Petunjuk Praktis Cara Mengatasi Komedo Kurang Dari 30 menit ada di akhir artikel. dikutip dari beberapa sumber terkait, dan informasi tambahan dari saya. Diharapkan mampu memberikan manfaat optimal bagi Pembaca sekalian. Mari kita simak pembahasannya dahulu.

Apa Itu Komedo?

Komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo ada 2 jenis. Yaitu :

  • Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.
  • Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil.

cara mengatasi komedo. jenis komedo

cara mengatasi komedo - jenis warna

  • Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi /pengeluaran kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit —> menyebabkan tersumbatnya minyak di pori-pori kulit.
  • Komedo yang telah lama membusuk dan melibatkan kuman, masuk ke dalam penyumbatan –> menjadi Nanah + Peradangan –> Jerawat

Tanda-tanda peradangan, prinsipnya:

  1. Dolor : Nyeri
  2. Kalor : hangat
  3. Rubor : perubahan warna merah
  4. Tumor : atau edema ( bengkak)
  5. fungsio laesa : perubahan fungsi dari jaringan yang mengalami peradangan.

Peradangan dapat menyebabkan infeksi. Sebaliknya infeksi( dikarenakan kuman masuk) dapat menyebabkan peradangan.

  • Jadi pada dasarnya komedo adalah asal mula bentuk jerawat. disebut jerawat ringan atau jerawat kering. Karena tidak menimbulkan nanah.

Kenapa sering timbul di daerah T wajah??

*Hal ini dikarenakan bagian T wajah adalah bagian dimana kelenjar minyak banyak aktif berproduksi

  • Biasanya komedo muncul pada wajah, tapi bisa juga berada di punggung, dada, lengan, atau bahu.

cara mengatasi komedo - satu

Gejala Komedo

Gejala komedo sangat mudah terlihat, yaitu kemunculan benjolan yang sangat kecil,terutama pada kulit wajah. Karena tidak terjadi inflamasi(peradangan), komedo tidak terasa sakit. Komedo bisa mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

Penyebab Komedo

Pada masa remaja produksi hormon akan meningkat, khususnya hormon testosterone pada remaja pria. Peningkatan hormon inilah yang merangsang kelenjar minyak menjadi sangat aktif dan menghasilkan minyak secara berlebihan. Inilah yang menyebabkan tersumbatnya akar rambut dan juga pori-pori kulit. Sel-sel kulit mati, kotoran, polusi  juga bisa terperangkap ke dalam sumbatan —-> terbentuk komedo —> ditambah bakteri /kuman yang terperangkap ke dalam sumbatan , terjadi peradangan dan nanah —> terbentuk  jerawat

cara mengatasi komedo - stage

Ketika terinfeksi, bakteri akan mengakibatkan terbentuknya peradangan/inflamasi (Papule) –> Jika terbentuk nanah( disebut Pustule) –> Yang lebih berat(Nodule/ Cyst).

Berikut ini adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko munculnya komedo.

  • Meningkatnya bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  • Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
  • Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.

Jadi faktor-faktor yang memicu terbentuknya komedo, bisa disimpulkan:

  1. Sekresi kelenjar minyak berlebih, : karena pubertas, menstruasi,  makan gorengan, dan lain-lain
  2. Kotoran, polusi, debu, sel-sel kulit mati, karena jarang membersihkan wajah, atau mencuci tangan sebelum memegang wajah.
  3. gaya hidup yang buruk: stress negatif, kurang tidur, kurang minum air putih, kurang olahraga, kurang makan sayur dan buah-buahan, merokok —> kesehatan kulit terganggu

cara mengatasi komedo

Cara mengatasi komedo ringan dapat anda lakukan pengobatan di rumah dengan membeli berbagai macam obat yang bisa dibeli bebas di apotek terdekat. Sedangkan untuk kasus yang parah, Anda sebaiknya menemui dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk menentukan langkah pengobatan yang paling tepat. Berikut ini adalah cara mengatasi komedo melalui teknik pengobatan.

  • Obat bebas. Banyak obat untuk segala jenis jerawat yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Obat bisa tersedia dalam bentuk krim, gel, atau tempelan, dan bisa diterapkan langsung pada kulit. Obat-obatan ini biasanya mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorcinol. Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebihan, dan membuat kulit merontokkan sel kulit mati.

cara mengatasi komedo - obat bebas

  • Obat resep. Obat yang mengandung Vitamin A,  yang berfungsi mengurangi sekresi kelenjar minyak,  mencegah terbentuknya penyumbatan pada folikel rambut dan juga mempercepat pergantian sel kulit bisa diberikan. Obat ini digunakan ketika obat-obatan bebas tidak bisa memberikan hasil maksimal. Terutama jika komedo yang muncul disertai dengan kista jerawat dan bisul, obat yang diberikan akan mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik.

cara mengatasi komedo - vitamin

  • Dokter spesialis. Dermatolog atau dokter spesialis kulit akan memakai alat khusus yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujung untuk mengangkat penyumbatan yang menyebabkan komedo. Selain itu, alat pengikis kulit khusus juga bisa digunakan untuk membuang sel kulit mati pada permukaan kulit. Dokter spesialis mungkin juga akan memberikan bahan kimia untuk mengupas sel kulit mati.

cara mengatasi komedo - dokter spesialis

  • Terapi laser dan cahaya. Terapi laser dan cahaya akan memanfaatkan sinar untuk menurunkan produksi minyak pada kulit atau membunuh bakteri yang ada. Terapi ini bisa mengobati komedo dan jerawat tanpa merusak permukaan kulit paling luar.

cara mengatasi komedo - terapi laser

============================================

Ada juga Tips Cara Mengatasi  Komedo Kurang Dari 30 Menit. Artikel di bawah ini saya kutip dari sumber:  www.sehatsatu.com dan www.doktercantik.com .^-^ sudah saya periksa dan tambahkan sebagian isinya. silakan dipraktekkan petunjuknya.

Berikut ini 6 langkah alami cara mengatasi komedo yang bisa anda lakukan di rumah:

1. PEPAYA
Buah pepaya sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk perawatan maupun kecantikan kulit wajah. Salah satu keunggulan pepaya adalah untuk mengatasi komedo. Caranya cukup mudah, yaitu buatlah masker papaya. Lembutkan potongan buah papaya hingga mirip bubur secukupnya dan kemudian oleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo secara merata. Diamkan selama 15 menit,  lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.

2. LIDAH BUAYA
Gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo anda. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya dan oleskan pada area hidung maupun wajah anda yang berkomedo. lakukan secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo anda tak nampak kembali. Jika gel yang dihasilkan dirasa kurang, anda juga bisa memblender/juice potongan lidah buaya tersebut.

3. UAP AIR PANAS
Nah, biasanya jika anda sedang merebus air, maka manfaatkan uap air panasnya untuk menghilangkan komedo anda. Selain itu cara efektif lainnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu sampai mendidih, lalu uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit lamanya. Untuk lebih maksimal, tutup kepala anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah anda di depan air panas yang ditaruh di baskom. Metode ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan batuk, flu.

4. JUS LEMON
Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Caranya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.

5. PUTIH TELUR
Khusus untuk hal ini ambil bagian putih telurnya saja untuk mengatasi masalah komedo anda. Caranya yaitu dengan balurkan putih telur (anda juga bisa menambahkan satu sendok madu) pada wajah yang terserang komedo atau hidung anda secara merata, kemudian diamkan sampai terasa mengering, sekitar 25-30 menit. Selanjutnya basuh muka anda menggunakan air hangat. Terakhir basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

cara mengatasi komedo - kuning telur

6. Campuran pasta gigi dan garam

Garam yodium berguna untuk proses pengelupasan (eksfoliasi) yang mampu membuat komedo berkurang. Selain itu, garam juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Dengan begitu, anda akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus.

cara mengatasi komedo - larutan

Cara penggunaan:

  • Campurkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh pasta gigi mint
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan pada bagian hidung yang mengalami masalah komedo
  • Diamkan selama 5 menit- 10 menit
  • Pijat-pijat lembut dengan jari yang bersih
  • Bilas dengan air hingga bersih
  • Terakhir, ketuk-ketuk hidung sendok yang dingin (sendok yang sudah dimasukkan dalam kulkas) guna menutup pori-pori kulit
  • Kulit akan terasa lebih lembut dan komedo berkurang

TIPS MENCEGAH TIMBULNYA KOMEDO

Selain cara mengatasi komedo diatas, yang juga penting adalah menjaga agar komedo tidak muncul kembali. Berikut ini langkah-langkah preventif untuk menghindari munculnya komedo, yaitu antara lain:

  • Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih minyak atau pembersih jerawat. Setelah bepergian, langsung cuci wajah Anda.
  • Hindari menggunakan scrub, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Hindari rokok dan polusi yang berlebihan, pakailah masker pada saat di luar.
  • Menggunakan make-up, lotion dan wajah pembersih yang diperuntukkan untuk wajah berminyak.
  • Hapus bersih make-up anda sebelum tidur dengan air hangat.
  • Mengurangi asupan makanan berminyak, seperti cokelat, makanan goreng, dan fast food.
  • Setelah mengonsumsi makanan berminyak, usahakan untuk mencuci muka. Minyak makanan bisa menyumbat pori-pori
  • Mengkonsumsi sayur-sayuran, dan buah-buahan
  • Jangan pernah meremas komedo karena dapat menyebabkan bakteri menyebar sehingga menimbulkan komedo baru dan bekas luka.

cara mengatasi komedo - hidung

Demikianlah cara mengatasi komedo kurang dari 30 menit. Semoga berhasil dan mendapatkan hasil sesuai keinginan anda. Jika cara tersebut tidak bekerja efektif maka alangkah baiknya untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kulit maupun ahli terapis alami untuk mendapatkan perawatan selanjutnya.

Sekian. emo5

BACA ARTIKEL saya mengenai CARA MENGATASI JERAWAT yaaaak. Tinggal klik ^-^ Terimakasih perhatiannya. Boleh di share.

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin