Usus buntu atau umbai cacing (bahasa kedokterannya Appendix) dapat mengalami peradangan yang disebut Appendicitis.

usus-buntu

Appendix = usus buntu, –itis = inflamasi atau radang.

Appendicitis = Peradangan usus buntu.

Tanda-tanda peradangan adalah:

usus-buntu

Usus buntu terletak di Pangkal usus Besar sebelah kanan bawah. Merupakan bagian usus tersendiri yang ujung salurannya memang buntu.

usus-buntu

Bagaimana mendiagnosis telah terjadi peradangan usus buntu??

♥ Biasanya pasien datang ke dokter sudah dengan keluhan nyeri perut kanan bawah (Tempat di mana usus buntu berada), namun jika kita gali informasinya/ ANAMNESA, akan terdapat tanda dan gejala seperti gambar di bawah ini:

usus-buntu-4-gejala-gambar

Yang khas dari peradangan usus buntu, adalah: Awalnya terasa nyeri di sekitar pusar atau daerah lambung, KEMUDIAN beberapa jam lagi nyeri berpindah ke perut kanan bawah. Karena itu orang awam salah mengira, dirinya hanya terkena sakit maag biasa.

Setelah Anamnesa, Lakukanlah PEMERIKSAAN FISIK: Terdapat tanda-tanda yang jelas dari pemeriksaan fisik usus buntu. Yaitu terdapat:

  • Nyeri di titik Mc-Burney sebelah kanan bawah

usus-buntu-5-titik-mc-burney

Letak titik McBurney adalah 1/3 lateral (=sebelah luar) garis imajiner yang menghubungkan Spina Iliaka Anterior Superior (SIAS) dan umbilikus (=pusar)

Untuk masyarakat awam, saya beritahukan letak SIAS di mana ,supaya jelas.

usus-buntu-sias-2

usus-buntu-sias

JADI, APABILA titik Mc Burney nya ditekan seperti gambar di bawah ini:

usus-buntu-titik-mc-burney-diagnosa

Penderita radang usus buntu, biasanya akan mengalami nyeri atau ada Defence Muscular (Otot perut di bagian itu menegang untuk mengurangi nyeri tekan).

  • Bisa Juga lakukan pemeriksaan Fisik lainnya yaitu dengan Psoas Sign (Tanda Psoas).

usus-buntu

Jika didorong lagi lutut kanannya, maka terdapat nyeri perut kanan bawah. Coba Luruskan lagi lututnya, kemudian bengkokkan, apabila letak appendicitisnya dekat dengan otot psoas, maka terasa nyeri.

usus-buntu-psoas

Setelah ANAMNESA ⇒PEMERIKSAAN FISIK, Untuk Memastikan telah terjadinya peradangan usus buntu, lakukanlah PEMERIKSAAN PENUNJANG.

Pemeriksaan Penunjang yang paling penting adalah pemeriksaan Laboratorium untuk melihat nilai/jumlah Leukosit (=sel darah putih).

Jika dijumpai Leukositosis (=Peningkatan Jumlah leukosit/sel-sel darah putih) hingga sekitar 10.000 – 18.000/mm3, kemungkinan besar sudah terjadi peradangan usus buntu dan INFEKSI BAKTERI. Jika terjadi peningkatan Leukosit yang lebih dari itu, maka kemungkinan apendiks sudah mengalami perforasi (pecah).

Untuk lebih meyakinkan diagnosis dari Appendicitis, dokter dapat melakukan Pemeriksaan Radiologi seperti: Foto Polos Abdomen/Perut, Ultrasonografi (USG). Tingkat keakuratan yang paling tinggi adalah dengan pemeriksaan CT scan (93 – 98 %). Dengan CT scan dapat terlihat jelas gambaran apendiks.

Kemungkinan apendisitis dapat diyakinkan dengan menggunakan skor Alvarado. Sistem skor dibuat untuk meningkatkan cara mendiagnosis apendisitis.

The Modified Alvarado Score Skor
Gejala Perpindahan nyeri dari ulu hati ke perut kanan bawah 1
Mual-Muntah 1
Anoreksia 1
Tanda Nyeri di perut kanan bawah 2
Nyeri lepas 1
Demam diatas 37,5 ° C 1
Pemeriksaan Lab Leukositosis 2
Hitung jenis leukosit shift to the left 1
Total 10
Interpretasi dari Modified Alvarado Score:

 1-4     : Sangat mungkin Bukan apendisitis akut

 5-7     : sangat mungkin apendisitis akut

 8-10   : Pasti apendisitis akut

Apa Bedanya Apendisitis Akut dengan Apendisitis Kronik??

♥ Appendicitis dibagi 2 tipe, yaitu : Akut dan Kronis.

Bedanya yang mendasar adalah, TIPE APENDISITIS AKUT : Nyeri terutama nyeri perut kanan bawah dirasakan progresif (Semakin Lama Semakin Nyeri, bahkan Nyeri menjadi HEBAT), posisi apapun tetap Nyeri.

Pada keadaan akut ini, HARUS DILAKUKAN TINDAKAN SEGERA UNTUK DIOPERASI (DIBUANG APPENDIXNYA YANG MERADANG), TAKUTNYA Jika terlalu lama atau ditunda, Usus Buntu yang meradang itu bisa PECAH/PERFORASI, dan Infeksinya bisa menyebar ke tubuh, terutama perut⇒MENINGGAL.

Tipe yang ke 2, adalah APENDISITIS KRONIS, Nyeri yang dirasakan, terutama nyeri di perut kanan bawah HILANG-TIMBUL. Jadi terkadang penderita merasa nyeri, kemudian selang beberapa lama, nyerinya hilang sendiri.

Apakah Apendisitis Kronis Tetap perlu dioperasi oleh dokter Spesialis Bedah??

♥ Jawabannya : TETAP PERLU DIOPERASI. Namun tidak urgency, artinya tidak harus hari itu juga dioperasi. Bisa dijadwalkan.

Masyarakat awam sering berpikir: “Buat apa dioperasi, Nyerinya juga hilang sendiri” Cukup minum obat tradisional saja sudah bisa sembuh.. Faktanya, CARA BERPIKIR SEPERTI ITU SALAH BESAR. 🙄 

Apabila tidak dioperasi, keadaan appendicitis kronis pun dapat berubah menjadi akut. Apabila ditunda-tunda lagi, maka dapat terjadi banyak perlekatan di daerah appendix/usus buntu (Appendicitis infiltrat).

Peradangan dan infeksinya pun akan bertambah Hebat, bahkan usus buntunya bisa membusuk (Appendicitis Gangrenosa)⇒ Yang paling dikhawatirkan apabila usus buntu yang meradang itu PECAH/PERFORASI, Maka infeksinya dapat MELUAS ⇒Sepsis (Infeksi Serius yang dapat disertai kegagalan organ tubuh) ⇒Meninggal….

Karena peradangan usus buntu/ Appendicitis dikarenakan sumbatan, maka PROSEDUR  OPERASI oleh seorang dokter Spesialis Bedahlah  yang HARUS DILAKUKAN sebagai BEST TREATMENT of APPENDICITIS.

Coba Anda bandingkan:

usus-buntu-operasi-1

Peradangan usus buntu yang masih stadium awal, Operasinya GAMPANG, Cukup membuang Appendix yang meradang itu. Jangan Khawatir, Appendix tidak mempunyai fungsi yang berarti di tubuh, jadi dibuang pun tidak masalah. 🙂

Bandingkan jika pasien masih nekat menunda operasi usus buntu..

usus-buntu-operasi-2

Pada gambar di atas, Usus buntunya sudah mengalami peradangan dan infeksi hebat, bahkan pembusukan (Appendicitis Gangrenosa).

usus-buntu-perforasi-2

Apabila benar-benar pecah usus buntunya (perforasi) seperti gambar di atas, Maka diperlukan SAYATAN OPERASI YANG LEBIH LEBAR dan LUAS untuk membersihkan daerah yang terinfeksi.

Karena bukan hanya organ sekitar usus buntu saja yang terinfeksi, tetapi bagian abdomen/perut lain pun yang seharusnya steril, menjadi SANGAT TERINFEKSI.

APA AKIBATNYA JIKA KELAMAAN MENUNDA DAN TELAH TERJADI PERFORASI USUS BUNTU:

  • Operasinya jadi jauh lebih repot, karena harus membersihkan usus juga, BANYAK NANAH.
  • Kesakitan pasien juga hebat karena sayatan operasi sangat besar dan luas (harus Laparotomi/ Bedah Terbuka), secara kosmetik juga jelek,
  • Pemulihan jauh lebih lama,
  • Biaya operasi dan pengobatan jauh lebih mahal,
  • Komplikasi penyakit jauh lebih parah bahkan menyebabkan kematian.

JADI INTINYA, JANGAN  TUNDA UNTUK OPERASI JIKA DOKTER SUDAH MENDIAGNOSA APENDISITIS.

JANGAN PERCAYA OBAT-OBAT APAPUN YANG MENAWARKAN KESEMBUHAN PENYAKIT APENDISITIS. JANGAN MAU DIBODOHI. 😀

Benarkah biji cabai atau biji jambu batu dapat menyebabkan Apendisitis atau radang usus buntu??

♥ Memang antara ahli kesehatan bahkan dokter Spesialis Bedah pun bisa berbeda pendapat. Kebanyakan dari mereka menganggap ini MITOS : Karena saat operasi, mereka tidak pernah menemukan penyumbatan akibat biji cabai atau biji jambu batu di usus buntu yang meradang.

Justru sebagian besar penyumbatannya itu diakibatkan adanya massa berupa feses/Kotoran BAB yang mengeras (=Fekalit)

Namun, secara teori ada 4 persen (sangat kecil kemungkinannya) apendicitis disebabkan oleh adanya penyumbatan oleh benda asing (tidak terkecuali biji cabai dan biji jambu batu), namun benda asing yang dimaksud biasanya cacing yang masuk dan menyumbat usus buntu. Bisa juga tumor atau kanker.

Saya pikir, biji cabai dan biji jambu biji tidak cukup berefek untuk menyebabkan usus buntu. Saya lebih setuju ini MITOS

Justru yang lebih ditekankan adalah bagaimana pencegahan dari usus buntu tersebut yang lebih banyak disebabkan oleh sumbatan akibat feses yang mengeras.

Bagaimana pencegahan radang usus buntu??

♥ Karena salah satu faktor penyebabnya adalah karena feses yang mengeras atau membatu, jadi otomatis:

  • Buang air Besar kita HARUS LANCAR,
  • DIETNYA TINGGI SERAT (Banyak makan Buah-buahan dan Sayuran),

usus-buntu-6

usus-buntu-8

Oke, sekian Artikel Tentang peradangan usus buntu atau apendisitis. Hopefully, artikelnya bermanfaat. Glad to share 🙂

usus-buntu-9

Artikel terkait:

Cara Mudah Mengatasi sakit Maag agar tidak kambuh

Manfaat Cukup Minum Air Putih

Kanker : Tanya Jawab santai seputar Kanker

Operasi .. siapa takut? Tenang, ada Obat Bius

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin