Cara Mudah mengatasi sakit maag agar tidak kambuh, tentunya adalah menghindari faktor-faktor apa saja yang memperparah sakit maag. Tau khan yaa, sakit maag apa? Maag itu sendiri artinya adalah lambung. Baiklah dalam artikel ini saya akan berikan petunjuk penting  mengenai beberapa gangguan dari lambung, salah satunya adalah sakit maag. ^-^ Let’s discuss.

Bila Anda sering merasa perih pada perut atas (daerah ulu hati) terutama bila telat makan, mungkin lambung Anda mengalami masalah.

Anda beberapa masalah lambung, seperti:

  • Sakit maag
  • Dispepsia
  • Gastritis,
  • Tukak lambung/Ulcus/ Luka pada lambung
  • GERD ( Gastro-Esofageal Reflux Disease)

^_^ ternyata cukup banyak beberapa gangguan dari lambung. Tapi semuanya berhubungan dan hampir mirip. Saya akan jelaskan di bawah dengan simple.

cara mudah mengatasi sakit maag

Bagaimana sakit maag terjadi?

  • Penyakit maag terjadi akibat :  Produksi asam lambung berlebihan ⇒ sehingga asam lambung tersebut membuat peradangan pada dinding lambung dan mengiritasi dinding lambung  akibatnya dapat  melukai dinding lambung.
  • Tingginya asam lambung  ini yang menyebabkan penderita akan merasa perih pada bagian lambungnya  (nyeri di ulu hati), tidak nafsu makan, mual, serta gangguan pencernaan.

Di mana letak lambung?

Kenapa penderita memegang ulu hatinya jika sakit maag?

Jawabannya : Karena letak lambung / maag , ada di daerah ulu hati. emo1 . Kalau di perut sakitnya, berarti ada gangguan sistem pencernaan di daerah usus dan sekitarnya. Baiklah untuk memudahkan, saya berikan alur sistem pencernaan.

Sistem Pencernaan dimulai dari : Mulut  ⇒ Kerongkongan ( esophagus )⇒  lambung ⇒  Usus kecil/ usus halus ⇒ Usus Besar ⇒  Rektum ⇒  Anus

cara mudah mengatasi sakit maag

———————————————–

Jadi beberapa gangguan pada lambung meliputi: Sakit maag,  dispepsia, gastritis, Tukak lambung, GERD.. Oke, memang semuanya berhubungan dan hampir mirip. Tapi mari kita mempelajari sama2 ^-^

Pada prinsipnya:

  • Semuanya itu akibat asam lambung yang meningkat ditambah perlindungan dari lapisan/ mukosa lambung yang berkurang
  • Pengobatan atau treatment yang dilakukan adalah SAMA,  kecuali untuk kasus-kasus infeksi lambung akibat infeksi Helicobacter pylori, diperlukan tambahan antibiotik, dan treatment jangka panjang.
  • Hindari faktor-faktor yang memperberat keadaan atau yang mencetuskan sakit maag dll.
  • Pola hidup yang sehat dan teratur akan dapat  membantu meredakan gejala dan mengatasi sakit maag

* Sakit Maag :

  • Maag berasal dari kata bahasa Belanda yang artinya adalah lambung. Jadi Sakit maag artinya sakit lambung.

* Dispepsia :

  • Kata dispepsia berasal dari bahasa Yunani yang berarti  “pencernaan yang jelek”
  • Dispepsia, merupakan kumpulan keluhan / gejala klinis yang terdiri dari rasa tidak enak/ sakit, rasa penuh dan panas di perut bagian atas ( ulu hati) yang menetap atau kambuhan

* Gastritis :

  • Berasal dari bahasa Yunani yaitu gastro, yang berarti perut/lambung dan itis yang berarti inflamasi/peradangan.
  • Jadi gastritis artinya peradangan pada lambung.

* Tukak Lambung  :

  • Adalah Luka / Ulkus Lambung
  • Tukak lambung adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung

* GERD : GastoEsophageal Reflux disease

cara mudah mengatasi sakit maag

  • GERD atau PRGE: Penyakit Reflux Gastroesofagus.  Yaitu penyakit yang timbul akibat ada reflux (aliran membalik) isi lambung, misal: asam lambung, makanan, minuman   ke esofagus (pipa saluran pencernaan).
  • Kenapa terjadi GERD ?
    Normalnya makanan dan minuman dari mulut akan turun ke lambung lewat esofagus, pada perbatasan esofagus dan lambung terdapat sebuah lingkaran otot (sphincter) yang disebut lower esophageal sphincter(LES). LES berfungsi sebagai pintu masuk, akan terbuka saat makanan/minuman masuk ke lambung dan akan segera menutup lagi setelah makanan/minuman lewat sehingga dapat mencegah membalik-kembalinya (reflux) makanan/minuman ke esofagus.
    Pada GERD diduga terdapat gangguan fungsi LES sehingga selain makanan/minuman, asam lambung juga akan reflux ke esofagus bahkan sampai ke tenggorokan dan mulut dengan segala konsekuensinya.
  • Gejala GERD dapat dibagi menjadi dua kelompok.
    1) Keluhan bersumber di esofasus.
    Dua keluhan utama penderita ialah :

    • Rasa nyeri terbakar dibelakang tulang dada (heartburn) yang menyebar ke leher, umumnya terjadi 30 – 60 menit setelah sarapan, dan sering diduga kelainan jantung koroner.
    • Rasa ada makanan/minuman balik ke mulut (regurgitasi) sehingga mulut terasa asam dan pahit. Keluhan ini juga sering terjadi pada malam hari, karena saat berbaring kemungkinan asam lambung membalik ke atas lebih mudah terjadi.

    2) Keluhan diluar esofagus.

    • Batuk menahun
    • Serak dan tenggorokan sakit

 ……………………………………………………………..

Penyebab sakit maag

Sakit maag bisa disebabkan oleh

  •  Bakteri helicobacter pylori (H. pylori) . 

Bakteri H. pylori merupakan bakteri yang dapat mengiritasi dan menyebabkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas.

  • Penggunaan obat anti peradangan

Obat anti peradangan, misalnya obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen, natrium diclofenac, atau aspirin (obat pengencer darah)  dapat mengiritasi lambung. Karena Obat-obat yang biasa dipakai untuk nyeri atau peradangan itu membuat  mukosa (lapisan lambung) menjadi terkikis, dan lebih bereaksi terhadap keasaman lambung.

  • Penyebab lain yang umum dari sakit maag adalah sebagai berikut:
    1. Makanan Goreng, pedas, asam, bahan pengawet
      Makanan yang berminyak dan tinggi lemak seperti gorengan,  makanan pedas, asam, dan makanan yang menggunakan pengawet, misal mie instant dapat memicu sakit maag.
    2. Makan Tidak Teratur
      Jika anda selama ini makan selalu siang dan tanpa sarapan, atau juga sering makan 1 kali sehari atau menunggu waktunya lapar dapat menyebabkan penyakit ini datang.  Jadi istilah: Makan Sebelum Lapar , berhenti sebelum kenyang adalah benar.
    3. Stress
    4. Kelelahan
    5. Kurang tidur
    6. Merokok
    7. Minum alkohol
 ………………………………………………

Cara Mudah Mengatasi Sakit Maag

Cara mudah mengatasi sakit maag agar tidak kambuh, tentunya adalah menghindari faktor-faktor apa yang memperparah sakit maag, atau yang menjadi  faktor penyebab sakit maag seperti di atas. Dan Lakukan Petunjuk-Petunjuk Sehat di bawah ini:

  1. Hindari makanan gorengan/ berlemak, pedas, terlalu asam, makanan yang mengandung bahan pengawet
  2. Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh, minuman bersoda seperti soft drink, Minuman beralkohol. karena dapat menaikkan asam lambung.
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari. SANGAT BAIK UNTUK PASIEN GERD ( Gastro Esophageal Reflux Disease)
  4. Untuk Pasien GERD yang obesitas atau kelebihan berat badan. @[email protected] Silakan baca tips-tips dari artikel saya tentang diet yang sehat
  5. Jangan terlambat makan!!!
  6. Jangan buru-buru saat makan 🙂
  7. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat  (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  8. Tidur cukup kurang lebih  8 jam
  9. Minum air putih 2,5 liter sehari. Jika lanjut usia cukup 2 liter sehari. Karena 98 persen lapisan lambung terdiri dari air.
  10. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai obat-obat yang digunakan untuk mengatasi sakit maag
  11. Dont be Stress ^_^, life is beautiful. Banyaklah tertawa hahaha.
  12. Lakukan kegiatan yang menyenangkan Anda, seperti Olahraga Jalan pagi 15 menit, agar badan lebih sehat, pikiran lebih segar.  Berdoa juga bermanfaat untuk kesehatan.

Obat-Obat yang sering saya pakai untuk mengatasi sakit maag:

  • Antasida. seperti Promag untuk menetralisir asam lambung. Kunyah 3 kali sehari,
  • Ranitidin 150 mg 2 kali sehari 1 tablet   atau omeprazol 20 mg  1-2 kali sehari 1 capsul.  Untuk mengurangi produksi asam pada lambung
  • Jika Luka lambung, misal sampai muntah darah, curiga dari perdarahan lambung. Saya beri tambahan Sukralfat untuk melapisi mukosa/lapisan lambung sebagai pelindung lambung
  • Fucoidan dapat diberikan sebagai terapi tambahan untuk melapisi mukosa/ lapisan lambung pada pasien gastritis atau sakit maag. Fucoidan termasuk kelompok suplemen yang berasal dari rumput laut atau ekstrak alga coklat.

Oke Artikel Seputar Sakit maag sudah saya jelaskan secara mudah. Jika Ada pertanyaan, silakan bertanya di kolom konsultasi yang sudah disediakan. Keep pray and learning.

Ingat: Jika Anda menderita sakit maag, selain mengikuti petunjuk sehat di atas, ada baiknya Anda mewaspadai sakit maag yang berat, apalagi yang memang kambuh-kambuhan (sakit maag kronis), Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Sakit maag yang berat ini bisa disertai dengan sesak nafas, atau nyeri dada. Dokter akan memeriksa dengan teliti faktor penyebabnya, dan dapat melakukan pemeriksaan gastroskopi untuk melihat langsung dengan kamera, apa yang terjadi di dalam ginjal.

Berbeda dengan sakit maag akut, pada sakit maag kronik, proses peradangan terjadi perlahan-lahan, semakin lama semakin bertambah parah, dan semakin menjadi bahaya. Baca Juga artikel Puasa Menurut dokter.

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin