Cuci Darah? darah kenapa dicuci ?? ūüôĄ ¬† Ok, Jangan bingung, ¬†di artikel Cuci Darah Untuk Gagal Ginjal ini , ¬†akan saya jelaskan secara singkat namun informatif segala sesuatu yang saya ketahui mengenai cuci darah, atau yang biasa disebut Hemodialisis.

Silakan bertanya di kolom konsultasi online jika ada yang kurang mengerti.

Saat ini, Cuci darah Hanya dilakukan pada pasien yang terdiagnosa Gagal Ginjal. Artinya Ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Karena Ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik, maka diperlukan terapi pengganti ginjal. Tentu saja untuk menggantikan fungsi ginjal. Salah satu terapi pengganti ginjal adalah cuci darah (=hemodialisis).

Ada 3 terapi pengganti ginjal, yaitu:

1. Hemodialisis 

‚ô• Hemodialisis berasal dari kata ‚Äúhemo‚ÄĚ artinya darah, dan ‚Äúdialisis ‚ÄĚ artinya pemisahan zat-zat terlarut.

Hemodialisis menggunakan mesin hemodialisis. Proses terjadinya dialisis, tepatnya ada di Dializer (disebut alat ginjal buatan)

Cuci Darah Untuk Gagal Ginjal

Dializer yang saya pegang

  • 2 hal yang paling Penting kenapa¬†pasien gagal ginjal HARUS melakukan Dialisis adalah:
  1. Untuk membuang kelebihan air.
  2. Untuk membuang sampah metabolisme (ureum, creatinin, asam urat), dan kelebihan mineral, elektrolit (Fosfat, Kalium)

Suasana di ruang Hemodialisa Hospital National Guido Valdares(HNGV), Dili

Cuci Darah Untuk Gagal Ginjal

Cuci Darah Untuk Gagal GinjalCuci Darah Untuk Gagal Ginjal

Terapi pengganti ginjal yang ke 2, yaitu

 2. Dialisis peritoneal 

‚ô• Membuang sebagian air, dan racun melalui medium rongga perut (peritoneum).

hd 8

Dialisis Peritoneal itu gambar B: cairan dianeal /cairan bilasan ada di kantong luar ‚áí dimasukkan ke dalam rongga perut, diganti tiap 3- 4 kali sehari tergantung kebutuhan.

Cairan bilasan yang dimasukkan ke dalam perut  akan didiamkan di dalam perut (untuk menarik kelebihan air, elektrolit , dan racun) selama sekitar 5 jam nanti dibuang lagi untuk diganti cairan dianeal baru.

3. Transplantasi ginjal 

♥ Mencangkokkan ginjal normal dari sang pendonor ke dalam tubuh pasien untuk menggantikan ginjal yang gagal.  Membutuhkan prosedur operasi atau bedah organ dalam.

Hemodialis, Dialisis Peritoneal, Transplantasi ginjal disebut terapi pengganti ginjal, karena prosedur ini dilakukan untuk menggantikan ginjal yang kehilangan fungsinya

Kesimpulannya:   Terapi Pengganti Ginjal, Hanya dilakukan pada pasien yang menderita gagal ginjal, khususnya gagal ginjal terminal/ stadium akhir. (Kalau ringan, gagal ginjal stadium awal masih belum perlu).

Dengan prosedur medis yang tepat, juga optimisme dari pasien, maka pasien gagal ginjal dapat hidup dengan normal  dan produktif.


Jika Definisi gagal jantung : jantung kurang mampu menjalankan fungsinya dengan normal yaitu memompa darah , Maka definisi gagal ginjal adalah ginjal kurang mampu menjalankan fungsinya secara normal.

Jadi kalau kita sudah tau apa itu fungsi ginjal, maka kita bisa tau komplikasi apa yang terjadi jika kita, saudara kita, atau keluarga kita mengalami gagal ginjal.

Kita tinggal mengkoreksi satu per satu berbagai komplikasi dengan prosedur medis yang tepat, dan penanganan hemodialisis secara adekuat.

Baiklah, kita mulai dari pembahasan fungsi ginjal yaa. ūüôā

FUNGSI  GINJAL  antara lain:

mempertahankan/ mengatur  keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, juga produksi hormon.

Fungsi ginjal dibagi 2 yaitu :

  1. Fungsi pembuangan/ Ekskresi
  2. Fungsi Hormonal/ Endokrin

I. Fungsi pembuangan

1. Ginjal membuang Sisa metabolisme protein (urea, creatinin), asam urat, zat obat-obatan.

2. Ginjal membuang kelebihan elekrolit seperti Kalium, Fosfat, Natrium.

3. Regulator (=pengaturan) volume cairan tubuh, juga reseptor dari hormon ADH (Antidiuretik Hormon)

* Bahasanya saya sederhanakan:

  • Penyerapan air dipengaruhi ADH yaitu suatu Hormon untuk menahan atau mengatur agar jumlah urine (air seni) yang keluar tidak terlalu banyak
  • Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh suatu kelenjar, dibawa ke aliran darah menuju sel target atau organ target. Setelah itu sel target atau organ target mengenalinya sebagai pesan untuk melakukan fungsi atau tugas tertentu. (Seperti SMS gitu dech) ^-^ ¬†Reseptor itu seperti penerima sinyal.

Ginjal akan menyesuaikan volume, berapa cc cairan tubuh yang dibuang dalam bentuk urine. Cardiac output (atau darah yang dipompa dari jantung ke tubuh) 20-25% nya menuju ke ginjal untuk dibilas.

Sebagian besar darah aliran darah yang menuju ke ginjal diserap kembali (=reabsorbsi) masuk ke aliran darah, sebanyak 1 persennya dibuang oleh ginjal  dalam bentuk urine.

Ginjal mempunyai kemampuan produksi urine sekitar 1 cc /menit. Jadi 1 hari, sekitar 1,5 liter cairan tubuh dibuang oleh ginjal dalam bentuk urine. Sisanya sebanyak 500-600 cc dibuang oleh pernafasan dan keringat.

4. Menjaga keseimbangan asam-basa :

Ginjal  menjaga konsentrasi NaHCO3 (Natrium Bicarbonate)   dengan cara:

  • Menahan Bicarbonate ¬†¬†dan
  • Sekresi (membuang) ¬†H+(Asam) .

II. Fungsi endokrin

5.  Produksi hormon eritropoetin → berpartisipasi dalam proses eritropoesis (merangsang sumsum tulang untuk membentuk sel-sel darah)

6. Mengatur tekanan darah  dengan memproduksi hormon renin

7. Pembentukan hormon untuk mengaktifkan vitamin D3 ( Kalsitriol) → D3( Kalsitriol) bertugas  mengatur penyerapan kalsium dari makanan yang sangat diperlukan untuk berbagai proses metabolisme tubuh dan pembentukan tulang

Oke semua fungsi ginjal sudah saya jelaskan secara singkat namun informatif.


Basically, Jika seseorang yang menderita gagal ginjal, maka fungsi ginjal yang saya jelaskan di atas akan terganggu.

Untuk memudahkan Anda dalam mengerti tentang gagal ginjal , saya akan CoPas ( Copy – Paste) fungsi ginjal yang saya jelaskan di atas, kemudian APA YANG MENJADI MASALAH JIKA FUNGSI GINJAL TERGANGGU ??:

I. Fungsi pembuangan

1. Ginjal membuang Sisa metabolisme protein (urea, creatinin), asam urat, zat obat-obatan.

‚äó Jika terjadi gagal ginjal, maka sisa metabolisme tubuh itu menjadi racun/ toxic untuk tubuh,

‚äó Terjadi Uremic Syndrome: dengan gejala:

  • Mual, muntah, anoreksia (tidak mau/ tidak bisa makan),
  • Pusing/ sakit kepala.
  • Halitosis (bau mulut) seperti bau urine
  • Perdarahan saluran cerna, bisa muntah darah, bab berdarah, gangguan saluran cerna
  • Nyeri ulu hati/ sakit maag
  • Uremic frost (racun uremic menuju ke permukaan kulit, ¬†timbul kelainan kulit, bentuknya bisa seperti jerawat kering.
  • Memudahkan terjadi HUS (hemolytic uremic syndrome), sel darah bisa pecah sebelum waktunya ‚áíberakibat pasien anemia atau hiperkalemia¬† (karena kalium keluar saat sel darah pecah)
  • Penurunan kesadaran
  • Bicara tidak jelas
  • Kejang

⊗ Asam urat yang kurang bisa dibuang, mengakibatkan Penyakit Asam Urat berupa penumpukan asam urat, atau hiperuricemia.

Secara  struktur bentuknya seperti kristal, dan biasanya mengendap di persendian kaki. mengakibatkan ngilu atau nyeri pada kaki, bengkak pada kaki

‚äó Kadar obat-obatan di dalam tubuh tidak bisa dibuang sempurna oleh ginjal. Maka beberapa efek samping obat menjadi berlebih. Karena itu ada beberapa obat yang dilarang diberikan ke pasien gagal ginjal, juga ada beberapa obat yang dosisnya dikurangi.

2. Fungsi Ginjal: membuang kelebihan elekrolit seperti Kalium, Fosfat, Natrium.

Apa yang terjadi jika fungsi ginjal ini terganggu?? Jika kita sudah mengetahui komplikasi apa yang akan terjadi, kita dapat melakukan koreksi keadaan pasien dengan lebih cepat dan baik.

* Kelebihan kalium:   ⊗ Jika terjadi gagal ginjal, maka pasien mengalami kecenderungan untuk terjadi kelebihan kalium/Hiperkalemia.

Resiko dari Hiperkalemia adalah Irregular pulse/nadi tidak teratur. Jika berat maka dapat terjadi Cardiac arrest atau henti jantung

* Kelebihan Fosfat : ⊗ Jika terjadi gagal ginjal,  Dapat terjadi penimbunan Fosfat atau Hiperfosfatemia,

Jika fosfat berlebih akan mengurangi level kalsium dalam darah, karena mereka membentuk ikatan.

Jika level Calcium dalam darah berkurang, maka tubuh melakukan kompensasi dengan melakukan pelepasan lebih banyak hormon paratiroid (PTH)‚áí hormon ini akan mencari cadangan kalsium dalam tubuh untuk meningkatkan kadar kalsium darah , target utama ambilan kalsium adalah tulang.

Sehingga jika kalsium diambil terus menerus dari tulang, maka akan mengurangi kepadatan dan struktur tulang. Akibatnya adalah timbul segala manifestasi kelainan tulang yang dikenal dengan nama osteodistofi ginjal (tulang menjadi keropos),

Ambilan kalsium ini bersifat sukar larut dan dapat tertimbun pada persendian yang mengakibatkan sendi menjadi kaku, juga dapat tertimbun dalam pembuluh darah yang berakibat menimbulkan sumbatan dengan manifestasi serangan jantung atau stroke.

* Kelebihan Natrium: ‚äó Jika terjadi gagal ginjal, maka Natrium sebagian akan teretensi (tertahan) di dalam tubuh,

Karena Natrium kurang bisa dibuang oleh ginjal ⇒ Akibatnya karena Natrium itu pekat ⇒ dia menarik air ⇒ terjadi akumulasi atau penimbunan air atau kelebihan cairan di dalam tubuh ⇒ Beresiko untuk edema atau bengkak di  tubuh, bisa di kaki (edema kaki), di paru-paru (lung edema), di rongga perut (ascites), di rongga orbita (mata), dll.

Kelebihan cairan ini juga beban untuk jantung, dan pasien mengalami kecenderungan untuk hipertensi.

3.Fungsi Ginjal sebagai  Regulator (pengaturan) volume cairan tubuh.

Ginjal mempunyai peran sebagai organ ekskresi atau pembuangan melalui pembentukan urine.

⊗ Jika terjadi gagal ginjal, maka fungsi ginjal sebagai organ pembuangan cairan dalam bentuk urine akan terganggu.

Pasien gagal ginjal akan mempunyai jumlah urine yang sedikit karena terganggunya fungsi ginjal itu ⇒ Akibatnya terjadi akumulasi/ kelebihan air di tubuh, yaitu :

  • di dalam pembuluh darah¬†(kecenderungan untuk hipertensi, dan beban untuk jantung), dan
  • di luar pembuluh darah¬†(dapat terjadi bengkak di kaki, mata, paru-paru terisi cairan, Ascites/ cairan di dalam rongga perut, dan lain-lain).

Jadi pasien dapat memiliki gejala seperti hipertensi, nyeri dada, bengkak di kaki, mata, sesak, perut kembung/membesar karena kelebihan cairan, dll.

4. Menjaga keseimbangan asam-basa :

Fungsi ginjal: menjaga konsentrasi NaHCO3 ( Natrium Bicarbonate)   dengan cara menahan Bicarbonate   dan  sekresi (membuang)  H+(Asam) .

⊗ Jika terjadi gagal ginjal , maka ginjal mengalami keadaan asidosis metabolik (keadaan asam di dalam darah), Ditandai hasil lab dengan nilai bicarbonate yang menurun.

GEJALA Asidosis  :

  • Pernafasan menjadi lebih dalam dan lebih¬†cepat
  • Penderita merasakan mual, muntah, sakit perut
  • Kelelahan, nyeri otot, dan tulang, mengantuk
  • Sakit kepala, penurunan kesadaran, cemas, kebingungan
  • Nyeri dada, jantung berdebar
  • Pada keadaan berat, pasien bisa mengalami syok, koma, bahkan kematian.

II. Fungsi endokrin (hormonal)

5.  Produksi hormon eritropoetin ⇒ berpartisipasi dalam proses eritropoesis (merangsang sumsum tulang untuk membentuk sel-sel darah)

⊗ Jika terjadi gagal ginjal, Maka ginjal kurang mampu memproduksi Hormon eritropoetin, sehingga pembentukan sel-sel darah akan terganggu ⇒ berakibat pada anemia (keadaan kekurangan sel-sel darah merah)

Informasi : Bahan-bahan pembentuk sel darah merah:

  • Hormon Eritropoetin
  • Vit B 12
  • Suplement iron/ besi
  • Asam Folat
  • Protein, sebagai zat anabolik (zat pembangun)

Kekurangan salah satu faktor di atas  dapat menimbulkan anemia.

6.  Fungsi Ginjal : Mengatur Tekanan Darah  dengan memproduksi hormon Renin

⊗ Jika terjadi gagal ginjal, maka hormon renin ini akan mudah teraktivasi yang berakibat pasien mempunyai kecenderungan untuk Hipertensi. Kenapa bisa begitu  @,@??

Saya akan memakai bahasa yang gampang Anda pahami, Supaya Anda mendapat informasi.

  • Karena gagal ginjal ‚áí¬†maka laju filtrasi/bilasan ginjal berkurang ‚áí¬†Ginjal terasa: kenapa aliran darah ke dia berkurang?, “ jangan- jangan tubuh kekurangan cairan pikirnya‚áí¬† Karena itu ginjal melakukan kompensasi untuk meningkatkan aliran darah dengan cara ¬†memproduksi Hormon Renin
  • Hormon Renin teraktivasi ‚áí¬†berakibat pada perubahan Angiotensinogen dari organ hati menjadi Angiotensin 1.
  • Angiotensin 1 berubah menjadi Angiotensin 2 oleh hormon angiotensin Converting enzym (ACE) yang diproduksi paru-paru,
  • Angiotensin 2 memberi efek Vasokontriksi/ mempersempit ¬†pembuluh darah, ¬†jadi tekanannya lebih besar¬†‚Üí Hipertensi
  • Angiotensin 2 juga merangsang hormon Aldosteron di kelenjar suprarenal (kelenjar yang terletak di atas ginjal).¬†Hormon Aldosteron ini bersifat menarik Natrium ‚áí¬†Karena Natrium itu pekat, dia menarik air ‚áísehingga terjadi akumulasi air¬†‚áí yang berakibat naiknya¬†tekanan darah/ Hipertensi.

+) Kompensasi dari ginjal untuk meningkatkan aliran darah/ perfusi ke arahnya juga dengan cara:

  • Saluran ginjal/ Tubulus itu berespon terhadap Hormon Antidiuretik (hormon untuk menahan/ mengurangi air kencing) sehingga menghemat air/ mengurangi jumlah air yang keluar dalam bentuk urine.

*Jadi pasien gagal ginjal mempunyai kecenderungan untuk hipertensi, Karena:

  1. Hormon renin mudah teraktivasi
  2. Retensi Natrium/ Garam , akibat kurang mampu dibuang oleh ginjal
  3. Kelebihan cairan di dalam pembuluh darah, karena produksi urine berkurang

7. Fungsi Ginjal: Pembentukan hormon untuk mengaktifkan vitamin D3 (Kalsitriol) .  D3( Kalsitriol) bertugas  mengatur penyerapan kalsium dari makanan yang sangat diperlukan untuk berbagai proses metabolisme tubuh dan pembentukan tulang

⊗ Jika terjadi gagal ginjal, maka akivasi vit D dalam bentuk  D3(kalsitriol) terganggu ⇒ Berakibat terganggunya penyerapan kalsium dalam makanan ⇒ sehingga level kalsium dalam darah berkurang.

Diperburuk oleh hiperfosfatemia, karena kelebihan Fosfat, selanjutnya ^-^ Baca yak kelanjutan penjelasan dari  akibat kelebihan Fosfat di atas. Ujung- ujungnya terjadi Osteodistrofi Renal.


hd

Cuci Darah Untuk Gagal Ginjal

Jadi apa yang dilakukan oleh Perawat Hemodialisa, Dokter Hemodialisa, Dokter Nefrologist atau Spesialis Ginjal , di ruang cuci darah ?? ūüėČ

‚ô• Pasien dengan diagnosa gagal ginjal datang ke ruang hemodialisa. Dokter akan mengevaluasi keadaan pasien, perawat mahir hemodialisis akan mempersiapkan mesin Hemodialisa untuk digunakan sebagai terapi pengganti ginjal.

Melalui mesin Hemodialisa, kita bisa

  1. Membuang kelebihan air dari tubuh pasien. Men-setting berapa liter jumlah tarikan air (UFG/Ultrafiltration Goal) melalui proses ultrafiltrasi: Perpindahan solvent/ pelarut/ Air dari tekanan yang tinggi ke tekanan yang rendah.
  2. Membuang kelebihan racun/ sampah metabolisme (seperti ureum, creatinin, asam urat), juga membuang kelebihan elektrolit dan mineral (seperti kalium, fosfat) melalui proses difusi : Perpindahan bahan-bahan terlarut (ureum, creatinin, elektrolit, dsb) dari konsenstrasi tinggi ke konsentrasi rendah

Selain itu, Pasien cuci darah akan diberikan obat-obatan seperti:

  • Obat-obatan anti Hipertensi
  • Suplement zat besi, vitamin, dan asam folat
  • Suplement Calcium atau fosrenol (penyerap fosfat)
  • Injeksi Hormon Eritropoetin

Jika pasien mengalami komplikasi, sakit, atau infeksi maka diberikan pelayanan medis oleh dokter hemodialisa, Jika kasusnya lebih berat, maka akan dirujuk atau dikonsultasi ke dokter nefrologist, atau dokter specialist lain sesuai kompetensinya masing-masing.

Setiap bulan dilakukan pemeriksaan laboratorium rutin.

Anjuran untuk pasien Hemodialisa yang menjalani pelayanan HD secara reguler atau tetap:

  • Untuk Suplement protein, pasien hemodialisa juga diharuskan untuk makan diet TINGGI ¬†protein, seperti daging, telur, ikan. kira-kira 2 kali lipat jumlahnya dari orang biasa
  • Minuman kaleng dilarang apalagi soda. karena banyak mengandung fosfat, dan kalium
  • Rokok, alkohol jelas dilarang. Hindari makan asin atau garam (Beresiko hipertensi dan bengkak di tubuh)
  • Buah-buahan dan sayuran boleh, tapi jumlahnya dibatasi. kira-kira paling banyak ukurannya 3 buah apel sehari.

          Sirsak menurut penelitian paling bagus dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal, dan satu-satunya buah yang boleh di juice, tetapi dibatasi 100 cc/ hari. Sirsak dipercaya mengurangi toxic atau racun. Buah yang lain sebaiknya jangan di Juice karena akan meningkatkan nilai Kalium 2 kali lipat.

Satu-satunya buah yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh pasien gagal ginjal adalah belimbing, karena mempunyai sifat neurotoxic (racun untuk saraf).

Bagi orang lain, makan belimbing tidak masalah karena zat neurotoxic ini akan terbuang bersama dengan urine. Tetapi bagi pasien gagal ginjal, zat ini akan tertahan sehingga dapat menyebabkan kejang.

  • Jumlah air yang boleh diminum adalah : Jumlah urine yang keluar selama 24 jam (tampung dulu ya , agar bisa dihitung) + keringat dan nafas (kira-kira 500 cc).

Cara menghitung urine output 24 jam : misal hari sabtu: pagi bangun tidur ¬† ‚áí¬†kencing dibuang dulu¬†setelah itu tampung, tampung, tampung ¬†sampai……. ¬†Minggu: pagi ¬†bangun tidur, tampung sekali lagi yang terakhir.

Jika urine output 24 jam = 500 cc,  berarti ditambah keringat + nafas ( 500 cc)  =  500cc + 500 cc= 1000 cc. Jumlah maksimal yang boleh diminum pasien gagal ginjal adalah sebesar 1000 cc = 1 liter.

  • Hemodialisa teratur, Jangan Absen dengan alasan apapun

  • Harus patuh berobat, dan mengikuti petunjuk dari tim medis Hemodialisa
  • Banyak Berdoa.

Semua nasib itu Tuhan yang rencanakan, manusia hanya bisa berusaha, tapi semuanya Tuhan yang menentukan.

So keep Positif thinking ^-^ God is Good All The time.

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin