Gerhana Matahari adalah fenomena alam yang cukup langka. Para ahli astronomi memperkirakan , kejadian luar biasa ini akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang. Perkisaran waktu pk 07.00 WIB. Indonesia cukup beruntung, karena menjadi satu-satunya negara yang dapat melihat Gerhana Matahari Total. Artinya Piringan bulan menutupi seluruh area piringan matahari.

Proses terjadinya Gerhana Matahari

gerrhana matahari

Gerhana Matahari terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian cahaya Matahari ( Gerhana Matahari Parsial) atau menutup seluruh cahaya Matahari (Gerhana Matahari Total/GMT)

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) secara utuh dapat disaksikan di beberapa daerah, seperti: Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso, Halmahera, dan sekitarnya.

Sedangkan fenomena Gerhana Matahari Parsial, dapat disaksikan di Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, Ambon, dan sekitarnya.

Tentu saja, momen langka ini tidak ingin kita lewatkan begitu saja. Pasti Anda ingin melihatnya, Bukan??

————————————————————-

Yang menjadi pertanyaan adalah: Apakah boleh kita  melihatnya langsung dengan mata telanjang??

∴  Jawabannya: Sebaiknya JANGAN ^-^ .

Jika kita melihat dan menatap terus Gerhana Matahari dengan mata telanjang ( Tanpa Perlindungan Apapun), maka dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mata.

Lantas, seperti apa bahaya sinar matahari terhadap mata?

Paparan sinar matahari dengan intensitas tinggi atau waktu yang terlalu lama, dapat mengakibatkan kerusakan jaringan retina. Istilahnya Solar Retinopathy ( kerusakan retina mata karena paparan sinar matahari)

Penyebab solar retinopathy terbanyak adalah melihat matahari secara langsung, baik saat terik maupun saat terjadinya gerhana matahari. Ya, walaupun saat gerhana, sinar matahari tertutup oleh bulan, melihat langsung ke arah matahari tanpa perlindungan mata apapun sangat berbahaya. Secara spesifik kerusakan retina akibat melihat gerhana matahari disebut solar eclipse retinopathy.

Gangguan penglihatan pada solar eclipseretinopathy disebabkan karena sinar matahari (ultraviolet dan inframerah) dengan intensitas yang tinggi masuk melalui lubang pupil, kemudian difokuskan di retina. Hal ini dapat meningkatkan suhu retina hingga 10-25 derajat celcius, padahal peningkatan suhu 4 derajat celcius saja dapat mengakibatkan peningkatan radikal bebas dan kerusakan termal/fotokimia terhadap sel fotoreseptor di retina.

gerrhana matahari

  • Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mudah bereaksi dengan molekul penting dari tubuh kita  mengubah struktur kimianya terjadi kerusakan jaringan
  • Kerusakan termal/Fotokimia : kerusakan karena suhu/ panas
  • Sel fotoreseptor di retina : sel batang dan sel kerucut(rods dan cones) di retina, yang bertugas menerima/menangkap cahaya yang masuk ke mata.

gerrhana matahari

Saat gerhana matahari terjadi, memang cahaya matahari akan tertutup oleh bulan, sehingga cahaya langit akan menjadi redup.  Tetapi meskipun cahaya matahari itu tertutup, pancaran cahayanya tak berkurang sedikit pun, hanya ukurannya saja yang menyusut.

Padahal dalam keadaan redup ini, ukuran pupil mata menjadi lebih lebar, sehingga semakin banyak sinar matahari yang masuk ke dalam mata (Intensitas makin tinggi).  Akibatnya, semakin besar pula kerusakan di retina mata.

Menatap sinar matahari kurang dari satu menit saja sudah dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan. Apalagi dalam waktu yang lebih lama.

Jadi, sebaiknya saat gerhana maupun tak ada gerhana, kita tidak menatap matahari secara langsung dengan mata telanjang.

Gunakanlah alat bantu, seperti kacamata khusus gerhana yang dilengkapi dengan filter sinar ultraviolet (UV) dan Infrared (IR) tertentu yang mengandung lapisan tipis aluminium, chromium atau perak.

gerrhana matahari

Filter khusus ini juga dapat dipasang pada instrumen optik lainnya seperti teleskop, teropong, atau kamera.

gerhana matahari

Jadi, Untuk menyaksikan gerhana matahari, Jangan menatapnya langsung dengan mata telanjang yaa . Karena tidak baik untuk kesehatan matamu.

gerrhana matahari

 

 

 

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin