang, emping, kaldu daging, sayuran berbatang, dll. Naikkan hdl dengan berolahraga, makan buah, dll. Lengkapnya Anda bisa lihat daftar menu dari artikel saya yang lain. Ketik kata kunci yang dibutuhkan di kolom CARI… terima kasih.

  24. Saya umur 43 tahun BB 69, tinggi 168 cm sedang pengobatan trigliserida (sempat di atas 400) dan kolesterol total (sempat di atas 200 ). Sudah minum obat sebulan. Hasilnya TG 147, kolesterol total 156, LDL 112, HDL 29, asam urat 3.7

  25. Kolesterol total 249, trigliserida 218, HDL 38, LDL 188, Rasio HDL/LDL 4,9, asam urat 9,2 …mohon arahan bagaimana cara mengatasi hal tersebut, terimakasih.

    • Kolesterol, trigliserin, asam urat tinggi. Hasilnya jelek. Baiknya ke klinik dokter untuk dilakukan terapi obat. Juga perbaiki gaya hidup. Boleh baca artikel saya mengenai itu semua. Klik kata kunci apa saja di kolom CARI.. terima kasih

  26. selamat siang dr. M. Winarto
    nama saya iwan, 34 tahun
    kolerterol 160
    Trigliserida 93
    HDL 42
    LDL 93
    bagaimana pendapat dokter,,
    NB: saya buka artikel ini tiap hari jam 12 siang,,

    • Terima kasih. Senang sekali artikelnya bermanfaat?. Lab Anda sangat baik?. Teruskan gaya hidup sehat( olahraga 30 menit sehari, minum air putih 2 literan, byk buah dan serat, dll) saya yakin Anda sudah tau?. Juga capai berat badan ideal.

    • Terima kasih. Senang sekali artikelnya bermanfaat?. Lab Anda sangat baik?. Teruskan gaya hidup sehat( olahraga 30 menit sehari, minum air putih 2 literan, byk buah dan serar, dll) saya yakin Anda sudah tau?. Juga capai berat badan ideal.

  27. Dok chlolestrol sy 174 ,triglycerida 64, hdl32 ,ldl 129. Ini bagaimana y dok please

    • Hdl kurang. Ldl agak tinggi. Tapi masih ok. Tidak ada keluhan kan? Berat badannya ideal kan??? Tidak gemuk?? Cukup makan buah dan sayur yg banyak. Olahraga 30 menit setiap hari. Air putih 2 literan. Tidur sekitar 8 jam sehari. Boleh cek artikel lainnya tentang gaya hidup sehat. Belum perlu obat.

    • Sudah lumayan baik, tidak perlu obat. Perbanyak olahraga. Sehari minimal 30 menit. Tidur cukup sekitar 8 jam sehari. Dan perbanyak serat dari sayur dan buah.

  28. Pagi dr. M. Winarto,
    artikelnya sungguh membuka wawasan dan sangat bermanfaat

    mohon pendapatnya atas hasil sbb:
    Khol 222 / trig 280 / hdl 32 / ldl 112

    • Maaf baru balas. Sibuk persiapan ppds jantung. Trims commentnya. Hasil profil lemak Anda kurang baik. Pastikan berat badan Anda tidak berlebih. Hitung imt. Bb dalam kg dibagi tinggi badan dalam m. Dibagi lagi tinggi badan dalam m. Tidak boleh lebih dari 23,5. Kurangi makanan berlemak, gorengan. Kuning telur jangan dimakan. Tuk kurangi trigliseridnya, Kurangi makanan berbahan dasar tepung spt mie, roti, donat, pizza, kue. Perbanyak olahraga dan serat di buah dan sayur. Minum air putih 2 literan. Tidur sekitar 8 jam sehari. Cek tekanan darah, dan gula darah juga. Saya pikir Anda perlu juga konsumsi obat untuk kolesterol dan trigliserid. Misalnya simvastatin 10 mg atau atorvastatin 20 mg setiap hari tuk kolesterolnya plus perbaiki lifestyle. Cek lab 3 minggu lagi. Jangan lupa olahraga aerobik misal 30 menit sehari non stop Seperti jalan kaki 30 menit, dll

  29. Alfian anugerah 35
    Alfian anugerah 35

    HDL 36
    LDL 166
    TG 229
    Kol total 228
    Minta saran dok makasih

    • Hasilnya kurang baik. Pastikan berat badan anda ideal. Coba ubah pola hidup sehat Anda sesuai yang ada di artikel. Anda bisa ketik kata kunci apa saja di kolom CARI… kuning telur jangan dimakan, mie,roti, dan tepung dikurangi, perbanyak olahraga sehari minimal 30 menit aerobik non stop misal jalan kaki atau jogging, cukup tidur. Perbanyak serat dari buah dan sayur. Cek lagi 1 bulan. Jika tidak terkoreksi, anda boleh ke dokter untuk diberikan obat golongan statin.

  30. Ririn 46 Tahun.
    Total Kolesterol 200
    HDL 61
    LDL 127
    Trigliserida 62
    Asam Urat 5,8
    Mohon saran dokter…
    Oya Minyak goreng yang terbuat dari kelapa (bukan kelapa sawit) bagus gak untuk dikonsumsi dok…

    • Paling baik olive oil atau minyak zaitun. Minyak kelapa lebih baik dari minyak kelapa sawit. Tapi semua minyak goreng sebaiknya maksimal penggunaannya 2 kali pakai. Hasil lab Anda cukup baik. Kolesterolnya cukup tinggi. Kuning telur, gorengan dikurangi.

  31. Glukosa puasa 98.7
    Cholesterol total 201.9
    HDL 37.0
    Trigliserida 84.2
    LDL 155.5
    Rasio 5.46
    Asam urat 5.6

    Mohon saran dokter

    • Apakah harus konsul dokter dok? Apa juga harus minum simvastatin?

    • Ratio ldl/hdl Anda 4,2. Risiko sedang untuk terkena penyakit jantung. Boleh saja minum simvastatin 10 mg 1 kli 1 selama 3 minggu. Kemudian di cek lagi. Anda juga bisa memperbaiki dengan pa hidup sehat. Perbanyak olahraga, serat. Hindari kuning telur dan gorengan. Terima kasih

Leave a Reply