Hasil penelitian baru di Australia menunjukkan efek rokok yang ternyata lebih mematikan dari yang diduga sebelumnya. Para periset asal Australia mengatakan perokok memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi dibanding hasil penelitian sebelumnya. Dr Rob Grenfell dari National Heart Foundation yang terlibat dalam penelitian tersebut, menambahkan, “Orang harus sadar, bahwa merokok adalah aktivitas berbahaya. Tidak ada batasan aman dalam merokok. Tidak ada istilah merokok ‘sekali-kali’.”

Pakar kesehatan Australian National University, Prof. Emily Banks, memimpin penelitian yang melibatkan 200.000 warga Australia berusia di atas 45 tahun. Hasil risetnya mengatakan, mereka yang merokok masa hidupnya diperpendek rata-rata hingga 10 tahun. Mereka yang merokok 10 batang per hari meningkatkan faktor risiko hingga dua kali lebih besar dan mereka yang merokok lebih dari 25 batang per hari empat kali lebih besar.

Penelitian “Sax Institute’s 45 and Up” adalah penelitian terbesar dalam bidang tersebut di Australia. Menurut Banks, penelitian senada di Inggris dan Amerika Serikat, termasuk juga di Indonesia,  mendapat kesimpulan yang sama.

Meski umur di tangan Yang Maha Kuasa. Sangat disayangkan jika kita membunuh tubuh kita sendiri. Hasil riset medis jelas. Merokok dapat membunuhmu karena sangat berbahaya bagi kesehatan.  10 tahun jumlah umur yang sangat banyak untuk berkarya di kehidupan ini……….

rokok 3

Sejarah rokok

Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

Kandungan beracun dari sebatang rokok

Lihat saja kandungan yang terdapat pada sebatang rokok. Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. RATUSAN di antaranya ZAT BERACUN dan sekitar 70 BAHAN di dalamnya bersifat KANKER. Bahan-bahan berbahaya pada sebatang rokok, antara lain:

  • Karbon monoksida. Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalang penyediaan oksigen ke tubuh. Hal tersebut membuat Anda cepat lelah.
  • Tar. Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya keluar dari paru-paru Anda.
  • Gas oksidan. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaannya pada tubuh lebih meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.
  • Benzene. Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia.

Selain bahan-bahan di atas, masih banyak kandungan beracun pada sebatang rokok seperti:

  •  arsenic (digunakan dalam pestisida),
  • toluene (ditemukan pada pengencer cat)
  • formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat),
  • hydrogen cyanide (digunakan untuk membuat senjata kimia,plastik)
  • cadmium (digunakan untuk membuat baterai).

Saat merokok, Anda akan turut memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk tubuh, khususnya jantung. Contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa:

  • mempercepat detak jantung,
  • menaikkan tekanan darah,
  • merusak pembuluh darah dalam jantung,
  • dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung.

Ibaratnya semua racun dijadikan satu di sebatang rokok.

rokok 1

INGAT KASUS KOPI MAUT MIRNA SALIHIN, ternyata racun sianida juga terdapat pada rokok. Jadi, WASPADALAH!

Efek mematikan bagi Organ-Organ tubuh

rokok 6

Otak

Merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 persen. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak dan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

rokok 5

Mulut dan Tenggorokan

Bau mulut dan gigi bernoda, efek yang timbul dari merokok. Penyakit gusi dan kerusakan indera perasa pun dapat timbul. Masalah serius yang akan hinggap pada mulut dan tenggorokan adalah meningkatnya risiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.

rokok 7

Paru-paru

Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Anda alami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

rokok 8

Lambung

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan Anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan Penyakit asam lambung/ Maag. Beberapa risiko penyakit yang akan dihadapi oleh seorang perokok adalah ulkus atau tukak dan kanker lambung

rokok 9

Tulang

Racun pada rokok bisa merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Oleh sebab itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Racun rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, seperti hormon estrogen.

rokok 10

Kulit

Perokok akan terlihat lebih tua ketimbang yang bukan perokok karena kurangnya asupan oksigen ke kulit. Penuaan dini akan dirasakan, seperti kemunculan kerutan di sekitar mata dan mulut. Racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit.

rokok 11

Organ Reproduksi

Merokok bisa mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan Anda. Pada pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sementara pada wanita , Merokok dapat mengurangi kesuburan.. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.

rokok 12

rokok 14

…………………………………………………………………………………………………………………………………….

Selain penyakit pada fisik, perokok juga mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selama ini mungkin Anda mengira merokok bisa membuat lebih rileks. Anda menganggap kandungan nikotin bisa menenangkan pikiran Anda, tapi TERNYATA ITU SALAH. 

Yang membuat perokok gelisah dan cemas adalah gejala putus obat terhadap nikotin. Dengan merokok, kecanduan terhadap nikotin akan terpenuhi dan perokok merasa seperti rokok tersebut menurunkan stres.

Memang tidak semua perokok akan meninggal karena penyakit jantung, kanker paru-paru, atau stroke, namun kebiasaan merokok bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidup Anda sehari-hari. Efek rokok yang bisa Anda rasakan sehari-hari adalah :

  • Batuk-batuk,
  • Sesak napas,
  • lebih mudah Lelah,
  • lebih rentan terhadap Infeksi, atau
  • mengalami gangguan tidur  yang ditandai dengan sulit bernapas pada malam hari kemudian merasa kelelahan di pagi hari.

Mungkin Anda sudah terbiasa mendengar bahaya merokok terhadap tubuh, namun Anda tetap tidak menghentikan kebiasaan mengisap rokok karena merasa saat ini kesehatan Anda masih baik-baik saja.

Perlu diingat, merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. Dengan begitu, risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Tidak hanya Anda, orang-orang di sekitar Anda akan merasakan efek yang mematikan akibat menghirup asap beracun dari rokok( disebut perokok pasif). Walaupun tidak merokok, tapi menghirup asap berbahaya dari rokok.

rokok 15

……………………………………………………………………………………………………………………………..

10. Cara Berhenti Merokok Yang Sudah Terbukti Berhasil!

1. Kuatkan niat bulatkan tekad

Ambil keputusan SEKARANG!! Berhenti rokok atau mati .

2. Minta bantuan teman, keluarga, dan tentu saja GOD

Publikasikan keinginan anda untuk berhenti merokok kepada keluarga dan teman anda. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat untuk berhenti merokok, minta mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok untuk kesehatan tiap kali keinginan anda untuk merokok datang lagi.

Doa, minta diberi kekuatan untuk berhenti merokok dan menghilangkan kecanduan dari rokok.

3. Hindari kebiasaan untuk memancing rasa ingin merokok

Hindari beberapa kebiasaan yang bisa membuat anda merokok seperti minum kopi, alkohol, begadang dan juga bedebat.

4. Cari kesibukan.

Perbanyaklah aktifitas rohani, dan hobi untuk mengganti kebiasaan merokok Anda

5. Minum lebih banyak air putih

6. Mengganti rokok (nikotin) dengan yang lain

Gantilah rokok dengan makanan lain, bisa dengan perment karet, coklat, dsb. Mungkin awalnya akan sulit tapi jika dibiasakan, lama-lama juga akan terbiasa.

7. Tetap Berfikir Positif

8. Perbanyak tidur atau istirahat

9. Berhenti merokok sekarang juga !

10. Sekali Lagi, Berhenti merokok sekarang juga !!

Yakinlah bahwa berhenti merokok adalah keputusan yang tepat dan akan lebih bermanfaat bagi Anda.

rokok 16

Be Smart.. Oke ^_^ let’s stop smoking !

 

 

boleh ^_^ kalau artikelnya bagus , langsung klik untuk di share yaak. hopefully bermanfaatShare on Facebook
Facebook
Share on Google+
Google+
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin